Download dan Jajal Opera Neon, Browser Baru yang Menghadirkan Pengalaman Berbeda Berselancar di Internet

Chrome? Firefox? Safari?? Sudah biasa, karena semua antarmukanya ‘sebelas dua belas’. Namun Opera Neon merupakan browser baru yang benar-benar berbeda.

Kolom Gadget – Browser apa yang kamu pakai pas internetan seperti sekarang ini? Chrome? Atau mungkin Firefox? Jika kamu menggunakan Opera, kamu mungkin tertarik dengan browser baru racikan Opera. Browser ini disebut Opera Neon, dan merupakan browser baru yang benar-benar membawa banyak hal baru dalam berselancar di dunia maya.

Saya bilang seperti itu, karena browser ini memang benar-benar berbeda dengan browser lain yang ada di luar sana. Firefox dan Chrome, bisa saya bilang antarmukanya ‘sebelas dua belas’. Begitu pula dengan Microsoft Edge. Safari di MacOS juga begitu. Tapi Opera Neon mempersembahkan antarmuka yang benar-benar berbeda.

Antarmuka

Antarmuka Opera Neon

Antarmuka browser ini terdiri dari tiga bagian, bagian paling kanan dan kiri saya sebut dengan sidebar. Sidebar kiri berisi menu dan fitur-fitur utama Opera Neon (biasanya ditempatkan di bagian paling atas di browser manapun). Sementara sidebar kiri menampilkan tab dari seluruh situs yang kita kunjungi. Di bagian tengah menampilkan laman website yang kita kunjungi, juga situs-situs yang kita tandai atau bookmark. Browser ini juga menampilkan animasi yang berjalan smooth.

Mode Split-screen

Split Screen Opera NeonMenariknya, kita bisa bekerja di dua tab berbeda di saat yang bersamaan. Kalau kamu mengenal istilah multi-window atau split-screen (fitur multitasking) di Android atau Windows, yang memungkinkan kita membuka dua aplikasi berbeda secara bersamaan dan ditampilkan di satu layar yang sama, dengan membelah/memisah satu layar menjadi dua bagian, maka fitur ini ada di Opera Neon. Di Opera Neon, fitur ini disebut “Split screen Mode” yang memungkinkan kita bisa membuka dua website di saat yang sama dan ditampilkan di layar bersamaan.

Video pop-out and player & Snap to Gallery

Video pop-out and player & Snap to Gallery Opera NeonFitur lainnya adalah “Video pop-out and player”, memungkinkan kita tetap memutar video yang kita tonton di situs video seperti Youtube, dengan menampilkannya sebagai jendela kecil di sisi kiri. Video akan tetap diputar selama kita bekerja di situs lain. Fitur lainnya memungkinkan kita mengambil gambar screenshot dari situs yang kita kunjungi, disebut dengan ” Snap-to-gallery”.

Cara menggunakan Snap-to-Gallery:

Kekurangan

Kekurangan Opera NeonNamun ada satu kekurangan Opera Neon, dengan sidebar yang diposisikan di kanan dan kiri sebagai menu, fitur dan tab, laman website yang kita kunjungi jadi lebih sempit. Ini merusak antarmuka website Kolom Gadget, juga merusak format iklan yang biasa digunakan di website-website di internet. Saat membuka Facebook, masih cukup nyaman digunakan jika hanya membuka satu window. Namun jadi tidak nyaman saat dibuka menggunakan dua window (mode split screen).

Secara keseluruhan Opera Neon merupakan browser yang menarik, lantaran membawa cara baru saat kita berelancar di dunia maya. Untuk kamu yang penasaran dengan Opera Neon, kamu bisa menjajalnya dengan mengunduh browser Opera Neon di situs Opera. Oh ya, browser ini sekarang baru tersedia hanya untuk Windows.

One Response
  1. Kang T.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *