Pesan “Kesalahan Saat Mengambil Informasi dari Server RH-01” Muncul, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika anda sering mendapati pesan error Kesalahan Saat Mengambil Informasi dari Server RH-01, maka anda mungkin bisa mengatasinya dengan solusi ini.

Gagdetail.com – Kamu mungkin pernah mengalami masalah di ponsel kamu yang berkaitan dengan kode RH-01. Atau tepatnya, pesan kesalahan tersebut berbunyi seperti ini: “Kesalahan saat mengambil informasi dari server RH-01”.

Pesan kesalahan tersebut kerap muncul saat kita ingin mengunduh aplikasi atau game di Google Play Store, atau kadang juga muncul saat kita ingin memperbarui atau meng-update aplikasi yang terinstal di ponsel kita.

Jika anda mengalami masalah seperti ini, maka jangan khawatir karena anda tidak sendiri. Banyak orang di luar sana juga mengalami masalah serupa, dan ada banyak orang juga berhasil mengatasinya dengan cara dibawah ini. Bagaimana caranya? Berikut akan dijabarkan satu persatu.

Atur Tanggal dan Zona Waktu

Atur Tanggal dan Zona Waktu

Solusi pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah RH-01 adalah memeriksa zona waktu dan tanggal perangkat anda dan memperbaikinya jika tidak sesuai. Agar lebih mudah, kamu bisa sesuaikan tanggal dan waktu sesuai operator.

Untuk mengatur tanggal, masuk ke Pengaturan > Tanggal dan waktu. Beri centang Tanggal dan waktu otomatis dan Zona waktu otomatis.

 

Paksa Berhenti Google Play Store

Paksa Berhenti Google Play Store

Paksa Berhenti atau Force Stop adalah solusi lainnya yang bisa kita lakukan jika masalah RH-01 muncul di ponsel kita. Dengan menggunakan solusi ini, kita menghentikan paksa aplikasi Google Play Store agar berhenti bekerja di ponsel kita, bahkan di latar belakang.

Caranya, masuk ke Pengaturan > Manajer Aplikasi > Google Play Store. Tekan tombol Paksa Berhenti atau Force Stop.

 

Bersihkan Data Google Play Store

Solusi berikutnya yang bisa kamu lakukan jika dua solusi diatas tidak bekerja adalah dengan menghapus data aplikasi, yang artinya data lama aplikasi Google Play Store akan dibersihkan dari ponsel anda.

Caranya, kurang lebih masih mirip seperti langkah sebelumnya. Masuk ke Pengaturan > Manajer Aplikasi > Google Play Store. Tekan tombol Hapus Data atau Clear Data.

 

Hapus Cache Google Play Store

Langkah selanjutnya yang bisa kita coba adalah dengan menghapus cache Google Play Store dari perangkat kita, yang bisa kita lakukan dengan mudah.

Caranya, masuk ke Pengaturan > Manajer Aplikasi > Google Play Store. Tekan tombol Hapus Memori atau Clear Cache.

 

Hapus dan Tambahkan Kembali Akun Google

Tambahkan Akun Google Anda Sekali Lagi

Langkah terakhir yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus akun Google kita, kemudian tambahkan kembali akun Google tersebut. Bisa menggunakan akun Google yang sama, namun mungkin lebih manjur jika menggunakan akun Google lainnya.

Untuk mengakses akun Google perangkat Android anda, masuk ke Pengaturan > Akun > Google. Ketuk akun Google utama perangkat Android anda, lalu tap Hapus Akun. Setelah itu restart perangkat Android anda.

Itulah beberapa cara mengatasi kesalahan server dengan kode RH-01 yang sering muncul di Google Play Store dan membuat kita kesulitan atau bahkan tidak bisa mengunduh aplikasi, game dan memperbaruinya di Google Play Store.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *