Situs Kominfo Tidak Bisa Diakses, Kenapa?

Gadgetail.com – Situs Kementerian Informasi dan Informatika yang beralamat di kominfo.go.id kemarin sempat tidak bisa diakses. Apakah ini ada kaitannya dengan masalah ransomware WannaCry yang bikin geger dunia? Mungkin ya, mungkin juga tidak.

Maksudnya, tumbangnya situs Kominfo sama sekali tidak disebabkan oleh diserangnya server Kominfo oleh malware WannaCry, melainkan karena membludaknya jumlah pengunjung situs Kominfo sejak Minggu malam. Naiknya trafik sendiri disebabkan karena siaran pers terkait Ransomware WannaCry yang diterbitkan oleh Kominfo.

Masyarakat banyak yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai ransomware tersebut kemudian mengakses situs kominfo.go.id secara bersama-sama di waktu yang sama, hal ini membuat kenaikan jumlah trafik di situs tersebut. Server yang tidak mampu menampung seluruh pengunjung akhirnya pun tumbang.

Kominfo menyampaikan bahwa kenaikan trafik sudah dirasakan sejak Sabtu sore, namun puncak trafik datang keesokan harinya. Server Kominfo.go.id yang biasanya menerima pengunjung dibawah 20 Mbps hari ini menerima trafik 140Mbps. Untuk memperbaiki hal ini, Kominfo telah melakukan penyesuaian untuk mengatur beban trafik, dan saat ini sudah bisa diakses kembali.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *