Cara Menggunakan Snapchat, Memakai Filter, dan Istilah-Istilah Snapchat

Disini akan dijelaskan secara jelas cara menggunakan Snapchat lengkap dengan istilah-istilah Snapchat dan bagaimana cara menerapkan filter di foto atau video.

Gadgetail.com – Belakangan anda mungkin mulai sering mendengar Snapchat. Sebenarnya, apa itu Snapchat sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya secara lebih jelas dan detail. Meski anda sering mendengar istilah “Snapchat” belakangan, namun sebenarnya aplikasi ini sudah ada sejak tahu 2011.

Hanya saja, aplikasi ini baru populer di beberapa negara saja seperti Amerika Serikat misalnya. Di Negeri Paman Sam itu Snapchat menjadi aplikasi dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Setelah populer di Amerika Serikat, kepopuleran aplikasi ini dari tahun ke tahun mulai merembet ke negara lain, termasuk Indonesia. Lantas bagaimana cara menggunakan Snapchat?

Snapchat tersedia untuk Android juga iOS, dan bisa di unduh dari Google Play dan App Store. Setelah anda mengunduhnya, dibawah ini adalah cara menggunakan Snapchat.

Bagaimana cara menggunakan Snapchat?

Kita akan menjadi orang pertama yang mengakui bahwa Snapchat begitu sederhana sehingga hampir membingungkan.

Layar utama aplikasi ini adalah layar Kamera Anda, dan itu awalnya bisa sedikit aneh untuk dinavigasi. Usahakan tetap tenang dan teruslah membaca untuk mengetahui dengan pasti bagaimana cara kerja Snapchat. Pada saat Anda selesai membaca tutorial mini dari kami, Anda akan menjadi seperti sedang berusia 14 tahun.

1. Layar kamera

Hal pertama dan yang utama: Download Snapchat (gratis) dan buat akun dan ID pengguna. Setelah selesai, aplikasi saat terbuka akan langsung menampilkan layar Kamera. Disini, layar Kamera berfungsi sebagai layar utama.

Sudut kiri atas memiliki ikon lampu flash untuk mengaktifkan lampu flash kamera Anda, sedangkan pojok kanan atas ada tombol kamera untuk menghidupkan atau mengganti kamera depan dan belakang. Bagian tengah atas terdapat ikon hantu, yang jika diketuk akan membuka layar Profil Anda.

Di bagian bawah layar Kamera ada tombol Capture bulat besar untuk mengambil foto dan video. Ketuk dan tahan tombol kamera untuk merekam video dengan suara, atau tekan tombol kamera untuk memotret.

Sudut kiri bawah layar utama memiliki ikon persegi yang akan ditampilkan dalam jumlah berapa banyak Snap yang belum dibaca yang menunggu Anda. Sentuh atau gesek dari kiri ke kanan untuk mengakses layar Chat Anda dan lihat baki yang belum dibaca. Dari layar Chat Anda bisa langsung pesan teman dan pencarian.

Sudut kanan bawah layar Kamera memiliki ikon Story. Sentuh atau gesek dari kanan ke kiri untuk melihat cerita yang tersedia. Di Layar Stories, Anda juga bisa menemukan konten dari situs atau media penerbit seperti ESPN, Food Network, dll.

2. Menambahkan kontak

Gesek ke bawah saat berada di layar Kamera atau ketuk ikon hantu di bagian atas untuk mengakses layar Profil Anda dan tambahkan kontak. Anda akan melihat opsi untuk melihat siapa yang telah menambahkan Anda, mencari teman untuk ditambahkan, dan melihat semua teman. Anda juga bisa melihat ikon perkakas di kanan atas layar Profil untuk mengakses setelan. Jika Anda ingin melewatkan semua itu, gesek dari bawah atau sentuh tombol Capture untuk keluar dari layar Profil.

3. Membuat Snapcode

Berbicara tentang Snapcode, saat berada di layar Profil, sentuh Snapcode Anda untuk menambahkan lingkaran selfie kustom yang bisa dilihat orang lain.

4. Membuat snap

Saat berada di layar utama, tekan tombol capture yang besar untuk mengambil snap, atau tahan tombol itu untuk merekam video. Setelah selesai, layar pratinjau akan muncul bersama opsi untuk menambahkan filter, menyesuaikan panjang tampilan, mengirim jepret, dan banyak lagi. Ada tombol timer di sudut kiri atas, diikuti dengan tombol simpan untuk mendownload snap Anda ke bagian Memories, dan tombol lain untuk menambahkan snap ke cerita Anda.

Di bagian atas layar Pratinjau, Anda akan melihat ikon X untuk keluar, tombol stiker untuk menambahkan stiker dan emoji (jika Anda telah membuat video, Anda bisa menekan stiker untuk memasukkannya ke satu tempat di Video), tombol T yang memungkinkan Anda menambahkan teks, dan tombol pensil yang memungkinkan Anda memilih warna dan mencorat-coret.

Cukup gunakan jari Anda untuk memilih warna dan mulai menelusuri atau menggambar apapun yang Anda inginkan pada snap yang ditampilkan di layar pratinjau. Anda juga bisa menyentuh layar pratinjau manapun untuk mengakses keyboard dan menambahkan teks (namun hanya setelah Anda menyentuh untuk menutup slider warna). Sederhana bukan.

Anda juga bisa gesek dari kiri atau kanan pada layar Pratinjau untuk menambahkan berbagai filter berdasarkan lokasi Anda, waktu saat ini, suhu saat ini, kecepatan yang mungkin Anda jalani, dan banyak lagi. Ada juga yang hanya mengubah warna dan tampilan snap Anda. Cukup gesek sampai Anda menemukan yang Anda sukai.

Saat semua perubahan atau editing selesai, Anda akan melihat ikon snap panjang di kiri bawah layar Anda. Seharusnya lingkaran dengan angka di dalamnya. Nomor mewakili berapa detik penerima harus melihat snap Anda. Ketuk ikon ini untuk menyesuaikan lamanya waktu mulai dari 1 detik sampai 10 detik.

5. Mengirim Snap

Satu-satunya ikon pada layar Pratinjau yang belum kita bahas adalah ikon berbentuk panah di kanan bawah. Ketuk untuk mengirim snap Anda ke teman. Layar kirim ke harus terbuka. Selanjutnya anda bisa pilih penerima. Setelah selesai, kirim snap Anda dengan mengetuk ikon panah kedua yang muncul.

Anda mungkin melihat salah satu opsi penerima yang tercantum di layar kirim kirim ke “My Story”. Pilihan ini akan menambahkan snap Anda ke Stories Anda, tapi sekali lagi, kita akan membahasnya secara rinci di bawah ini.

6. Melihat Snapback

Untuk melihat snap yang belum dibaca, buka layar Kamera dan pilih ikon kuadrat / bernomor di kiri bawah. Umpan atau feed dari semua kiriman dan balasan balasan Anda yang dikirim (alias snapback) akan muncul dalam daftar, termasuk yang baru terkunci dari teman-teman. Cukup tekan salah satu untuk melihatnya. Ingat: waktu untuk melihatnya sangat sebentar. Beberapa detik setelah dilihat, snap akan menghilang.

Jadi, pastikan anda sudah siap mengambil screenshot layar, jika Anda ingin mengabadikan snap tertentu. Namun perlu dicatat, pemilik Snap akan diberitahu jika Anda mengambil screenshot layar. Anda juga mendapatkan satu kesempatan replay harian untuk melihatnya lagi. Anda harus segera menggunakan replay Anda.

Jika Anda bertanya-tanya apa semua tanda panah dan kotak di sebelah nama berarti… baik, mirip dengan WhatsApp, mereka menunjukkan jika Anda telah mengirim Snap yang telah dibaca atau belum dibaca.

7. Membuat Story

Untuk membuat story, snap yang muncul selama 24 jam dan bisa disiarkan ke semua followers Anda, ketuk ikon Story dari layar Kamera yang ada di sebelah ikon unduhan. Jika Anda mengirim sebuah story, pengikut Anda bisa melihatnya berkali-kali selama seharian penuh. Anda bisa melihat siapa saja yang telah melihat story Anda.

Cara lain untuk mengirim story adalah dengan mengambil snap dan mengetuk ikon kirim. Tapi alih-alih memilih setiap teman secara terpisah di layar kirim ke layar, Anda cukup memilih opsi My Story.

Anda bisa mengubah siapa yang bisa melihat story Anda di bawah pengaturan.

8. Melihat Story

Anda bisa melihat Stories dengan mengetuk ikon story di layar Kamera. Anda kemudian akan melihat layar Stories, dengan daftar kontak Anda dan mungkin bahkan berhenti jika Anda memiliki story yang belum dibaca. Begitu Anda melihat semua Stories di bawah Recents, kategori recents akan hilang. Anda masih bisa menemukan bacaan Stories namun dengan menggulir ke bagian bawah daftar kontak Anda di layar ini.

Siapa pun dengan simbol kartun kecil di samping nama mereka adalah akun terverifikasi di Snapchat. Agnes Monica, misalnya, memiliki ikon di samping namanya. DJ Calvin Harris memiliki ikon harimau, dan sebagainya.

9. Mengakses Discover

Dari layar Story. Anda juga bisa melihat konten Discover, yang merupakan program asli dari penerbit. Cukup ketuk salah satu penerbit, seperti Comedy Central, untuk meluncurkan saluran mereka dan aliran konten yang mereka pilih untuk disiarkan secara eksklusif melalui Snapchat. Anda juga dapat menggesek dari kanan ke kiri pada layar Story untuk mengakses lebih banyak konten Discover.

10. Melihat Skor

Untuk melihat skor terbaru, gesek ke bawah dari layar kamera. Skor akan muncul di bawah Kode Snap Anda. Anda dapat melihat nilai total teman dengan mengetuk namanya di kontak Anda.

11. Chatting dengan teman

Selain mengirim Snap dan Stories, Anda bisa juga berkirim pesan dengan teman. Untuk mengakses layar Chat, gesek dari kiri ke kanan pada layar kamera. Untuk mengirim pesan kepada teman, buka daftar kontak Anda, lalu ketuk nama teman, lalu pilih ikon obrolan. Jika Anda sudah mulai mengirim pesan kepada seseorang, namanya akan muncul di daftar terbaru Anda di layar obrolan. Gesek dari kiri atas nama mereka untuk mulai mengobrol lagi.

Sementara di chat box, Anda akan melihat berbagai pilihan. Harusnya ada tombol gambar yang memungkinkan Anda untuk mengirim foto atau video dari roll kamera Anda. Ada juga tombol panggilan telepon, tombol ambil, tombol rekam video, dan tombol untuk mengirim emoji dan stiker.

12. Menelepon

Tekan tombol kamera video di kotak obrolan mana pun dengan seorang teman untuk memulai live video call, atau tekan tombol panggil telepon untuk melakukan panggilan audio saja. Jika teman Anda tersedia saat mencoba video call, mereka bisa memilih untuk ‘Watch’ atau ‘Join’. Jika teman Anda memilih untuk ‘Watch’ Anda tidak akan bisa melihat mereka tetapi mereka bisa mendengar Anda, melihat Anda, dan mengirimi Anda obrolan. Jika teman Anda memilih untuk ‘Join’ Anda akan bisa melihat dan mendengar satu sama lain.

13. Mengirim uang

Snapchat bermitra dengan Square untuk meluncurkan Snapcash pada tahun 2014. Layanan atau fitur yang memungkinkan Anda menggunakan kartu debit untuk membayar barang atau mengirim uang ke teman. Cara kerjanya seperti ini: masukkan kartu debit Anda di bawah pengaturan, lalu buka kotak obrolan dengan teman, lalu ketik tanda dolar beserta jumlah (misalnya $ 11,50). Setelah selesai, tekan tombol kirim berwarna hijau.

Rincian kartu Anda disimpan dengan aman oleh Square, sebuah perusahaan pembayaran mobile yang didirikan pada tahun 2009 oleh Jack Dorsey. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang skandal hacking yang akan mengakibatkan Anda kehilangan uang. Namun sayangnya tidak semua negara mendukung Snapcash. Snapcash hanya tersedia di Amerika Serikat. Selain itu penggunanya harus berusia 18 tahun atau lebih.

14. Menerapkan lensa

Saat Anda menggunakan layar Kamera, tekan terus wajah Anda untuk mengaktifkan fitur yang disebut Lensa. Ini termasuk perangkat lunak pengenal wajah yang mampu mendistorsi ekspresi wajah Anda dan menerapkan berbagai efek ke wajah Anda. Begitu Anda mengaktifkannya, ada spiderweb yang menutupi wajah Anda.

Anda kemudian akan melihat pilihan lensa muncul di samping ikon rana. Pilih satu dan ikuti instruksinya. Selain itu, Anda bisa menggesek ke kiri untuk mengganti lensa.

15. Menyimpan ke Memories

Sejak diluncurkan, Snapchat telah menambahkan beberapa fitur yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot atau menyimpan Snap (Anda bahkan bisa menyiarkannya ke “Stories” Anda, yang memungkinkan pengikut Anda untuk melihatnya dalam jumlah tak terbatas dalam periode 24 jam), dengan Contoh terakhir adalah Memories.

Memories bukan hanya memberi Anda cara lain untuk tetap Snap namun juga mengenalkan bagian baru. Anda bisa mengakses bagian Memories ini untuk mencari kata kunci yang tersimpan dan banyak lagi. Misalnya, saat Anda mengambil snap, Anda akan melihat opsi untuk menyimpan snap Anda ke Memories (seperti roll kamera atau koleksi), di mana Anda bisa mengatur, mengedit, mencari, mengunci, dan berbagi snap setelah diambil.

Di masa lalu, Anda bisa menyimpan kliping dan stories Anda ke roll kamera lokal ponsel Anda, tapi sekarang, Anda juga dapat menyimpannya ke server Snapchat. Live Memories di bawah tampilan kamera. Gesek saja dari tampilan kamera untuk membukanya.

Pada layar Memories, Anda akan melihat tombol pencarian di pojok atas, diikuti dengan bilah menu yang terdiri dari beberapa tab: All (menampilkan semua foto dan video yang Anda simpan), Snaps (hanya menampilkan kliping Anda), Stories (hanya menunjukkan Cerita Anda), Camera Roll (menampilkan gulungan kamera lengkap telepon Anda), My Eyes Only (menunjukkan memories Anda yang tersimpan).

Dari tab mana pun, sentuh dan tahan sebentar untuk mengaktifkan interaksi baru, seperti mengedit, menambahkan geofilter dan stempel waktu, berbagi Stories Anda saat ini, membuat Stories baru dengan memilih beberapa kotak, mengirim pesan ke teman sebagai lampiran pesan, dan Mengekspor.

16. Menggunakan Bitmoji

Jika Anda dan seorang teman menyiapkan Bitmoji di Snapchat, Anda akan melihat “friendmojis” yang mencakup Anda berdua saat Anda mengiriminya Chat atau membalas Snap mereka. Untuk menghubungkan Bitmoji dengan akun Snapchat Anda, pastikan Anda telah mendownload Snapchat dan aplikasi Bitmoji versi terbaru.

Istilah-istilah di Snapchat

Berikut adalah beberapa istilah dan frasa umum yang digunakan di aplikasi Snapchat:

Snapchatters: Pengguna Snapchat.

Snaps: Foto atau video yang diambil di Snapchat. Anda bisa mengirim snap ke snapchatter lain, tapi hanya bisa dilihat oleh penerima selama satu sampai 10 detik sebelum hilang selamanya. Untuk mengambil snap, buka Snapchat, lalu tekan tombol capture pada layar atau jendela bidik Kamera.

Snapback: Balasan singkat ke sebuah Snap

Story: Snap yang bisa Anda siarkan ke pengikat atau followers. Penerima bisa melihat story Anda dalam jumlah tak terbatas dalam 24 jam, dan Anda bisa mengirim beberapa gambar ke story Anda dalam satu hari untuk membuat rangkaian narasi. Anda bisa mengakses story anda dan teman Anda dari layar Stories (gesek dari kanan ke kiri di layar Kamera).

Scores: Persamaan khusus yang menggabungkan jumlah bentangan yang telah Anda kirim dan terima, cerita yang telah Anda poskan, dan faktor lainnya. Anda bisa menemukan skor teman saat Anda mengetuk dan tahan nama teman di daftar kontak, lini masa, atau area obrolan Anda. Anda bisa menemukannya di bawah Snapcode yang berada di tengah layar Profil Anda.

Snapcode: adalah kode yang bisa di scan yang mempermudah anda menambahkan teman Snapchat baru. Snapcode Anda terletak di tengah Layar Profil Anda, yang bisa Anda akses dengan mengetuk ikon hantu di bagian tengah atas Layar Kamera.

Chat: Fitur yang memungkinkan Anda mengirim pesan langsung ke Snapchatters lainnya. Anda bisa mengakses layar Chat dengan menggesek dari kiri ke kanan pada layar Kamera. Ketuk tombol buat pesan baru di sudut atas untuk memilih teman mengobrol. Atau, bila Anda membuat snap, pilih teman untuk dikirim ke dia, dan Anda akan melihat kotak obrolan pribadi baru antara Anda dan teman Anda di layar Chat.

Video Chat: Fitur dalam Chat yang memungkinkan Anda memulai video call atau panggilan video secara langsung. Untuk memulai obrolan video, cukup ketuk tombol rekam video dalam obrolan. Jika teman anda tersedia mereka bisa memilih ‘Watch’ atau ‘Join’. Jika teman Anda memilih untuk ‘Watch’ Anda tidak akan bisa melihat mereka tetapi mereka bisa mendengar Anda, melihat Anda, dan mengirimi Anda obrolan. Jika teman Anda memilih untuk ‘Join’ Anda akan bisa saling melihat dan mendengar satu sama lain.

Snapstreak: Anda mungkin telah memperhatikan beberapa rekan penggemar Anda memiliki emoji yang berbeda di samping nama Snapchat mereka di layar Chat. Itu berarti Anda berada di Snapstreak, alias Anda dan teman Anda saling bentrok (tidak mengobrol) dalam waktu 24 jam selama lebih dari satu hari berturut-turut.

Lenses/Lensa: Anda bisa membuat Snaps lebih menyenangkan dengan menambahkan efek dan suara khusus yang bekerja secara real-time dengan lensa. Buka layar Kamera di Snapchat, sentuh wajah Anda, dan pilihan lensa akan muncul di bawah ini. Gesek ke kiri untuk memilih lensa yang ingin Anda gunakan, lalu tekan tombol ambil / capture untuk mengambil snap.

Filter: Anda bisa menambahkan snap dengan menambahkan overlay yang menyenangkan dengan filter. Setelah Anda mengambil Snap, gesek ke kanan atau kiri pada layar pratinjau untuk menambahkan filter berwarna, waktu sekarang, cuaca lokal, lapisan kecepatan atau geofilter ke Snap Anda. Setelah mengambil snap dan menerapkan Filter pertama Anda, Anda bisa menekan dan menahan lalu menggesek untuk menambahkan filter lain.

Apa itu Snapchat Spectacles?

Pada bulan Oktober 2016, Snapchat mengumumkan kacamata nyentrik yang terhubung dengan aplikasi Snapchat yang disebut Snapchat Spectacles. Kacamata ini bisa merekam cuplikan video dan disimpan secara otomatis ke Memories Snapchat Anda, sebuah fitur baru di Snapchat yang menyimpan semua snap yang tersimpan, Stories, dan konten yang terkunci. Spectacles menampilkan kamera dengan lensa 115 derajat, dengan tujuan menirukan bagaimana manusia benar-benar melihat.

Spectacles dibanderol dengan harga $ 129,99, tersedia dalam satu ukuran, namun tersedia dalam tiga pilihan warna: black, teal, dan coral.

Itulah panduan lengkap cara menggunakan Snapchat yang sangat jelas dan detail, dan semoga bisa banyak membantu anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *