Penyembunyi Aplikasi Terbaik untuk Menyembunyikan Apps

Penyembunyi aplikasi bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi, Apps pengunci untuk mengunci aplikasi, dan launcher yang juga memiliki fitur serupa.

Kolom Gadget – Buat kamu yang sedang mencari Apps penyembunyi aplikasi, tentu merasa perlu menyembunyikan aplikasi tertentu agar tidak bisa dibuka dan di lihat oleh orang lain. Ada sejumlah alasan yang mendasari mengapa kamu ingin menyembunyikan aplikasi yang terinstal di ponselmu. Alasan yang paling umum biasanya agar orang lain tidak ada yang menggunakan ponselmu untuk bermain game, karena akan menguras baterai.

Alasan lainnya, mungkin kamu merasa perlu menyembunyikan aplikasi yang terpasang secara pre-instal di ponselmu. Seperti kita ketahui ada banyak aplikasi bloatware di ponsel Android yang di instal oleh vendor atau pabrikan, namun tidak berguna buat kita sehingga tidak pernah kita gunakan. Sayangnya, aplikasi pre-instal tidak bisa dihapus. Menyembunyikannya adalah salah satu cara agar aplikasi tersebut tidak merusak pemandangan.

Apapun alasanmu menyembunyikan aplikasi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menyembunyikan atau bahkan mengunci aplikasi. Dibawah ini akan saya tunjukkan Apps penyembunyi aplikasi yang mungkin bisa berguna untukmu.

Gunakan Launcher untuk Menyembunyikan Aplikasi

Di antarmuka atau UI asli ponselmu, mungkin tidak menemukan adanya opsi untuk menyembunyikan aplikasi. Namun selalu ada alternatif yang bisa kamu gunakan dan tersedia di Google Play Store atau App Store. Di Android contohnya, terdapat launcher yang memiliki fitur ini, seperti misalnya launcher Nova.

Dengan Nova Launcher, kamu bisa menyembunyikan aplikasi dengan menyembunyikannya dari App Drawer. Namun bukan hanya Nova Luncher saja, penyembunyi aplikasi merupakan fitur yang sudah umum ada di banyak aplikasi launcher. Kamu bisa gunakan Google Search bar untuk mencari dan membuka aplikasi, tapi orang lain tidak akan bisa menemukannya di App Drawer ponselmu.

Dalam hal ini saya menggunakan Nova Launcher untuk menyembunyikan aplikasi menggunakan fiturnya, berikut tutoralnya:

  1. Bukan Nova Launcher lalu tekan atau ketuk dan tahan homescreen, Pilih Settings
  2. Pilih App & widget drawers
  3. Gulir ke bawah untuk menemukan Hide Apps
  4. Pilih seluruh aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dari App Drawer

 

Mengunci Aplikasi Menggunakan Apps Pihak Ketiga

Menggunakan launcher merupakan cara termudah menyembunyikan aplikasi. Jika kamu masih khawatir jika orang lain masih bisa menemukan dan menggunakan aplikasi yang sudah kamu sembunyikan, ada cara lain untuk menambahkankan lapisan keamanan tambahan.

Caranya adalah dengan menginstal apps penyembunyi aplikasi atau sering juga disebut dengan apps locker. Dengan begini kita bisa membuat PIN, password, atau pola keamanan untuk mengunci aplikasi apapun yang kamu mau, sehingga tiap kali ada yang ingin membuka aplikasi, akan diminta PIN, password atau pola keamanan. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi.

AppLock 2

AppLock 2AppLock 2 adalah aplikasi sederhana yang memungkinkan kita membuat kunci pola, PIN, atau sandi pada setiap aplikasi yang terinstal di ponsel.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur canggih seperti break-in alert, kemampuan untuk mengunci pengaturan sistem, dan kemampuan untuk mengunci Play Store agar orang lain tidak bisa seenaknya mendownload dan menginstal aplikasi dari Play Store.

App Locker

App LockerApps pengunci aplikasi lainnya adalah App Locker. Bisa dibilang aplikasi ini adalah versi yang lebih ‘ramping’ dari AppLock 2. Kita bisa membuat kunci pola untuk setiap aplikasi yang ada pada ponsel. Namun tidak seperti AppLock 2, App Locker tidak punya banyak fitur canggih.

Meski begitu, karena hal itu pula aplikasi ini sangat cepat dan ringan, dan desainnya sangat bersih dan rapi.

 

Penyembunyi Aplikasi di Pengaturan Smartphone

Mungkin kamu tidak tau, tapi di ponsel Android sebenarnya terdapat alat yang bisa kita gunakan untuk menyembunyikan aplikasi. Caranya adalah dengan menonaktifkan aplikasi di Pengaturan ponsel. Cara ini cocok kamu gunakan jika di ponselmu terdapat banyak aplikasi pre-instal yang mengganggu di ponselmu namun tidak bisa dihapus.

Seperti yang mungkin kamu ketahui, di ponsel Android lawas, pada dasarnya kita tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyingkirkan aplikasi bloatware, kecuali dengan jalan me-root-nya. Sekarang, berkat Google, perusahaan pemilik sistem operasi Android ini telah menyediakan opsi untu menonaktifkan aplikasi.

Cara ini memang masih belum bisa menghapus aplikasi, tapi kamu bisa menonaktifkannya. Caranya:

  1. Buka Pengaturan
  2. Cari dan temukan Apps atau Aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang ingin di nonaktifkan dari daftar aplikasi
  4. Jika aplikasi tersebut memang memungkinkan untuk dinonaktifkan, kamu akan melihat tombol Nonaktifkan
  5. Tekan tombol tersebut dan tadaa… aplikasi tidak lagi terlihat di ponselmu.

Penyembunyi Aplikasi di Pengaturan Smartphone

Itulah beberapa cara menyembunyikan aplikasi, mengunci aplikasi, dan berbagai memanfaatkan fitur penyembunyi aplikasi dengan menonaktifkan aplikasi di smartphone yang merupakan fitur bawaan sistem operasi Android.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *