Ini Hasil Penyelidikan Apple dan Consumer Reports Soal Baterai MacBook Pro yang Bermasalah

Sempat bermasalah pada pengujian ketahanan baterai yang dilakukan Consumer Reports, Apple dan Consumer Reports akhirnya menemukan mengapa hasil pengujian bisa berbeda.

Kolom Gadget – Beberapa waktu yang lalu Apple sempat dibuat terkejut dengan hasil pengujian Consumer Reports yang menemukan bahwa baterai MacBook Pro terbaru bermasalah. Ini membuat masa pakai baterai MacBook Pro tidak konsisten. Pemakaian pertama bertahan hingga 19,5 jam, sementara penggunaan kedua menurun drastis hingga hanya beberapa jam saja. Consumer Reports pun tidak menempatkan komputer ini sebagai salah satu produk rekomendasi.

Apple yang mendengar hal ini segera menghubungi Consumer Reports untuk melakukan penyelidikan apa yang sebenarnya menjadi perbedaan cara menguji yang dilakukan oleh kedua belah pihak, dan menyebabkan inkonsistensi pengujian yang dilakukan Consumer Reports. Ternyata, setelah Apple dan Consumer Reports bekerjasama, ditemukanlah dua hal yang menyebabkan kenapa baterai MacBook Pro terbaru bermasalah.

Penyebab pertama adalah cache. Consumer Reports menjalankan tes penggunaan baterai dengan mengakses beberapa website yang sudah disimpan secara lokal di browser default, Safari. Lalu mengatur kecerahana ke 100 nit dan membiarkan baterai sampai habis selama menjalankan siklus membuka website. Selain itu, Comsumer Reports juga mematikan cache pada browser.

Inilah yang menurut Apple jadi masalah. Mematikan cache bukanlah perilaku yang biasanya dilakukan oleh pengguna Safari. Apple saat menjalankan pengujian juga tidak mematikan fitur caching website di browser mereka.

Penyebab kedua adalah, dengan Consumer Reports menonaktifkan cache, rupanya hal ini memicu bug yang tersembunyi di browser Safari. Bug ini ada di ikon reload di browser tersebut, namun sudah ditambal tak lama setelah bug tersebut ditemukan. Versi perbaikan dari Safari akan segera dirilis.

Setelah menemukan penyebab masalah diatas, Consumer Reports dan Apple melakukan pengujian ulang dengan mengaktifkan cache dan menggunakan browser yang sudah diperbaiki, dan menemukan daya tahan baterai MacBook Pro yang relatif sama dengan yang sudah di klaim oleh Apple. Hasil dari pengujian ini akan segera diterbitkan.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *