Viki Bakal Jadi Asisten AI Nokia

Nokia mengajukan merek dagang untuk teknologi asisten digital Artificial Ingelligence ke Uni Eropa. Teknologi asisten digital ini mungkin akan hadir di smartphone Nokia.

Kolom Gadget – Kita sudah mendengar rencana Samsung menghadirkan Bixby, asisten digital berkemampuan AI yang bakal jadi asisten digital di smartphone mereka. Sementara banyak perusahaan dan pengembang lain membuat asisten digitalnya sendiri, Nokia tak ingin ketinggalan dalam persaingan di ranah ini. Karena perusahaan asal Finlandia ini telah mendaftarkan merek dagang “Viki”.

Bukan, yang mendaftarkan ini bukan HMD Global, melainkan Nokia Solutions. Perusahaan mengajukan merek dagang ini ke Uni Eropa. Deskripsi pada merek dagang tersebut memang mengarah pada asisten digital berkemampuan AI.

Perangkat lunak untuk pembuatan dan pemantauan asisten digital mobile dan web bekerja dengan pengetahuan dan menggabungkan semua sumber data ke satu antarmuka obrolan dan berbasis suara.

Pertanyaannya, apakah Viki sudah ada di ponsel baru Nokia 6 yang baru diumumkan beberapa hari lalu? Atau tidak ada di Nokia 6 namun akan tiba melalui pembaruan perangkat lunak? Atau apakah Viki juga akan tersedia di  Launcher untuk ponsel non-Nokia lainnya? Entahlah, masih misteri sejauh ini.

Sudah banyak asisten digital saat ini, seperti Google dengan Google Asistennya, Apple dengan Siri, Microsoft dengan Cortana, dan tentu saja Samsung dengan Bixby.

Nokia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *