Cara Mengembalikan File / Data yang Hilang Terhapus dengan Easeus Data Recovery Wizard

Bingung bagaimana cara mengembalikan file yang hilang terhapus di komputer, flashdisk, microSD, ponsel atau penyimpanan lainnya? Buat kamu yang sering menggunakan komputer, mungkin kamu pernah mengalami kehilangan file yang kamu simpan di komputermu. Bukan cuma di komputer saja, tetapi juga di penyimpanan flash lainnya seperti flashdisk, microSD, hardisk (internal dan eksternal), pemutar musik, dan sebagainya.

Nah, jika kamu sedang mengalami hal seperti ini, jangan panik. Karena kamu bisa mengembalikan file yang hilang atau terhapus itu dengan tools yang saya sarankan dalam artikel ini. Tools tersebut adalah EaseUS Data Recovery Wizard. Sebuah tools yang bekerja di perangkat komputer bersistem operasi Windows maupun Mac.

Kelebihan EaseUS Data Recovery Wizard

Menariknya, EaseUS Data Recovery Wizard bisa dibilang memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga sangat mudah digunakan, sesuatu yang memang menjadi kelebihan tools ini dibandingkan tools serupa lainnya di luar sana. Beberapa kelebihan itu antara lain adalah:

  • Bekerja di banyak OS seperti Windows (10, 8, 7, dan XP) dan Mac.
  • Melihat file yang terhapus lengkap dengan informasi jenis file dan tahun serta bulan terhapusnya data.
  • Mudah mengurutkan file yang hilang berdasar nama, tanggal dan jenis file.
  • Backup hasil pemindaian. Ini berguna jika suatu saat kita kehilangan file itu lagi. Sehingga kita bisa memulihkannya tanpa perlu memindai ulang seluruh isi drive.
  • Antarmuka dan menu yang mudah digunakan.
  • Melihat pratinjau sebelum file dipulihkan
  • dll

Pun begitu, bukan berarti tanpa kelemahan. Tools gratis ini hanya bisa mengembalikan file maksimal 500MB. Jika ingin lebih, anda harus upgrade tools ini ke versi berbayar.

Bagaimana EaseUS Data Recovery Wizard Mampu Mengembalikan File yang Terhapus?

Jadi, di komputer, jika kamu menghapus file, maka file yang kamu hapus tidak benar-benar akan langsung terhapus. Pertama, file mungkin akan dipindahkan ke Recycle Bin. Bahkan jika anda menghapusnya secara permanen, meski file tersebut tidak berada di Recycle Bin, sistem operasi juga tidak akan langsung menghapus file tersebut.

Sistem hanya menghapusnya dari tampilan direktori dan menandainya, untuk suatu saat akan ditimpa jika komputer anda memerlukan ruang lebih untuk menyimpan file yang lain. Hal ini tergantung pada ruang kosong yang ada pada komputer anda.

Nah, lantas bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus atau hilang dari komputer kita? Sebelumnya untuk uji coba, saya akan hapus permanen dulu salah satu file yang ada di komputer saya. Untuk langkah pemulihannya menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard, berikut caranya:

Cara Menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard

Menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard untuk Mengembalikan File yang Terhapus

  1. Download dan instal software EaseUS Data Recovery Wizard dari situs ini, ke komputer anda.
  2. Buka program EaseUS Data Recovery Wizard.
  3. Pilih drive, yaitu drive dimana sebelumnya anda menyimpan file yang hilang tersebut. Disini saya menyimpannya di drive D (Local Disk D). Jika file yang hilang ada di flashdisk atau hardisk eksternal, maka colokkan dulu flashdisk atau hardisk ke komputer anda. Lalu klik Scan.
    Easeus Data Recovery Wizard
  4. Proses scanning drive akan berjalan. Silahkan tunggu.
  5. Ada dua hasil scan, yaitu Quick Scan dan Deep Scan. Quick Scan adalah pemindaian cepat, dimana biasanya file yang baru saja terhapus atau hilang akan dimunculkan disini. Sementara Deep Scan adalah pemindaian mendalam, dimana file yang sudah terhapus cukup lama akan ditampilkan disini. Silahkan lihat ada dimana file anda yang hilang. Disini saya akan me-restore file video berjudul “Berserk 2016”, maka centang file yang ingin anda kembalikan itu lalu klik Recover.
    Easeus Data Recovery Wizard
  6. Pilih lokasi, dimana kamu akan menyimpan file yang akan dikembalikan itu, lalu klik OK. Disini saya pilih di folder Download > Recover Easeus di drive D.
    Easeus Data Recovery Wizard
  7. Proses recover akan berjalan. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
    Easeus Data Recovery Wizard
  8. Jika proses recover selesai, maka akan muncul pesan Recovery Completed.
    Easeus Data Recovery Wizard
  9. Sekarang cek folder yang sudah kamu tentukan tadi, muncul folder seperti di gambar. Buka terus semua folder sampai anda menemukan file yang hilang. Maka video yang ingin kamu kembalikan sudah muncul kembali dan bisa di buka.
    Easeus Data Recovery Wizard
  10. Selesai!

Kesimpulan

Easeus Data Recovery Wizard adalah software komputer yang sangat penting untuk di instal di komputer kita. Jika kamu kehilangan file yang kamu simpan di komputermu, maka software ini salah satu pilihan yang tepat.

Kekurangannya adalah, versi gratis dari Easeus Data Recovery Wizard hanya bisa me-recover file maksimal 500MB saja. Jika file yang kita recover besarnya sudah melebihi batas 500MB, maka kita diharuskan untuk upgrade ke versi Pro yang berbayar, dan memasukkan lisensinya.

Jadi, jika kalian ingin terus menggunakan file ini, terutama jika komputer kalian berisi file-file penting, maka software ini wajib anda instal di perangkat PC anda.

Jadi, itulah cara mengembalikan file / data yang terhapus atau hilang dengan mudah menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *