Beberapa Cara Cek Keaslian Xiaomi, Ponsel Kamu Asli atau Tidak?

Sebaiknya cek keaslian Xiaomi kalian, apakah HP Xiaomi kalian asli atau tidak. Karena telah ditemukan ponsel Xiaomi palsu alias KW di pasaran.

Gadgetail.com – Ponsel Samsung copy? Sudah biasa. iPhone replika? Pernah lihat. Namun kalau ponsel Xiaomi KW, kamu mungkin baru pertama kali mendengarnya. Tapi percayalah, bahwa di Indonesia ada dan memang telah ditemukan ponsel Xiaomi yang tidak asli.

Kamu yang ingin membeli ponsel Xiaomi, atau kamu yang sudah punya smartphone Xiaomi namun khawatir jika ponsel yang kamu beli adalah palsu atau tidak asli dari Xiaomi, maka kamu sebenarnyua bisa cek keaslian Xiaomi. Lantas, bagaimana cara cek keaslian smartphone Xiaomi?

Cara Gampang Cek Keaslian Ponsel Xiaomi

Caranya gampang, cukup akses situs https://jd.mi.com menggunakan peramban komputer atau laptop kalian, lalu buka aplikasi scanner bernama “Mi Verification” di ponsel kamu. Jika di ponsel Xiaomi kalian tidak ditemukan aplikasi ini, kalian juga bisa mengunduhnya di situs tersebut dengan mengklik tombol Download APP. Setelah selesai di unduh, instal seperti biasa ke ponsel kalian.

Perlu dicatat, kalian mungkin perlu mengubah pengaturan instalasi ponsel agar smartphone Xiaomi kalian bisa menginstal aplikasi dari sumber tidak diketahui, pengaturannya bisa di ubah di Settings > Privacy dan centang Unknown Sources jika kalian menggunakan smartphone Xiaomi.

Jalankan atau buka aplikasi tersebut, namun sebelumnya pastikan baterai ponsel kalian lebih dari 50%. Selain itu, pastikan juga ponsel Xiaomi kalian dalam kondisi terhubung ke internet alias online. Setelah itu, menggunakan aplikasi tersebut, scan barcode yang ada di situs jd.mi.com tadi. Maka proses akan berjalan.

Hasil pengecekan apakah ponsel Xiaomi kalian asli atau palsu akan ditampilkan di situs tersebut.

Cek HP Xiaomi Asli atau Tidak dengan Factory Reset

Ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk mengecek keaslian ponsel Xiaomi kalian, namun kalian perlu melakukan factory reset. Jadi, di ponsel Xiaomi palsu kadang pembuatnya melakukan trik tertentu untuk mengelabui aplikasi benchmark, dengan menginstal aplikasi penipu benchmark. Sehingga saat di tes menggunakan benchmark, maka aplikasi tersebut akan menampilkan angka palsu.

Nah, factory reset akan menghapus aplikasi penipu ini, dan cobalah sekali lagi mengetes benchmark kalian. Dengan cara ini kalian benar-benar bisa melihat dan mengidentifikasi hardware ponsel kalian yang sebenarnya menggunakan aplikasi benchmark. Saran saya, gunakan beberapa aplikasi benchmark seperti CPU-Z, AnTuTu dan Sensor Box.

Aplikasi benchmark tersebut diatas akan menampilkan spesifikasi hardware ponsel Xiaomi kalian yang sebenarnya, dan sesuaikan dengan spesifikasi yang ditampilkan di box atau GSMArena. Apakah sesuai atau tidak.

Jadi, itulah dua cara mengecek keaslian Xiaomi kalian apakah ponsel kalian adalah HP Xiaomi palsu atau asli.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *