Cara Merestart HP Samsung, Restart Mudah dengan Satu Tombol

Bagaimana cara merestart HP Samsung kita? Restart bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan menekan satu tombol saja.

Kolom Gadget – Hal yang paling ngeselin saat kita menggunakan aplikasi atau bermain game adalah saat HP Samsung kita mengalami freeze. Seperti artinya dalam bahasa Inggris yaitu “membeku”, ponsel kita akan membeku. Maksudnya bukan benar-benar membeku seperti es, hanya saja kita tidak bisa menggunakan atau mengoperasikan ponsel kita. Menekan tombol daya tidak bisa, tekan tombol back (kembali) dan opsi tidak berfungsi. Tombol volume apa lagi. Bahkan layar sentuh HP Samsung kita pun ‘mencueki’ kita.

Nah, saat-saat seperti ini, biasanya yang kita lakukan untuk mengatasi masalah hanya satu, yaitu mencabut baterai. Dengan mencabut baterai, ponsel kita akan mati dan kita bisa menyalakan ulang ponsel kita dengan menekan tombol daya/power. Ponsel pun bisa dipastikan akan kembali normal seperti biasa. Namun, solusi ini hanya  berlaku jika HP Samsung kamu masih menggunakan baterai yang bisa dilepas. Lantas bagaimana mereka yang menggunakan ponsel Samsung dengan baterai non-removable atau tidak bisa dilepas?

Ada satu cara yang bisa kita gunakan, yaitu merestart HP Samsung kita. Nah, sebelum masuk ke cara restart ponsel, mungkin ada dari kalian yang bingung dengan istilah restart dan reset.

 

Perbedaan Restart dan Reset

Banyak orang Indonesia saat ini salah paham dengan mengira kedua istilah ini memiliki arti dan maksud yang sama. Namun sebenarnya istilah restart dan reset berbeda. Jadi kita jelaskan dulu apa itu restart & reset dan apa perbedaan antara kedunya.

Restart adalah menyalakan ulang ponsel kita. Dari bahasanya saja seharusnya memang seperti itu. Start berarti “memulai”, dan re berarti “mengulangi”. Jadi restart sama saja dengan memulai ulang. ini seperti mematikan dan menyalakan ulang kembali ponsel kita, namun restart umumnya dilakukan dengan menekan satu tombol. Biasanya dengan menekan dan menahan tombol tertentu, maka ponsel seketika akan langsung mati dan menyala lagi.

Reset adalah mengatur ulang perangkat. Sama seperti biasanya saat kamu mendaftar di layanan internet (misal: Facebook, Gmail, dsb) dan lupa password, biasanya akan ada opsi untuk me-reset password, atau dengan kata lain mengatur ulang password-mu dengan password yang baru. Jadi reset adalah istilah yang lebih tepat digunakan jika kamu ingin mengatur ulang perangkatmu (mengembalikan ke pengaturan ke awal).

Dalam perangkat elektronik seperti smartphone dan tablet, reset terbagi menjadi dua yaitu hard reset dan soft reset (soft reset sering juga disebut factory reset). Penjelasan lengkap reset dan cara melakukannya pada HP Samsung bisa kamu baca disini.

Jadi, kembali ke topik kita sebelumnya, bagaimana cara merestart HP Samsung kita? sebenarnya ini merupakan cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Karena seperti diterangkan diatas, kamu hanya perlu memencet satu tombol.

 

Cara Restart HP Samsung Semua Tipe

Untuk merestart HP Samsung, hanya satu yang perlu kamu lakukan. Yaitu tekan dan tahan tombol daya (power) pada ponsel Samsung selama 10 detik dan jangan di lepas. Setelah kamu melakukan ini, biasanya ponsel Samsung akan langsung mati seketika dan layar ponselmu langsung gelap. Itu karena ponsel langsung mati tanpa melalui proses shutting down terlebih dahulu. Beberapa detik setelah mati, ponsel akan menyala lagi dengan sendirinya tanpa kamu perlu menekan tombol apapun.

Restart ponsel sebenarnya bisa juga dilakukan dengan menekan dan tahan tombol daya selama tiga detik, yang akan memunculkan beberapa opsi pada HP Samsung yaitu Daya Mati (Power Off), Mode Terbang (Airplane Mode), Mode Jaringan Data, Emergency Mode, dan Mulai Lagi (Restart). Namun kalau ponselmu sudah freeze, maka tombol daya/power ini tidak akan berfungsi walau sudah ditekan sekuat apapun dan sebanyak apapun. Jadi, cara ini (menekan tombol daya 10 detik) merupakan solusi yang bagus jika ponselmu mengalami freeze dan tidak bisa kamu apa-apain lagi.

Cara ini bisa kamu lakukan sekarang juga untuk mempraktekannya. Jangan takut perangkat rusak, karena restart ponsel (menekan dan menahan tombol daya/power) merupakan prosedur keselamatan perangkat yang memang sudah dihadirkan oleh Samsung ke setiap perangkat ponselnya. Logikanya, Samsung tidak mungkin menghadirkan fitur yang bisa merusak perangkatnya bukan? Selama kamu tidak terlalu sering melakukan restart, saya raya ponsel kamu tidak akan rusak begitu saja.

Jadi, semoga cara diatas bisa bermanfaat untuk kamu jika ponselmu mengalami freeze, atau kamu menghadapi masalah lain di perangkatmu yang memaksamu harus melakukan restart. Semoga cara merestart HP Samsung diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *