Cara Autentikasi Akun Google Play Store di Android? Tidak Perlu, Ini Solusi Selain Masuk ke Akun Google

Jika anda melihat pesan “diperlukan autentikasi anda perlu masuk ke akun google”, cara autentikasi akun Google Play Store di Android tidak perlu dilakukan. Ikut saja langkah ini.

Gadgetail.com – Kamu mungkin sedang mencari solusi bagaimana cara autentikasi akun Google Play Store di Android milikmu setelah melihat pesan yang berbunyi  “diperlukan autentikasi anda perlu masuk ke akun google”. Masalah autentikasi ini kadang juga muncul dalam bahasa Inggris, yaitu “Authentication is required. You need to sign in to your Google Account”.

Nah, sebenarnya apa sih autentikasi? Dan apakah kita memang harus mengautentikasi akun Google kita untuk mengatasi masalah ini? Dan bagaimana cara mengautentikasinya? Pertama, jika anda menghadapi masalah ini, tidak perlu panik. Ada beberapa cara yang bisa mengatasinya, dan tanpa perlu autentikasi akun Google sama sekali.

Jadi, apa caranya? Anda bisa coba beberapa cara mengatasi masalah autentikasi akun Google ini.

1. Hapus Akun Google, dan Tambahkan Kembali

Masalah ini muncul mungkin setelah anda memperbarui aplikasi Google Play Store anda. Jika benar, maka mungkin ada masalah saat anda sign in atau masuk. Untuk mengatasinya maka anda bisa hapus akun Google, lalu tambahkan kembali.

Caranya, masuk ke Settings > Account > Google. Disana anda hapus akun Google utama ponsel anda. Kemudian setelah akun dihapus, anda tambahkan kembali akun Google/Gmail ke ponsel anda. Cara ini bekerja baik, meski mungkin diperlukan melakukan langkah kedua dibawah ini.

Hapus Akun Google, dan Tambahkan Kembali

 

2. Bersihkan Data Google Play Store

Solusi lainnya adalah menghapus data Google Play ponsel anda. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu buka Settings > Application Manager. Disana anda ketuk Clear Data. Namun bila perlu, bisa juga anda hapus cache Google Play Store dengan mengetuk Clear Cache.

Bersihkan Data Google Play Store

 

3. Hapus Instalan Pembaruan

Google Play Store diperbarui oleh Google secara berkala. Kadang, versi terbarunya justru mengandung bug, dan inilah yang bisa jadi biang masalah autentikasi akun Google. Jika masalah memang ada pada Google Play Store itu sendiri, maka anda bisa hapus instalan pembaruan Google Play dengan cara masuk ke Settings > Application Manager.

Setelah masuk di Manajer Aplikasi, ketuk tombol Uninstall Updates (Hapus Instalan Pembaruan). Dengan menghapus instalan pembaruan, maka Google Play anda akan kembali ke versi awalnya saat ponsel baru anda beli. Setelah itu, instal lagi versi terbaru Google Play Store, dan masuk sekali lagi.

Jika tidak juga memecahkan masalah autentikasi ini, anda bisa melakukan langkah-langkah ini secara berurutan: hapus akun Google > reboot > hapus instalan pembaruan Google Play > Reboot > tambahkan akun, dsb.

 

4. Solusi Lain yang Mungkin Bisa Memecahkan Masalah

  1. Sinkronisasi: bisa jadi ini penyebab masalahnya. Solusinya, masuk ke Settings > Akun > Google, lalu sinkronkan semua akun Google anda. Setelah itu kembalilah ke Google Play Store dan cek apakah masalah autentikasi ini sudah hilang atau belum.
  2. Unduh Aplikasi dari Google Play Store versi Desktop: cara lainnya, anda bisa akses situs Google Play Store versi website. Buka browser anda, akses play.google.com, login ke situs tersebut menggunakan akun yang sama dengan yang terdaftar di ponsel Android anda. Setelah itu instal aplikasi langsung dari Google Play versi website, kemudian unduh dan instal aplikasi dari Google Play versi website itu.
  3. Hard Reset / Kembali ke Pengaturan Pabrik: ini memang jadi solusi terakhir yang bisa kita gunakan, namun juga yang paling ampuh. Jika semua cara diatas tidak bekerja juga, maka anda bisa gunakan cara ini. Dengan resiko, anda akan kehilangan data-data dan pengaturan ponsel anda. Jadi backup dulu data anda sebelum melakukan langkah ini.

Jadi, itulah solusi alternatif jika muncul pesan autentikasi akun Google Play Store di Android jika anda melihat pesan “diperlukan autentikasi anda perlu masuk ke akun google” di ponsel Android anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *