Android Dilampaui Tizen, Platform Apple Jadi Nomor Satu!

Gadgetail.com – Bicara platform smartphone, Android memang tetap nomor wahid sampai sekarang ini dan masih belum ada sistem operasi yang mampu mengalahkan Android bahkan oleh Apple sekalipun. Namun itu jika bicara platform mobile.

Lantas bagaimana dengan platform wearable, khususnya smartwatch? Android ternyata berada di bawah Tizen, sistem operasi milik Samsung. Hal ini diketahui dari laporan Strategy Analytics yang menunjukkan bahwa Eksistensi Tizen di ranah smartwatch telah menyalip Android Wear.

Android Wear memiliki pangsa pasar 18 persen, sementara Android Wear berada diatasnya dengan 19% Meksi begitu, keduanya masih belum mampu mengalahkan, bahkan masih jauh berada dibawah platform wearable milik Apple yaitu Apple Watch yang memegang 57 persen pangsa pasar smartwatch. Pun begitu, Apple harus waspada terhadap Apple karena platform ini mengalami pertumbuhan yang signifikan, meningkat 6,7% hanya dalam dua tahun terakhir.

Tizen sendiri adalah sistem operasi milik Samsung, dan perusahaan asal Korea Selatan ini telah berkomitmen bahwa mereka tidak akan membuat smartwatch menggunakan platform lain selain Tizen. Dengan kata lain, semua perangkat wearable yang dibuat oleh Samsung menggunakan Tizen OS.

Bukan hanya wearable, Tizen OS juga bekerja di produk perangkat smarthome (rumah pintar) milik Samsung, dan semua perangkat terhubung lainnya. Dengan tersalipnya Android Wear, Samsung yang ‘berjudi’ memutuskan untuk mempertaruhkan segalanya kepada Tizen, tampaknya terbayar.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *