Cara Menginstal HP Samsung Android, Flash / Instal Ulang Tanpa PC

Dipandu cara menginstal HP Samsung Android secara jelas. Disini kamu bisa instal ulang atau flash HP Android tanpa perlu PC.

Kolom Gadget – Bagaimana cara menginstal HP Samsung Android tanpa perlu menggunakan PC? Banyak orang terpaksa harus menginstal ulang HP Android-nya, termasuk pengguna ponsel Android yang lain. Sayangnya banyak orang bingung bagaimana cara flash Android tanpa PC, karena harus diakui di dunia ini lebih banyak orang yang tidak memiliki PC dari pada yang memilikinya.

Namun kamu jangan khawatir, teknologi sekarang ini memungkinkan kita melakukan flash ulang HP Android tanpa perlu menghubungkan ponsel ke PC. Selama kamu memiliki ponsel Android, dan sudah mengunduh ROM yang sesuai dengan ponselmu, maka kamu bisa melakukan instal ulang HP Android, termasuk HP Samsung.

Lantas, apa saja yang harus kita persiapkan dan harus kita lakukan untuk menginstal HP Samsung? Ini bukan hanya berlaku untuk ponsel Samsung saja, tetapi semua HP Android. Untuk flash Android, sebelum flash ulang pastikan kamuu sudah mempersiapkan bahan-bahan yang ada di bawah ini.

 

Persiapan Sebelum Instal Ulang HP Samsung dan Android Lainnya

Untuk menginstal ulang HP Samsung dan bahkan ponsel Android lainnya, kamu harus memiliki beberapa bahan dibawah ini:

Persiapan Sebelum Instal Ulang HP Samsung dan Android Lainnya

 

  1. ROM Android. Tergantung tipe ponselmu, kamu harus memiliki ROM  yang sesuai dengan merek dan tipe ponsel yang kamu gunakan. ROM yang sesuai dengan ponselmu bisa kamu dapatkan di internet. Gunakan mesin pencari seperti Google untuk mendapatkannya. Dalam hal ini saya menggunakan HP Samsung Galaxy S6. Jika kamu menggunakan smartphone Android merek yang sama dengan saya, maka kamu bisa mendapatkan ROM terbaru yang sesuai dengan ponselmu di situs Sammobile.com.
  2. MicroSD. MicroSD ini nantinya digunakan untuk menyimpan file ROM yang akan kita instal ke HP Samsung dan ponsel Android kita. Pastikan kamu memiliki microSD dengan kapasitas yang cukup (8GB atau 16GB). Untungnya, microSD sekarang ini kapasitasnya cukup besar untuk menyimpan ROM Android yang ukurannya biasanya tidak lebih dari 2GB. Kamu hanya perlu memastikan microSD milikmu memiliki ruang kosong sebesar kurang lebih 5GB.
  3. Baterai yang cukup. Karena kita akan menginstal ulang HP Samsung, pastikan kamu sudah men-charger ponselmu. Mengisi baterai hingga penuh lebih baik. Kamu tentu tidak mau kan kalau di tengah-tengah proses instalasi ROM tiba-tiba ponselmu mati?

 

Cara Flash HP Samsung Android

Cara Flash HP Samsung Android 4Jika semua persiapan diatas sudah dipenuhi semuanya, sekarang saatnya kita menginstal ulang HP Samsung.

  1. Download ROM HP-mu, karena saya menggunakan HP Samsung Galaxy S6, saya bisa menemukan ROM yang cocok dengan ponsel saya di situs SamMobile. Buka SamMobile.com dan klik menu Firmware. Lalu ketikkan “nomor model” HP Samsung-mu. Nomor model bisa ditemukan di kotak kemasan HP-mu, atau di balik baterai. Jika baterai ponselmu non-removable, kamu juga bisa temukan di menu Informasi Perangkat di menu Pengaturan ponselmu. Misalnya, nomor model HP Samsung Galaxy S6 adalah “SM- G920F”.
  2. Setelah selesai mengunduh ROM, simpan file ROM HP Samsung tersebut ke microSD.
  3. Matikan ponselmu.
  4. Dalam kondisi ponsel yang mati, tekan dan tahan tombol “volume up + home + power/daya” secara bersamaan beberapa detik. Ini akan membawa ponselmu masuk ke Recovery Mode. (Tergantung model ponselnya, untuk masuk ke recovery biasanya tombolnya berbeda-beda. Cari saja di Google dengan kata kunci “cara masuk ke recovery mode HP [merek] [tipe ponsel]”. Misal: “cara masuk ke recovery mode HP Samsung Galaxy S6”
  5. Layar ponselmu akan menyala dan menampilkan merek & tipe Samsung-mu seperti akan menyala seperti biasa. Namun ponsel tidak akan menyala dan masuk ke OS (sistem operasi), melainkan masuk ke Recovery Mode dengan logo robot hijau (logo Android). Beberapa detik kemudian, akan muncul beberapa menu teks seperti di gambar. Menu teks ini bisa digerakkan dengan menekan tombol daya/power untuk menavigasi, detailnya:
    Tombol volume up: pindah kursor keatas
    Tombol volume down: pindah kursor kebawah
    Tombol Power/Daya: Pilih atau OK
  6. Nah, pada menu yang muncul pilih Wipe data/factory reset. Lalu pilih Yes – delete all user data. Langkah ini akan menghapus seluruh file/data dan aplikasi di memori internal ponselmu (termasuk kontak, pesan, percakapan, dsb), namun tidak menghapus data di microSD. Jadi sebelum instal ulang ponselmu, baiknya di cadangkan (backup) terlebih dahulu data-data ponselmu.
  7. Setelah proses selesai, kembali ke menu utama tadi, kali ini pilih Wipe cache partition. Langkah ini akan menghapus cache yang tersimpan di memori cache ponsel-mu.
  8. Setelah proses hapus cache selesai, di menu utama pilih Apply update from external storage. Cari folder/direktori dimana tadi kamu menyimpan ROM HP Samsung-mu. Lalu pilih ROM tersebut.
  9. Dengan memilih ROM tersebut, proses instal ulang akan berjalan. Jika sudah selesai, ponsel biasanya akan me-reboot otomatis. Namun jika tidak reboot otomatis, pilih reboot system now.
  10. Ponselmu akan menyala lagi seperti biasa dan masuk ke sistem operasi (OS).

Tutorial bergambar cara masuk ke Recovery Mode lihat galery:

Catatan:

  • Langkah ini juga bisa dilakukan untuk update / memperbarui perangkat lunak atau sistem operasi ponselmu ke versi terbaru. Misalnya, dari Android 6.0 ke Android 7.0 (jika ROM Android ke versi terbaru memang tersedia).
  • Cara ini hanya bisa digunakan jika kamu ingin menginstal ulang atau flashing ROM ponselmu dengan ROM asli Samsung. Jika kamu ingin menginstal ROM kustom, caranya lebih ribet karena kamu harus me-root ponselmu dulu. Kamu juga harus menginstal aplikasi recovery.

 

Sampai disini proses flash HP Samsung sudah selesai. Caranya, meski tutorial ini terlihat panjang, sebenarnya tidak terlalu ribet. Kamu hanya perlu mengikuti step-by-step-nya saja. Jadi, itulah cara menginstal HP Samsung Android tanpa perlu menggunakan PC.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *