Cara Memperbaiki “Sayangnya, Layanan Google Play Telah Berhenti / Terhenti”

Jika Google Play Store terhenti dengan munculnya pesan “Sayangnya, Layanan Google Play Telah Berhenti”, maka ada cara memperbaikinya.

Gadgetail.com – Saat kita sedang asyik hunting aplikasi dan game-game seru di Google Play Store, tiba-tiba muncul pesan “Sayangnya, Layanan Google Play Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Google Play services has stopped”. Apalagi masalah ini bukan sekali dua kali terjadi, tapi sering kali. Maka kita pun dibuat ‘pusing pala barbie’.

Jangan khawatir, beberapa tips dibawah ini mungkin bisa jadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kamu. Memang, satu cara bisa saja tidak bekerja dengan hasil yang sama di perangkat yang berbeda, namun setidaknya kamu bisa  gunakan cara ini untuk memperbaikinya sebelum membanting ponselmu.

Penyebab Google Play Service Terhenti

Jadi, sebenarnya apa yang menyebabkan masalah Google Play Store ini berhenti? Padahal kita tidak ada mengotak-atik sistem ponsel kita, tidak melakukan root, dan tidak pula menggunakan ponsel diluar batas-batas perikeponselan.

Nah, masalah ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa jadi karena memang ada masalah atau bug di Google Play Store atau Google Play Service-nya, atau bisa jadi karena memang ada bug di sistem operasi Android-nya, atau bisa juga masalah dari server Google Play Service.

Jadi, dengan banyaknya kemungkinan penyebabnya, kita sebagai pengguna, terutama kita yang awam terhadap masalah ini tidak bisa melakukan banyak  hal untuk mengatasi hal ini. Namun beberapa tips dibawah ini mungkin bekerja untuk anda.

layanan google play terhenti

Cara Mengatasi Google Play Store Berhenti

1. Kosongkan Cache & Data
Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengosongkan cache. Caranya buka Pengaturan ponsel anda. Masuk ke Manajer Aplikasi. Setelah itu cari dan tap aplikasi “Google Play Services” atau “Google Play Store” (biasanya ada di tab Semua). Disana kamu akan menemukan tombol Hapus Cache. Ketuk tombol tersebut.

Bila perlu kamu juga bisa menekan tombol Hapus Data di menu yang sama untuk menghapus data Google Play Store.

Setelah melakukan itu, restart ponsel anda dan lihat apakah masalah serupa masih menghantui ponsel anda atau tidak.

2. Reset Preferensi Aplikasi
Untuk melakukannya kurang lebih sama seperti diatas, buka Pengaturan > Manajer Aplikasi. Lalu ketuk Lainnya dan pilih Reset Preferensi Aplikasi (di beberapa ponsel seperti Samsung, klik tombol di sebelah kiri tombol home). Ini akan mengembalikan preferensi seluruh aplikasi.

Jika kamu ingin mereset preferensi aplikasi tertentu, masuk ke Pengaturan > Manajer Aplikasi > Pilih aplikasinya (dalam hal ini Google Play Store). Lalu scroll ke bawah dan ketuk tombol Hapus Default.

3. Tambahkan Akun Google Anda Sekali Lagi
Jika masalah yang sama tidak teratasi dengan cara diatas, maka coba masuk ke Pengaturan ponsel anda, pilih Akun, lalu ketuk Google. Lihat email akun Google yang anda tambahkan, mungkin ada beberapa email. Namun disini yang harus dihapus adalah email utama.

Jadi, pilih email utama ponsel anda dan ketuk Hapus Akun. Namun di beberapa ponsel Android lain, anda harus klik Lainnya (ikon tiga titik di sudut kanan atas) dan pilih Hapus Akun.

Tambahkan Akun Google Anda Sekali Lagi

4. Instal Ulang Google Play Service
Google Play Service sejatinya tidak bisa dihapus, namun kita bisa mengembalikannya ke versi awal dengan menghapus seluruh pembaruan Google Play yang pernah kita lakukan. Namun kita harus melakukannya dengan Administrator Perangkat diaktifkan.

Untuk melakukannya, pertama masuk ke Pengaturan > Pengaman (Security) > Administrator Perangkat. Ketuk tanda centang pada Pengelola Perangkat lalu ketuk Aktif. Maka Pengelola Perangkat pun akan tercentang.

Selanjutnya, masuk ke Pengaturan > Manajer Aplikasi > tab Semua > Google Play Store. Lalu ketuk tombol Hapus Instalan Pembaruan. Restart ponsel.

Cari file APK atau aplikasi Google Play Store di internet, unduh dan instal ke perangkat atau smartphone anda.

Tip: di beberapa ponsel, melakukan hal ini tidak perlu mengaktifkan Administrator Perangkat.

5. Hapus Cache Google Service Framework
Agar bekerja dengan benar, Google Play Store membutuhkan Google Service Framework yang juga bisa anda temukan di Pengaturan > Manajer Aplikasi > Semua. Fungsinya adalah agar layanan ponsel anda di sinkronkan ke server Google untuk pertukaran data secara reguler. Jika masalahnya berasal dari sini, maka bisa jadi layanan Google Play anda akan berhenti berfungsi.

Untuk mengatasinya, buka Pengaturan > Manajer Aplikasi > Semua. Lalu cari dan tap Google Framework Services. Ketuk tombol Force Stop (Paksa Berhenti). Lalu tap tombol Clear Cache. Sekarang, restart smartphone anda.

Tip: Jika tidak bekeraj juga, maka selain menerapkan kelima cara diatas pada Google Play Store, coba terapkan juga cara diatas pada Google Play Services. Mengaksesnya di Pengaturan > Manajer Aplikasi > Google Play Services.

Itulah beberapa cara memperbaiki layanan Google Play Store yang terhenti, yang biasanya akan memunculkan pesan “Sayangnya, Layanan Google Play Telah Berhenti”.

One Response
  1. Adi Prayitno

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *