Kapan iPhone 7 Dirilis di Indonesia? Sepertinya Masih Lama

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sudah didaftarkan ke Ditjen SDPPI di Indonesia untuk memperoleh sertifikasi. Namun masih ada ganjalan. Apa itu?

Kolom Gadget – Buat mereka yang menantikan rilis iPhone 7 di Indonesia, terlebih-lebih mereka para fanboy Apple, rilis iPhone 7 di Indonesia tentu menjadi topik berita yang paling dicari. Mereka bertanya-tanya, kapan iPhone 7 tersedia di Indonesia? Kapan iPhone 7 bisa dibeli secara resmi di Indonesia? Mengingat ponsel ini sudah rilis di banyak negara.

Namun mereka sadar, Apple tak bisa begitu saja asal menjual iPhone 7 di tanah air, karena ada aturan yang harus mereka penuhi sebelum menjajakan kembali produk mereka disini. Aturan tersebut adalah TKDN, yang konon kabarnya akan dipenuhi dengan cara membangun pusat riset software di Indonesia. Sayangnya, penantian anda akan kehadiran iPhone 7 mungkin akan jauh lebih lama, mengingat proses sertifikasi ponsel ini di Indonesia ternyata terhambat.

Menurut informasi yang dilansir dari Kompas Tekno, sertifikasi iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (berkode Apple A-1788 dan A-1784) yang diajukan oleh Apple kepada Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) pada September 2016 lalu terganjal masalah TKDN.

Proses sertifikasi iPhone 7 dan iPhone 7 Plus terhadang di tahap paling awal pengujian ponsel ini oleh Ditjen SDPPI. Menurut situs Ditjen SDPPI, kedua ponsel ini sedang dalam proses penerbitan surat perintah pengujian (SP3), namun ada kekurangan.

Menurut situs Ditjen SDPPI, “Permohonan ada kekurangan TKDN. Hub LT 8 GSP,”. Jadi sudah jelas tertuang dalam laporan tersebut bahwa iPhone 7 yang disertifikasi di Indonesia memang belum memenuhi aturan TKDN, yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perindustrian.

Jika Apple benar-benar berniat menjual duo ponselnya itu di Indonesia, perusahaan ini seharusnya sesegera mungkin memenuhi aturan TKDN yang ditetapkan pemerintah. Karena jika terlalu lama, apalagi sampai tahun depan, bisa-bisa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak lagi laku di Indonesia karena konsumen Indonesia lebih memilih menunggu iPhone 8.

kapan-iphone-7-dirilis-di-indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *