Welcome Page WiFi id Tidak Muncul di Android dan PC? Ini Cara Mengatasinya

Jika anda mengalami masalah welcome page WiFi.id yang tidak muncul di Android dan PC, berikut ini cara mengatasinya.

Gadgetail.com – Mungkin banyak netizen yang menggunakan WiFi.id sebagai koneksi andalan internet mereka mengalami tidak bisa login ke WiFi id. Saat mencoba mengkoneksikan perangkat mereka ke @wifi.id, perangkat memang bisa terkoneksi, namun halaman welcome page WiFi ID yang menampilkan form login WiFi.id tidak muncul.

Seperti kita ketahui, bahwa saat kita mengkoneksikan perangkat ke jaringan WiFi.id, maka secara otomatis browser default komputer atau smartphone kita akan terbuka mengakses situs welcome page WiFi.id yang menampilkan laman login. Namun beberapa orang tidak mengalaminya, saat konek ke @wifi.id, welcome page WiFi.id tidak terbuka. Atau kalaupun browser terbuka, tidak terhubung ke server situs WiFi.id alias Server not found.

Anda tidak sendiri mengalami hal ini, karena memang ada banyak pengguna yang juga mengalami hal serupa. Apa penyebabnya, dan kenapa bisa seperti itu? Dalam postingan ini Gadgetail mencoba membantu permasalahan anda. Namun perlu di ingat, tidak semua kasus serupa bisa diselesaikan dengan cara yang sama.

 

Masalah DNS

Hal pertama yang mungkin membuat anda tidak bisa login atau mengakses welcome page WiFi.id mungkin saja ada kaitannya dengan DNS. Coba di ingat-ingat, apakah anda pernah mengotak-atik pengaturan internet anda, terutama pada pengaturan DNS-nya? Coba kembalikan seperti semula. Berikut caranya:

  1. Di komputer Windows 10, klik kanan ikon WiFi di system tray taskbar, lalu pilih Open Network and Sharing Center.
    Wifi id 1
  2. Klik Wi-Fi (@wifi.id)
    Wifi id 2
  3. Klik Properties
    Wifi id 3
  4. Double klik (klik 2 kali) Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
    Wifi id 4
  5. Lihat apakah anda menggunakan DNS. Jika menggunakan, hapus DNS dan pilih Obtain DNS server address automatically.
    Wifi id 5
  6. Klik OK untuk menyelesaikan.

 

Masalah MAC @wifi.id

Informasi ini berasal dari Yahoo Answers. Untuk mengatasinya, bisa gunakan software pemindai jaringan Wi-Fi bernama InSSIDer (googling untuk men-download-nya). Cek MAC Address jaringan @wifi.id yang digunakan. Pastikan MAC @wifi.id yang anda gunakan diawali dengan:

  1. F0:29:29
  2. 50:06:04
  3. 58:97:1E
  4. 20:BB:C0
  5. B4:E9:B0
  6. 00:27:22
  7. 02:27:22, atau
  8. 0A:27:22.

MAC @wifi.id diataslah yang sampai saat ini bisa digunakan. Namun jika MAC @wifi.id anda tidak berawalan seperti diatas, maka anda bisa coba ikuti langkah ini:

  1. Connect ke @wifi.id
  2. Buka browser
  3. Ketikkan 160.0.1, dan Enter.
  4. Maka anda akan masuk ke laman login @wifi.id.

Jika tidak bisa juga, coba login melalui URL ini: 1.1.1.1/login.html.

 

Jika Tidak Muncul di Android

Jika welcome page @wifi.id tidak muncul di Android, bisa anda gunakan cara pertama diatas. Untuk mengatur DNS bisa buka Pengaturan ponsel, lalu tap dan tahan @wifi.id. Ketuk Ubah konfig. Jaringan, dan beri centang Tampilkan opsi lanjutan.

Scroll ke bawah, pada bagian Pengaturan IP, ganti ke Statis. Scroll lagi ke bawah maka anda akan melihat pengaturan DNS 1 dan DNS 2. Disitulah anda bisa mengatur DNS ponsel anda.

DNS

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan jika welcome page WiFi id tidak muncul di PC maupun Android.

2 Comments
  1. Yuanzah
  2. Yuanzah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *