Cara Daftar Paypal & Membuat Akun Paypal Baru Tanpa Kartu Kredit

Bagaimana cara daftar PayPal? Disini kamu akan dipandu bagaimana cara membuat akun PayPal baru tanpa kartu kredit, melainkan hanya kartu debit dan VCC.

Kolom Gadget – PayPal, bagi sebagian orang mungkin adalah istilah yang sangat asing. Namun bagi saya yang berbisnis internet marketing PayPal tentu merupakan layanan yang cukup sering saya gunakan, terutama untuk berbelanja di luar negeri. Bukan berarti saya sering ke luar negeri, hanya saja dengan PayPal kita bisa membeli jasa atau barang yang tersedia di luar negeri secara online, seperti hosting dan domain.

PayPal sendiri adalah sebuah perusahaan untuk membayar dan menerima pembayaran. Bisa dibilang PayPal adalah pasangan wajib bagi kartu kredit jika kita ingin bertransaksi secara aman. Dengan PayPal, informasi kartu kredit kita aman dan tidak perlu khawatir diketahui oleh orang lain. PayPal bisa di ibaratkan sama seperti topeng bagi kartu kredit kita. Namun untuk bisa memiliki akun PayPal, kita tetap membutuhkan kartu kredit untuk memverifikasi.

Pun begitu, bukan berarti kartu kredit adalah syarat mutlak agar bisa memiliki PayPal. Kita tetap bisa membuat akun PayPal tanpa kartu kredit, namun dengan menggunakan kartu kredit transaksi menggunakan PayPal menjadi lebih mudah. Disini saya akan memandumu bagaimana cara daftar PayPal tanpa kartu kredit.

 

Daftar dan Membuat PayPal Baru

Cara daftar PayPal baru sebenarnya sangat mudah dan sederhana, semudah kita membuat akun Facebook. Berikut ini tutorialnya:

  1. Untuk daftar PayPal, pertama buka situs www.paypal.com, langsung klik Daftar.
  2. Pilih Membeli dengan menggunakan PayPal dengan mengklik tombol Memulai.
  3. Laman baru akan memintamu mengisi beberapa formulir seperti negara, email, dan sandi. Isi isian tersebut, lalu klik Lanjutkan.
  4. Isian yang harus kamu isi bukan itu saja. Setelah mengklik tombol Lanjutkan, kamu masih harus mengisi isian lainnya termasuk nama depan, nama belakang, tanggal lahir, warga negara, ID nasional, dan sebagainya. Perlu dicatat, isian ini harus kamu isi sesuai dengan identitas yang terdapat pada kartu KTP milikmu. Untuk isian ID Nasional, isi dengan nomor NIK atau nomor KTP. Untuk Apt/Suite adalah informasi apartemen atau kamar, kalau kamu tinggal di apartemen. Jika tidak tinggal di apartemen, kosongkan saja. Jangan lupa beri tanda centang pada “dengan mengklik tombol di bawah ini, berarti bl… bla… bla…”. Lalu klik tombol Setuju dan Buat Rekening.
  5. Setelah itu kamu akan dimintai informasi kartu kredit. Jika kamu punya kartu kredit, langsung saja di isi pada form ini dan klik Tautkan Kartu. Namun jika kamu tidak memiliki kartu kredit, klik saja link Saya akan melakukannya nanti. Akan muncul pertanyaan “Anda yakin?”, klik Saya masih ingin melakukannya nanti.

Tutorial bergambar klik galeri dibawah:

Sampai disini selesai, akan muncul Anda telah siap! Dibawah laman tersebut terdapat link Buka rekening Anda.

 

Verifikasi Alamat Email PayPal

Berikutnya kita harus memverifikasi bahwa alamat email yang kita daftarkan tadi adalah benar email kita. Jadi kita harus memverifikasinya. Berikut caranya:

  1. Sekarang, kita harus memverifikasi alamat email kita. Klik link Konfirmasi Alamat Email. Lalu klik tombol Kirim Email.
  2. PayPal akan mengirimkan email kepadamu. Buka emailmu dan lihat apakah ada email dalam inbox. Jika ada, buka email tersebut dan klik tombol atau link/tautan didalamnya untuk memverifikasi alamat emailmu.

Tutorial bergambar klik galeri dibawah:

Akun PayPal Tanpa Kartu Kredit

Selanjutnya adalah memasukkan informasi kartu kredit kita ke PayPal dan menghubungkan akun PayPal dengan kartu kredit. Masalahnya adalah tidak semua orang Indonesia memiliki kartu kredit. Ada banyak alasannya, namun khusus untuk orang Indonesia, alasan terbesarnya adalah karena kartu kredit adalah riba, selain itu membuatnya pun tidak mudah karena ada syarat yang cukup sulit untuk dipenuhi. Jika kalian tidak memiliki kartu kredit, maka kita bisa gunakan VCC (Virtual Credit Card)  yang banyak dijual secara online. Saya tidak akan sebut penjual VCC disini, karena kalian bisa mencarinya di Google dengan mengetikkan kata kunci “Jual VCC”.

Untuk panduan mengisi VCC, tiap-tiap penjual VCC biasanya akan memandu langsung cara menginput VCC ini ke PayPal milikmu.

 

Masalah Limit PayPal Karena Menggunakan VCC

Jadi, menggunakan VCC adalah tindakan ilegal karena cara ini bukan cara memverifikasi PayPal yang direkomendasikan oleh PayPal. Pihak PayPal secara tegas mewajibkan seluruh pengguna di Indonesia agar menggunakan kartu kredit untuk mendaftar PayPal. Kecuali di beberapa negara seperti Amerika Serikat yang bisa memverifikasi dengan memasukkan data kartu debit biasa.

Jika ketahuan, maka akun PayPal milikmu akan langsung di limit sampai kamu memasukkan data kartu kredit yang sah. Namun jika kamu tidak memiliki kartu kredit, kamu tidak perlu membuatnya. Justru disinilah kesempatanmu untuk meminta tolong kepada pihak PayPal agar kamu bisa memverifikasi PayPal menggunakan kartu debit.

Jadi dari pengalaman saya, saya pernah menggunakan PayPal dengan VCC, namun terkena limit karena penggunaan VCC diketahui oleh pihak PayPal. Namun melalui email, saya berkomunikasi kepada PayPal bagaimana caranya agar saya tetap bisa menggunakan PayPal tanpa perlu menggunakan kartu kredit. PayPal cukup ramah dalam hal ini, saya dimintai informasi berupa scan KTP dan buku tabungan, beserta nomor kartu debit saya. Setelah itu, limit PayPal saya di lepas dan akun PayPal telah terverifikasi. Saya bisa bertransaksi menggunakan akun PayPal saya seperti biasa.

Jika kamu bisa bahasa Inggris, sebaiknya langsung menghubungi mereka melalui sambungan telepon. Jika tidak mengerti, biasanya ada CS PayPal yang bisa berbahasa Indonesia, atau setidaknya berbahasa Melayu (Malaysia).

Jadi, itulah cara daftar PayPal tanpa kartu kredit dan semoga postingan ini bisa membantumu dalam berbelanja online di luar negeri tanpa perlu kartu kredit.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *