Cara Menghapus Akun Mi Cloud Jika Ingat & Lupa Sandi Account

Bagaimana cara menghapus akun Mi Cloud yang masih tersangkut di ponsel Xiaomi yang ingin kita kita jual atau beli? Baik itu jika kita ingat maupun lupa kata sandi.

Gadgetail.com – Mungkin kamu berencana menjual ponsel Xiaomi kamu kepada seseorang namun kamu bingung bagaimana menghapus akun Mi Cloud yang ada di ponselmu. Padahal, ada banyak file atau data-data yang tersimpan di akun Mi Cloud milikmu.

Atau kamu baru saja berencana membeli ponsel Xiaomi second dari seseorang. Eits, jangan buru-buru bertransaksi. Saat si ‘dia’ masih di depanmu (alias sedang transaksi) cek Mi Cloud apakah sudah dihapus atau belum. Jika masih ada, minta si dia menghapusnya. Jika ia tidak tau caranya, lakukan cara pada postingan ini.

Apapun alasannya, jangan bingung menghapus akun Mi Cloud, disini kamu akan belajar bagaimana cara menghapus akun Mi Cloud dengan mudahnya.

1. Jika Lupa Kata Sandi Mi Cloud

Tip: Jika memang kamu mengingat kata sandi Mi Cloud, lewati langkah ini dan langsung ke langkah 2.

Sering kali kita coba-coba belajar menggunakan fitur tertentu yang ada di ponsel kita, termasuk di ponsel Xiaomi. Salah satunya kamu mungkin menambahkan akun Mi Cloud, namun ternyata kamu tidak tau apa yang kamu lakukan. Sehingga kamu lupa dengan kata sandi Mi Cloud.

Tenang, ada cara menyetel ulang atau me-reset kata sandi akun Mi Cloud. Cukup menuju situs ini (situs resmi Xiaomi), lalu masukkan email atau nomor ponsel dan ikut langkah selanjutnya. Maka disana kamu akan mendapatkan kata sandi Mi Cloud baru.

2. Jika Sudah Mengetahui Kata Sandi Mi Cloud

Sekarang kamu sudah mendapatkan kembali kata sandi Mi Cloud, atau kamu memang masih mengingat dengan pasti kata sandi Mi Cloud milikmu, maka selanjutnya adalah bagaimana cara menghapus akun Mi Cloud? Berikut caranya:

  1. Masuk ke Setelan > Akun Mi > Mi Cloud.
    Jika Sudah Mengetahui Kata Sandi Mi Cloud 1
  2. Gulir ke bawah, lihat pada opsi Cari perangkat. Jika masih aktif, maka matikan. Jika diminta sandi, maka masukkan Kata Sandi.
    Jika Sudah Mengetahui Kata Sandi Mi Cloud 2
  3. Kembali ke menu Setelan utama, atau tepatnya di Setelan > Akun Mi > Perangkat. Pada Mi Phone statusnya seharusnya menjadi Kartu SIM tidak terpasang atau teraktivasi.
    Jika Sudah Mengetahui Kata Sandi Mi Cloud 3
  4. Lalu ketuk Perangkat Lainnya yang ada di bawahnya (lihat gambar diatas), seharusnya perangkat yang dimatikan di langkah 2 tadi sudah tidak ada. Namun jika masih ada, silahkan ketuk Hapus atau Delete Device.
  5. Sekarang, buka browser internet anda, akses situs Mi Cloud, dan login menggunakan akun Mi anda (lihat gambar dibawah).
  6. Setelah berhasil login, klik View Devices untuk melihat list perangkat yang terintegrasi atau terhubung dengan akun Mi Cloud anda.
    Jika Sudah Mengetahui Kata Sandi Mi Cloud 4
  7. Jika perangkat yang ingin dihapus sudah tidak ada, maka langkah selesai disini. Namun karena server situs Mi sering error, kadang perangkat yang sudah dihapus masih muncul. Jika dalam kasus anda perangkat masih muncul, ketuk perangkat yang ingin dihapus.
  8. Ketuk tombol Delete Device.
  9. Langkah terakhir yang harus anda lakukan di ponsel Xiaomi anda adalah melakukan Factory Reset atau mengembalikan ke pengaturan awal pabrik. Caranya, bisa masuk ke Setelan > Setelan Tambahan > Kembalikan ke Setelan Pabrik. Jika langkah ini sudah selesai, ponsel tersebut aman untuk anda jual/beli.
    Jika Sudah Mengetahui Kata Sandi Mi Cloud 5

Sampai disini seharusnya sudah selesai, dan akun Mi Cloud sudah anda sudah lepas dari perangkat tersebut. Anda sudah bisa menjual ponsel anda, atau anda sudah bisa membeli ponsel Xiaomi bekas itu dari orang lain. Untuk memastikan ponsel tersebut sudah lepas tidak terhubung ke akun Mi Cloud anda, masuk ke Setelan > Akun Mi. Lihat apakah perangkat yang anda hapus tadi masih ada disana atau tidak, seharusnya sih tidak ada.

Sekali lagi buat anda yang ingin membeli ponsel Xiaomi bekas atau second, pastikan memeriksa Setelan > Akun Mi dan lihat disana harus benar-benar tidak terintegrasi dengan Mi Cloud.

 

3. Solusi Alternatif Ponsel Xiaomi ‘Tersangkut’ Akun Mi Cloud Orang Lain

Jika sudah terlanjur membeli ponsel dari orang lain yang ternyata masih tersangkut akun Mi Cloud, namun orang yang menjual ponsel tersebut tidak bisa dihubungi, maka anda bisa minta bantuan CS Xiaomi agar membuka akun Mi di ponsel tersebut.

Untuk menghubungi CS Xiaomi, bisa menghubungi nomor 0800 140 1558. Pihak CS akan meminta beberapa syarat sebelum mengganti atau menghapus akun Mi, biasanya adalah nomor buka kunci yang muncul di opsional Perangkat terkait.

Cara lainnya adalah dengan langsung pergi ke Service Center terdekat, menggunakan metode ekskalasi (buka kunci dari jarak jauh) dengan memfoto sbb:

  1. Nomor Buka Kunci,
  2. Foto kotak kemasan ponsel bawaan bagian depan,
  3. Foto kotak kemasan bawaan bagian belakang dan sorot IMEI,
  4. Foto bagian belakang smartphone Xiaomi dimana stiker IMEI dan stiker biru postel tertempel, sandingkan dengan box bagian belakang.
  5. Kirimkan semua data ke id@xiaomi.com (pastikan subject di isi, jangan kosong)
  6. Informasi buka kunci biasanya disampaikan sekitar 3 hari kerja.

 

4. Cara Paling Ampuh Hapus Akun Mi Cloud

Jika kedua cara diatas tidak mampu menyelesaikan masalah akun Mi Cloud yang kamu hadapi, ada satu cara ampuh yang bisa kamu pakai untuk menghapus akun Mi Cloud. Cara ini sedikit ekstrim dan mungkin perlu skill untuk melakukannya, yaitu dengan cara mem-flashing ponsel.

Instal ROM MIUI, bisa versi terbaru atau lama, atau bisa menggunakan versi yang dipakai saat ini. Setelah mem-flashing, biasanya Mi Cloud akan terhapus. Jika kamu tidak tau cara melakukannya, gunakan jasa profesional atau jasa reparasi ponsel.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *