Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Mi & Redmi (HP Android)

Bagaimana cara cek IMEI Xiaomi asli? Untuk cara mengecek nomor IMEI HP Xiaomi, caranya sangat mudah. Anda bisa melihatnya dibawah ini.

Gadgetail.com – International Mobile station Equipment Identity atau yang juga lebih sering disingkat atau disebut menjadi IMEI adalah nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu perangkat. IMEI ini tidak hanya ada di ponsel saja, meski kita lebih sering melihatnya di smartphone. Namun sebenarnya, IMEI adalah nomor identitas yang selalu ada di perangkat yang menggunakan jaringan selular terestrial.

Lalu, apa pula jaringan seluler terestrial itu? Adalah jaringan yang Anda gunakan saat Anda melakukan panggilan telepon seluler atau mengakses internet yang disediakan oleh operator selular melalui paket data Anda. Ini disebut “terestrial” karena menggunakan antena untuk terhubung, bukan satelit.

Dengan kata lain, semua perangkat baik itu smartphone, tablet 3G / 4G, laptop dengan kartu internet nirkabel PCMCIA, dan peralatan mobile lainnya juga memiliki nomor IMEI dengan deretan angka-angka panjang ini. Jika Anda memiliki ponsel dual-SIM, Anda bahkan akan melihat dua nomor IMEI dalam satu ponsel dimana satu IMEI mewakili satu slot SIM.

Bagi operator, IMEI digunakan untuk mengidentifikasi perangkat mobile. Salah satunya digunakan untuk mengetahui ponsel Blackmarket. Jika ada perangkat seluler asing dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar di Menkominfo, misalnya, operator akan mengetahuinya dan bisa saja mematikan jaringan ponsel dengan nomor IMEI tersebut. Jadi, setiap ada ponsel ilegal masuk ke Indonesia, operator seluler hampir pasti selalu mengetahuinya, termasuk ada berapa jumlah ponsel BM di Indonesia.

Cara Mengecek IMEI HP Xiaomi Mi & Redmi

Lantas Bagaimana dengan Xiaomi, apakah ada cara untuk mengetahui nomor IMEI di ponsel Xiaomi? Baik itu seri ponsel Xiaomi Mi maupun Xiaomi Redmi? Sebenarnya sama saja, bahkan sama seperti cara cek IMEI ponsel lain. Karena ini sudah standar global, cara ini bukan hanya berlaku untuk HP Xiaomi saja, tetapi ponsel lainnya dan termasuk namun tidak terbatas pada ponsel Android, iOS dan Windows Phone atau Windows 10.

Cara paling mudah untuk mengecek nomor IMEI Xiaomi adalah dengan menekan *#06# dari aplikasi Telepon atau dial number telepon anda. Maka nomor IME akan ditampilkan.

Cara lainnya adalah dengan melihat kotak kemasan ponsel Xiaomi kita, biasanya nomor IMEI tercantum atau tertera pada stiker yang ditempelkan di kotak kemasan ponsel Xiaomi tersebut.

Cara lainnya bisa kita akses melalui Setelan lalu buka menu Tentang Perangkat (mungkin bisa berbeda menu, tergantung tipe ponsel), disana anda akan menemukan informasi nomor IMEI.

Itulah beberapa cara cek IMEI Xiaomi yang mungkin masih belum anda ketahui dan cara itu tidak hanya bekerja di ponsel Xiaomi tapi kebanyakan juga ponsel atau smartphone merek lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *