Cara Cek Keaslian HP Samsung Galaxy Series

Bagaimana sih cara cek keaslian HP Samsung agar kita tidak tertipu saat ingin membeli ponsel? Tenang, ada caranya. Baca terus artikel ini.

Gadgetail.com – Samsung adalah salah satu vendor ponsel paling populer di dunia. Vendor ponsel yang berbasis di Korea Selatan ini tiap tahunnya selalu meluncurkan berbagai macam model ponsel baru, dan dari semua ponsel itu Samsung memasarkan puluhan sampai ratusan juta unit ponsel setiap tahunnya ke berbagai belahan dunia.

Sebagai vendor smartphone yang sukses, ada banyak model ponsel mereka yang di tiru dan bahkan tidak tanggung-tanggung, perusahaan peniru tersebut mencantumkan merek “Samsung” di ponsel tersebut, dan jadilah ponsel KW, super copy, atau replica.

Nah pertanyaannya adalah bagaimana cara kita membedakan antara ponsel Samsung asli dengan yang palsu, atau dengan kata lain bagaimana cara cek keaslian HP Samsung kita? Dalam postingan ini anda akan mengetahuinya secara detail.

1. Harga Tidak Pernah Bohong

Harga Tidak Pernah Bohong

Jika anda berencana membeli ponsel, dan Samsung jadi merek pilihan bagi anda. Namun tiba-tiba ada orang yang menawarkan kepada anda bahwa mereka menjual ponsel Samsung Galaxy S7 dengan harga hanya Rp 6 juta (separuhnya). Maka jangan mudah percaya kepada orang tersebut, karena bisa jadi ponsel yang mereka tawarkan adalah ponsel palsu. Pastikan anda membeli smartphone di distributor atau toko terpercaya.

2. Desain dan Bahan Ponsel

cek keaslian HP Samsung

Perhatikan baik-baik ponsel Samsung, vendor ponsel ini memiliki rekam jejak yang panjang dan sudah makan banyak asam garam di industri ponsel. Samsung tau bagaimana membuat produk mereka lebih menarik dengan bahan-bahan berkualitas dan desain yang benar-benar dirancang dan diperhitungkan dengan matang.

Bahkan meski ponsel mereka menggunakan plastik sebagai material pembuatnya, vendor ponsel satu ini tau bagaimana membuat plastik tampak premium.

Ini berbeda dengan ponsel Samsung palsu yang dibuat hanya untuk meniru apa yang di desain Samsung, sementara pembuatnya tidak memperhatikan estetika, bahan, dan kualitas dari apa yang mereka buat. Ini juga termasuk antarmuka sistem operasinya. Tidak heran karena mereka merancang dengan biaya yang sangat murah.

Dalam hal ini, kita ambil contoh Samsung Galaxy S3, dibawah bisa anda bandingkan dengan jelas mana ponsel Samsung yang asli dan mana yang tidak.

Jadi jika anda ingin membeli ponsel, pinjam ponsel orang lain yang sama dengan ponsel Samsung yang ingin anda beli, anda taruh berdampingan di atas meja dan lihat desainnya apakah sama atau berbeda. Jika berbeda, ponsel dia atau ponsel anda mungkin adalah palsu.

  1. Layar dibuat dari kaca murahan
  2. Layarnya terlalu jauh dari tepi Ponsel Samsung palsu memiliki celah yang lebar antara tepi layar dan pinggir ponsel).
  3. Layarnya tidak sekeren dan setajam ponsel Samsung aslinya.
  4. Beberapa sensor tidak tersedia
  5. Letak atau posisi tombol Home tidak berada pada posisi yang sama seperti ponsel Samsung aslinya.
  6. Logo Samsung tidak rapi dan bisa dirasakan; Bahkan logo tersebut akan terkelupas bila kita menggosoknya.
  7. Proporsi perangkat berbeda dari produk asli
  8. Kesenjangan antara beberapa bagian seperti tombol home, power, dan volume sangat jelas
  9. Saat penutup baterai dibuka (jika ada), beberapa komponen kecil tidak sesuai dengan yang asli.
  10. Ponsel tidak memiliki meterai dari asli.
  11. Daya tahan baterai tidak sama.

3. Cek Kinerja Ponsel Samsung

Sementara pembuat ponsel palsu bisa meniru desain ponsel Samsung asli, bahkan meski kita tidak bisa membedakan mana ponsel asli atau palsu, kita selalu memiliki pilihan untuk memeriksa kinerja ponsel. Berikut ini beberapa poin yang perlu kamu periksa dari ponsel palsu dibandingkan dengan ponsel asli.

  1. Ambil foto menggunakan kamera, kamera ponsel Samsung palsu kualitasnya tidak sebaik ponsel Samsung asli, terutama dalam hal resolusi dan kualitas.
  2. Jalankan game atau aplikasi berat yang membutuhkan kinerja lebih, bila perlu jalankan beberapa aplikasi atau game berat sekaligus. Ponsel palsu tidak akan mampu menjalankan banyak aplikasi di latar belakang, setidaknya dibandingkan dengan ponsel Samsung asli.
  3. Coba lakukan beberapa hal in dengan cepat. Buka dan tutup beberapa aplikasi dengan gerak cepat, seperti Galeri (buka foto) – tutup – Browser (buka situs) – tutup – pemutar video – tutup – dst. Ponsel Samsung asli bisa melakukan hal ini dengan cepat. Jika bandingkan dengan ponsel Samsung asli, mereka akan bekerja dengan lambat.
  4. Restart perangkat, lalu lihat apakah ponsel tersebut startup-nya lambat. Ponsel Samsung palsu biasanya memakan waktu lama untuk melakukan startup.

4. Gunakan Kode Rahasia Samsung

Gunakan Kode Rahasia Samsung

Setiap ponsel memiliki kode rahasia khusus untuk mengakses menu atau opsi atau pengaturan tersembunyi. Samsung pun begitu pula, anda bisa menekan beberapa tombol dibawah ini untuk melihat apakah ponsel Samsung anda asli atau palsu.

  1. Mengetahui Versi SW, PDA, CSC, dan Modem: *#1234# atau *#9999#
  2. Informasi Samsung SW & HW: *#12580*369#
  3. Samsung General Test mode: *#0*#
  4. Samsung Service Mode: *#197328640#
  5. Samsung ADC Reading: *#0228#
  6. Samsung Bluetooth Test Mode: *#232331# atau #7828#
  7. Samsung Bluetooth Address: *#232337#
  8. Informasi Penyandian Samsung: *#32489#
  9. Status baterai Samsung: *#9998*246#

Jika ada salah satu kode diatas yang tidak berfungsi, maka segera hubungi Samsung dan minta mereka memeriksa nomor IMEI ponsel Samsung anda, apakah ponsel anda asli atau tidak. Nomor IMEI ponsel anda bisa diperiksa dengan melihat dus ponsel anda, atau tekan *#06#. Jika nomor IMEI ponsel Samsung anda tidak ada dalam sistem atau database mereka, maka ponsel Samsung anda palsu.

5. Cek Spesifikasi Ponsel Anda

Cek Spesifikasi Ponsel Anda

Untuk mengecek keaslian HP Samsung anda, coba buka menu Pengaturan > Penyimpanan. Disana lihat ada berapa memori (internal) perangkat anda. Cek juga menu Tentang Perangkat dan lihat informasi ponsel anda. Setelah itu, bandingkan dengan ponsel Samsung asli, atau cek di GSMArena spesifikasi ponsel anda. Cek juga besar memori RAM dengan masuk ke Pengaturan > Manajer Aplikasi > Berjalan.

Jika spesifikasi yang dimunculkan di ponsel anda tidak sesuai dengan yang tercantum pada situs GSMArena, maka ponsel Samsung anda kemungkinan palsu.

6. Cek Keaslian Samsung Galaxy anda Menggunakan Samsung Kies

Cek Keaslian Samsung Galaxy anda Menggunakan Samsung Kies

Jika anda familiar dengan Samsung Kies dan tau bagaimana menggunakannya, anda bisa instal Samsung Kies ke komputer anda. Atau anda bisa download dari situs Samsung dan instal ke komputer anda.

Jika sudah terinstal di komputer, sekarang hubungkan ponsel Samsung anda ke komputer menggunakan kabel USB. Samsung KIES akan menunjukkan bahwa perangkat anda telah terhubung dengan kabel USB.

Jika ponsel Samsung anda memang asli, software Samsung KIES itu akan menampilkan nama perangkat anda versi firmware ponsel anda. Jika Samsung KIES tidak mendeteksi perangkat, coba cek port atau kabel USB anda apakah masih bekerja baik atau tidak dengan mencolokkannya ke perangkat lain. Jika Samsung KIES tetap tidak mengenali ponsel anda, berarti ponsel Samsung anda itu palsu.

7. Gunakan Aplikasi

Gunakan Aplikasi

Mungkin yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kita unduh dari Google Play Store. Jadi kamu bisa mendownload dari Google Play melalui tautan ini, dan instal ke smartphone milikmu.

Tips Tambahan Membeli Ponsel Agar Terhindar dari Ponsel Samsung Palsu

  1. Selalulah membeli ponsel Samsung dari distributor resmi yang bermitra dengan Samsung.
  2. Jika anda membeli secara online di Tokopedia atau Bukalapak, pastikan anda membeli kepada penjual yang sudah memiliki jumlah penjualan banyak, rating tinggi, dan memiliki banyak ulasan positif.
  3. Masih jika anda membeli di Tokopedia dan Bukalapak, cek ulasan pembeli apakah ada ulasan negatif yang komplain bahwa ponsel yang mereka jual adalah palsu.
  4. Jika ponsel yang akan anda beli adalah smartphone yang baru dirilis, jangan percaya terhadap diskon-diskon (bahkan sampai separuh harga) yang ditawarkan penjual. Jika ada toko yang memberi penawaran harga murah sampai separuh harga, kemungkinannya ada dua. Penjual tersebut penipu, atau ponsel yang dijualnya palsu.
  5. Jika anda membeli secara online, pastikan selalu menggunakan jasa rekening bersama alias rekber. Tokopedia dan Bukalapak bahkan memberikan opsi rekber secara gratis.

Itulah cara cek keaslian HP Samsung milikmu jika kamu merasa khawatir ponsel yang baru saja kamu beli atau telah kamu miliki ternyata adalah ponsel Samsung palsu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *