Cara Membuat Stiker Line Sendiri di HP (Tanpa Photoshop)

Disini akan dipandu bagaimana cara membuat stiker Line sendiri di HP tanpa perlu Photoshop, dan semua itu bisa dilakukan dengan mudah.

Line selama ini mungkin hanya kita ketahui sebagai aplikasi untuk berinteraksi dengan orang lain, seperti halnya media sosial, seperti halnya aplikasi chatting. Namun mungkin tidak banyak dari kita yang tahu bahwa Line juga bisa menjadi ladang penghasil uang bagi kita.

Salah satu caranya adalah dengan membuat stiker, yang kemudian akan kita rilis dan jual di Line Store. Dengan membuat stiker dan menjualnya, kita akan mendapatkan penghasilan alias uang setiap kali stiker kita dibeli oleh orang lain. Lantas, bagaimana cara membuat stiker dan mempublikasikannya di Line Store? Pertama, kita harus memiliki akun Line Creator.

 

Bikin Dulu Akun Line Creator

Cara daftarnya sangat mudah, namun kalian harus memiliki akun PayPal untuk memverifikasinya. Berikut rinciannya:

  1. Mendaftarlah di Line Creator (https://creator.line.me/id/) menggunakan akun Line kalian. Gunakan email dan password yang sama dengan akun Line kalian. Oh ya, setelah mendaftar kalian akan mendapatkan notifikasi seputar stiker yang kalian ajukan kepada Line.
  2. Masukkan data diri kalian dengan lengkap dan benar. Jangan masukkan data palsu! Setidaknya ada tiga tab utama yang harus kalian isi.
    Cara Membuat Stiker Line
  3. Untuk tab Info Tujuan Transfer, kalian harus mengisi dengan informasi akun PayPal kalian berupa Nama Depan dan Nama Belakang, juga email PayPal kalian. Ingat! Data PayPal yang kalian isi harus benar. Karena jika tidak, penghasilan dari stiker Line yang kalian jual tidak akan masuk ke rekening PayPal kalian.
    Cara Membuat Stiker Line
  4. Setelah memasukkan data PayPal ke akun Line Creators, maka akun Line Creators bisa digunakan untuk merilis atau mempublikasikan stiker kalian. Untuk login, klik Halaman Saya.

Note: PayPal berfungsi sama seperti alat pembayaran berupa kartu kredit, debit, atau rekber (Saldo Tokopedia, BukaDompet, dsb). Setelah mendaftar PayPal, kalian harus memverifikasinya menggunakan kartu kredit (alternatif bisa menggunakan VCC alias Virtual Credit Card). Cara mendaftar PayPal, silahkan baca: Cara Daftar Paypal & Membuat Akun Paypal Baru Tanpa Kartu Kredit. Atau bisa juga Googling.

 

Sekarang, Bikin Stiker Line Kalian…

Nah, sekarang kalian sudah memiliki akun. Sekarang saatnya membuat stiker Line. Buat yang sudah pro, banyak orang membuat stiker dengan menggunakan perangkat lunak pengolah gambar seperti Corel Draw atau Adobe Photoshop yang semuanya hanya bisa digunakan di komputer. Namun disini kita akan menggunakan tools yang bisa digunakan di smartphone, karena smartphone lebih mainstream dari pada laptop. Berikut caranya:

  1. Unduh dan instal aplikasi LINE Creators Studio, tersedia untuk Android dan iOS yang bisa di unduh di toko aplikasi masing-masing platform (search: “LINE Creators Studio”).
  2. Setelah di instal, buka aplikasi Line Creators Studio tadi.
  3. Masukkan judul untuk kumpulan stiker baru kamu.
    LINE Creators Studio
  4. Ada tiga opsi yang bisa kita gunakan untuk membuat stiker. Yaitu
    – Kanvas (ikon pensil: melukis / menggambar sendiri stiker kita dengan alat yang tersedia),
    – Membuat stiker menggunakan foto yang tersimpan di perangkat (ikon bulat)
    – Buat stiker dengan mengambil foto menggunakan kamera perangkat (ikon kamera).
    LINE Creators Studio
    Disini saya pilih opsi kedua, membuat stiker dengan mengambil foto menggunakan kamera perangkat.
  5. Pilih Foto, lalu crop (pangkas/potong) gambar kalian dengan memilih bagian manapun dari objek dalam foto yang ingin kalian jadikan gambar Stiker. Pilih dengan membuat outline menggunakan jari. Disini, kita bisa memperbesar, memperkecil, atau memutar gambar kita.
  6. Setelah itu pangkas, dan buang latar belakang dari foto kita, sehingga tersisa objek dari gambar yang ingin kita jadikan Stiker.
    LINE Creators Studio
  7. Selesai, sekarang anda bisa menjual stiker dengan mengetuk tombol jual (buat minimal 8 stiker untuk satu set stiker). Jangan lupa, pilih gambar yang akan dijadikan gambar utama untuk set stiker kalian. Gambar ini akan ditampilkan di Line Store dan toko Stiker aplikasi. Masukkan juga informasi yang dibutuhkan untuk penjualan stiker.

Tunggu Peninjauan

Stiker yang baru saja kalian buat tidak serta merta langsung bisa dijual begitu saja. Karena tim Line Creator akan meninjau terlebih dahulu apakah stiker yang kalian buat layak untuk dijual di Line Store ataut tidak. Jadi, sebelum mengajukan stiker, periksa stiker kalian melalui layar pratinjau. Setelah itu baru ajukan permintaan peninjauan.

Tunggu Peninjauan

credit photo: https://creator.line.me/id/studio/

Peninjauan akan berlangsung selama beberapa jam sampai beberapa hari. Jadi sabar-sabar saja menunggu. Namun begitu stiker disetujui, anda akan diberitahu melalui pesan obrolan akun resmi Creators Market. Selain itu, kalian mungkin juga akan menerima pemberitahuan melalui email.

Jika stiker disetujui, akan muncul status “Telah Disetujui”, dan stiker anda akan langsung nampang dan dijual di LINE Store dan toko stiker di aplikasi Line.

Itulah cara membuat stiker Line yang sangat mudah semudah kita membuat akun Line.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *