Project Treble dari Google Bakal Percepat Update OTA di Android O

Gadgetail.com – Kita semua sudah tau bahwa satu kelemahan sistem operasi Android milik Google adalah update yang berjalan sangat lambat dan tidak serentak. Ini karena masing-masing vendor atau OEM memodifikasi kembali ROM Android dan membuat ROM Android ala mereka sendiri. Hasilnya, ROM Android di OEM yang satu dengan yang lainnya tidak sama, untuk itulah Google menyerahkan pembaruan kepada masing-masing OEM.

Namun Google memiliki sebuah proyek yang baru saja diperkenalkan bernama Proyek Treble. Dengan proyek ini, Google ingin mempercepat update ke versi terbaru dari Android. Hasil pengembangan dari Proyek Treble ini nantinya akan dihadirkan pada Android O dan yang lebih baru. Dengan proyek ini, selain update bisa dipercepat, biaya pengembangan ROM juga lebih hemat.

Project Treble akan menjadi kunci dari masalah terfragmentasinya proses update smartphone Android ke versi terbaru, dan ini akan menjadi perubahan besar dalam arsitektur tingkat rendah Android.

Proses Update Android Selama Ini

Selama ini, dalam melepas update atau versi terbaru dari sistem operasi Android, ada banyak langkah yang harus dilewati. Pertama, tim Android akan menerbitkan kode sumber terbuka terbaru untuk dirilis. Setelah itu produsen chip akan melakukan modifikasi terhadap pelepasan agar sesuai dengan perangkat keras spesifik mereka, dan kemudian produsen chip meneruskan versi modifikasi ke pembuat perangkat.

Setelah itu produsen smartphone dan operator menguji dan mengesahkan rilis baru sebelum membuatnya tersedia bagi pengguna.

Ribetnya proses diatas akan dibuat lebih ringkas dan mempermudah produsen untuk mengkonfigurasi dan memperbarui perangkat ke versi Android terbaru dengan menggunakan Compatibility Test Suite (CTS) yang digunakan pengembang untuk membuat aplikasi mereka tersedia ke berbagai macam perangkat yang beragam.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *