Shopee Id Penipu? Tidak, Asalkan…

Apakah Shopee ID Penipu? Dalam postingan ini kamu akan mendapatkan jawabannya, apakah benar Shopee Indonesia adalah penipu.

Gadgetail.com – Shopee Indonesia (Shopee Id) adalah salah satu situs ecommerce yang beroperasi di Indonesia. Sistemnya adalah marketplace sama seperti Bukalapak dan Tokopedia, jadi produknya bukan hanya berasal dari satu penjual saja, tapi dari banyak pedagang. Hanya saja, sedikit berbeda dengan Bukalapak dan Tokopedia, Shopee ID lebih berfokus untuk pembelian melalui aplikasi mobile.

Marketplace berarti mengumpulkan banyak penjual di satu tempat. Dengan  banyaknya penjual, tentu kita harus sadar bahwa ada lebih dari satu penjual yang berdagang dengan berbagai macam sifat, karakter dan watak disana. Selain itu, kita juga harus sadar bahwa dengan banyaknya penjual dan pembeli berkumpul di satu tempat yang bernama marketplace, berarti termasuk pula didalamnya penipu ikut berkumpul di lapak tersebut. Jika tidak hati-hati, bisa-bisa kita ikut menjadi korban penipuan.

Bahkan marketplace sekelas Bukalapak dan Tokopedia yang sudah banyak makan asam garam di industri ecommerce saja tidak lepas dari yang namanya penipuan. Ada saja pelanggan mereka yang jadi korban penipuan. Bukan hanya pembeli yang di tipu penjual, tapi penjual pun ada yang tertipu oleh pembeli.

Itu artinya, sekuat apapun keamanan suatu sistem, pasti ada celahnya. Sama seperti Bukalapak dan Tokopedia, tidak terkecuali Shopee ID yang bahkan baru saja masuk ke Indonesia pada Mei 2015 lalu.

Jadi, Apakah Shopee ID Penipu?

Jika ditanya seperti ini, maka tentu saja jawabannya tidak! Shopee ID sejatinya bukanlah toko online penipu, karena disana berlaku juga sistem Rekening Bersama. Namun seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa setiap sistem pasti punya celah, dan di Shopee ID itu tempat berkumpulnya penjual dan pembeli dari berbagai macam latar belakang, sifat, karakter dan watak. Jadi termasuk pula penipu ikut nimbrung didalamnya. Jadi penipuan di Shopee itu hanyalah ulah oknum-oknum tertentu, bukan dari oknum Shopee sendiri. Apes-apesnya, kita bisa saja bertransaksi kepada penipu. Hi… jangan sampe deh…

Untuk Shopee ID sendiri, ada beberapa testimoni yang disampaikan pelanggan mereka di media sosial dan blog, yang bisa kalian cari dan temukan di Google dan mengutarakan kekecewaannya kepada Shopee. Ini tentu membuat banyak orang merasa ilfeel berbelanja di Shopee. Namun perlu kita pertimbangkan juga bahwa tak sedikit pembelian atau transaksi yang sukses disana.

Hanya saja, kebiasaan orang Indonesia nih, baru bercuap saat mereka mengalami kekecewaan, tapi enggan bersuara saat mereka puas. Hanya orang-orang tertentu yang akrab berbelanja online dan kenal dengan istilah “testimoni” saja yang mau ‘berkicau’ jika puas saat bertransaksi di layanan tertentu. Misalnya, para member Kaskus. Jadi wajar kalau kalian lebih banyak menemukan testimoni negatif ketimbang testimoni positif terhadap Shopee.

“Huwwah… Gadgetail Pro Shopee ID Nih…”

Mungkin banyak orang yang bersuara demikian saat membaca postingan ini. Eits, tunggu dulu. Gadgetail tidak menyangkal kalau ada penipuan terjadi di Shopee Loh. Korban penipuan di Shopee tetap ada. Mungkin faktor usia kali ya… Seperti kita tau bahwa Shopee ID baru buka layanan di Indonesia pada Mei 2015 lalu. Dengan umur yang masih belia itu, wajar kalau sistemnya masih terdapat celah. Jadi tak heran juga kalau kasus penipuan lebih sering terjadi di Shopee ketimbang di marketplace lain.

Hanya saja, jika kalian waspada dan selalu ‘awas’ saat berbelanja online, kalian tak akan mungkin ditipu. Kebanyakan kasus penipuan terjadi karena keteledoran dan kurangnya kewaspadaan pembeli itu sendiri. Ingat kamus lama bang napi, bahwa “kejahatan terjadi bukan karena ada niat pelakunya, tetapi juga karena kesempatan (kelalaian pembeli). Waspadalah… waspadalah…

 

Kelalaian Pembeli Saat Bertransaksi Online

Jadi, kelalaian apa yang dimaksud? Ada banyak, dan ini sering digunakan penipu untuk menjebak calon korbannya. Namun utamanya bertransaksi tidak sesuai prosedur yang sudah ditentukan pihak Shopee ID jadi alasan utama pembeli sampai tertipu. Berikut ini beberapa kelalaian yang sering dilakukan oleh pembeli:

  1. Terbuai harga murah
    Maksudnya disini pembeli terbuai harga murah. Misalnya, Samsung Galaxy S8 yang harga normalnya Rp 11 juta, tapi di Shopee ID malah dijual dengan harga separuhnya. So, jangan terbuai dengan harga ‘membelai’ tersebut (malahan saat postingan ini diterbitkan, Samsung Galaxy S8 belum diluncurkan sama sekali).
  2. Membayar Langsung ke Rekening Penjual
    Jika penjual membujuk atau memaksamu untuk membayar secara langsung dengan mentransfer langsung ke rekening penjual, jangan mau! Pastikan kamu hanya bertransaksi di Shopee dan mentransfer uang ke rekening Shopee yang ditampilkan di website Shopee saat kamu selesai memesan barang.
    Penipuan Shopee
  3. SMS Berisi Kode Verifikasi
    Jika ada SMS masuk dari pihak Shopee berisi Kode Verifikasi, hati-hati. Bisa jadi itu karena ada orang yang ingin membobol akun Shopee kamu dengan cara mereset password akun Shopee milikmu, dengan mengklik tombol Lupa Password. Segera hapus SMS tersebut jika anda menerimanya, lalu login ke akun Shopee, dan ganti password & email akun Shopee-mu.
    Penipuan Shopee
  4. Hati-hati Penelpon yang Mengaku dari Pihak Shopee
    Jika kamu baru saja memesan barang di Shopee, lalu tiba-tiba ada nomor telepon tidak dikenal menghubungimu yang mengaku-ngaku bahwa ia dari pihak Shopee ID. Maka jangan ditanggapi dan abaikan saja telepon itu.
  5. Jangan Berikan Kode Verifikasi Kepada Siapapun
    Masih berhubungan dengan poin tiga dan empat diatas, yaitu ada orang menelepon kamu dan mengaku dari pihak Shopee, biasanya orang yang mengaku dari pihak Shopee ini akan meminta Kode Verifikasi yang sebelumnya dikirimkan melalui SMS. Jangan berikan kode tersebut kepada siapapun bahkan kepada karyawan atau orang yang mengaku dari pihak Shopee sekalipun.
    Penipuan Shopee
  6. Periksa URL & Aplikasi Resmi Shopee
    Pastikan kamu hanya membeli barang melalui aplikasi resmi Shopee yang tersedia untuk Android dan iOS, atau melalui website resmi Shopee. Karena sering kali terjadi kasus Phising, dimana penipu membuat aplikasi dan website yang mirip dengan aplikasi dan website resmi Shopee, namun sebenarnya hanya meniru. Website Shopee hanya beralamat di https://shopee.co.id, dan aplikasinya di Google Play dan App Store dibuat oleh developer “Shopee” atau “SHOPEE SINGAPORE PRIVATE LIMITED“.

Jadi itulah keteledoran yang sering dilakukan oleh pembeli. Dua yang harus di ingat setelah anda memesan barang di Shopee adalah, hanya transfer uang ke rekening Shopee, dan jangan berikan kode verifikasi apapun kepada orang lain termasuk karyawan Shopee.

Tips Berbelanja di Shopee ID

 

Sebelum kalian berbelanja, pastikan kalian melakukan checklist terhadap beberapa hal dibawah ini. Jangan sampai kalian kecewa belakangan.

  1. Utamakan membeli barang di Toko Terpilih Shopee ID
  2. Perhatikan Ulasan Positif yang diterima toko atau penjual.
  3. Lihat Penilaian toko atau penjual. Semakin tinggi penilaiannya, maka semakin bagus. Angka tertinggi penilaian di Shopee ID adalah 5.
  4. Perhatikan pula Persentase Dibalas dari toko atau penjual. Semakin tinggi persennya, semakin rajin penjual membalas pesan.
  5. Selain itu perhatikan juga Waktu Dibalas. Jika cepat membalas pesan (tidak sampai berhari-hari apalagi berminggu-minggu), berarti respon penjual memang bagus.
  6. Utamakan membeli barang di toko yang memiliki banyak jumlah Produk. Penipu tentu malas untuk memposting ratusan hingga ribuan produk hanya untuk menipu.
  7. Perhatikan pula jumlah pengikutnya. Semakin banyak yang Mengikuti, berarti toko itu memang sudah dijadikan langganan banyak pembeli.
  8. Hanya berbelanja di toko yang masih Aktif. Lihat kapan terakhir kali penjual itu aktif, kalau lama tidak aktif ya jangan beli di toko itu.
  9. Ajak Chat penjual sebelum membeli. Shopee menyediakan fitur chatting yang memungkinkan pembeli berkomunikasi kepada pihak penjual. Jika respon penjual cepat dalam menanggapi, berarti jadi poin tambah untuk mendongkrak pertimbangan anda membeli di toko itu.
  10. Usahakan untuk tidak berbelanja menggunakan kartu kredit di Shopee ID.

Itulah beberapa penjelasan apakah Shopee ID penipu atau bukan termasuk tips agar terhindar dari kasus penipuan dan tips membeli di Shopee ID.

12 Comments
  1. daveriana
  2. Ayu
  3. Vincent
  4. Heriyanto
  5. Arifai
  6. Yosep
  7. obed
  8. oiztaj
  9. buyaholija
  10. fyan
  11. Adrian Saputra
  12. Adrian Saputra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *