Pokemon Go Terjerat Sensor China yang Ketat

Niantic tidak bisa merilis Pokemon Go di China karena sensor atau kontrol keamana negara itu yang sangat ketat.

Kolom Gadget – Kita sudah tidak heran dengan China saat negara ini banyak memblokir layanan internet, mulai dari Google, Twitter hingga Facebook. Alasannya sederhana dan memang selalu jadi alasan yang juga menjerat perusahaan lain. Ya, sensor negara itu sangat ketat. China dikenal sebagai negara yang memberlakukan pengawasan yang sangat ketat terhadap perusahaan teknologi sebagai tindak awas akan spionase yang dilakukan negara lain.

Terbaru, Pokemon Go yang merupakan permainan sangat populer diseluruh dunia dan diluncurkan tahun lalu juga terjerat masalah serupa. Permainan ini tidak mendapatkan lisensi dari pemerintah China sehingga Niantic maupun Nintendo tidak bisa merilis Pokemon Go di negara itu. Ini membuat Niantic tidak bisa mendapatkan keuntungan dari pasar China yang tergolong sangat besar.

Larangan pemerintah China terhadap Pokemon Go tak lain karena permainan ini menggunakan GPS dan kamera, yang dianggap sebagai masalah keamanan serius bagi pemerintah, terutama karena “mengancam keamanan pribadi konsumen”. Ini membuat Pokemon Go tidak bisa dirilis di China.

Alasan lain yang jadi pertimbangan pemblokiran terhadap Pokemon Go adalah masalah “keamanan informasi geografis” yang membuat permainan ini tidak mendapatkan lisensi dari pemerintah China. Bukan hanya Pokemon Go racikan Niantic saja, permainan serupa yang bekerja dengan cara yang sama seperti Pokemon Go juga tidak akan mendapatkan izin dari pemerintah China, meski permainan tersebut dikembangkan di negara itu sendiri.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *