Serangan Ransomware WannaCry Gegerkan Dunia

Gadgetail.com – Hari ini anda telah banyak mendengar istilah tentang WannaCry, sebuah ransomware yang telah menggegerkan dunia karena menyerang 99 negara, termasuk didalamnya Indonesia. Dilaporkan bahwa ada 75.000 perangkat komputer telah terinfeksi serangan ini.

Di luar negeri, malware ini menyerang perusahaan asal Spanyol seperti Telefónica, termasuk National Health Service (NHS), FedEx dan Deutsche Bahn. Ada banyak lagi instansi dan organisasi yang menjadi target penyerangan WannaCry yang tersebar di 99 negara, dan terjadi di waktu yang sama. Sementara di Indonesia, WannaCry menyerang Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.

Saat komputer terinfeksi malware ini, data-data yang ada dalam komputer akan di sandera, atau dengan kata lain akan di kunci dan tidak bisa dibuka oleh program malware tersebut. Jika ingin mendapatkan kembali akses ke data tersebut, maka pemiliknya diminta untuk menebus uang sebesar US$ 300 dalam bentuk Bitcoin, sebuah mata uang virtual.

Perusahaan keamanan banyak yang menilai bahwa program jahat ini dikembangkan menggunakan ‘tools’ milik Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA). Ini sejalan dengan laporan pada April lalu dimana ‘tools’ tersebut memang telah di klaim di curi oleh kelompok peretas bernama  The Sadow Brokers. Namun masih belum bisa dipastikan apakah laporan tersebut berkaitan dengan serangan global ini.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *