Cara Mereset HP Samsung, Reset Melalui Pengaturan dan Recovery Mode

Bagaimana cara mereset HP Samsung? Dalam postingan ini kamu akan dipandu melakukan reset HP Samsung melalui Pengaturan dan Recovery Mode.

Kolom Gadget – Setelah sebelumnya kamu mengetahui tentang cara restart HP Samsung, lantas bagaimana pula cara reset HP Samsung? Reset di sebuah ponsel memiliki dampak negatif yang lebih besar terhadap perangkat pengguna dibandingkan saat kamu melakukan restart. Namun reset sendiri tidak sampai membuat ponsel kamu rusak atau mati dan tak bisa menyala lagi.

Dampak negatif yang dimaksud adalah hilangnya data-data dan pengaturan yang sudah kamu terapkan selama ini setelah kamu melakukan reset ponsel. Jadi, sebenarnya kamu tak perlu khawatir sama sekali jika kamu melakukan reset. Kecuali memang ada data penting di ponsel kamu, kamu tak perlu khawatir. Kalaupun ada data penting, sebaiknya backup (cadangkan) dulu sebelum melakukan reset.

Nah, karena dampak negatif yang lebih besar ini pula lah Samsung dan banyak vendor ponsel lainnya menerapkan cara yang lebih ribet dan sulit bagi pengguna dari pada saat kamu melakukan restart. Jika saat restart kamu hanya perlu menekan dan menahan tombol daya/power, maka reset HP mengharuskan kamu masuk ke menu pengaturan dan memasukkan password. Bahkan untuk hard reset, kamu perlu masuk ke sistem Recovery Mode yang lebih ribet lagi (jika kamu belum pernah melakukannya).

 

Perbedaan Reset dan Restart

Nah, sebelum masuk ke pembahasan sebenarnya, akan saya ulang kembali apa sebenarnya perbedaan reset dan restart. Jadi, apa itu reset? Dan apa pula itu restart? Bukankah keduanya sama saja? Tidak, keduanya berbeda. Berikut perbedaan reset dan restart pada sebuah perangkat:

Banyak orang Indonesia sekarang ini salah paham dengan mengira kedua istilah ini memiliki arti dan maksud yang sama. Namun sebenarnya istilah restart dan reset berbeda. Jadi kita jelaskan dulu apa itu restart & reset dan apa perbedaan antara kedunya.

Reset adalah mengulang atau mengatur ulang perangkat. Sama seperti biasanya saat kamu mendaftar di layanan internet (misal: Facebook, Gmail, dsb) dan lupa password (kata sandi), biasanya akan ada opsi untuk me-reset password, atau dengan kata lain mengatur ulang password-mu dengan password yang baru. Jadi reset adalah istilah yang lebih tepat digunakan jika kamu ingin mengatur ulang perangkat kamu (mengembalikan pengaturan ke awal).

Restart adalah menyalakan ulang ponsel kita. Sama seperti mematikan dan menyalakan ulang kembali ponsel kita, namun restart umumnya dilakukan dengan menekan satu tombol. Biasanya dengan menekan dan menahan tombol tertentu, maka ponsel seketika akan langsung mati dan menyala lagi. Cara merestart ponsel dan penjelasan lebih lengkap bisa baca disini.

Dua Jenis Reset: Soft Reset (Factory Reset) dan Hard Reset

Bicara soal reset, kamu mungkin pernah mendengar istilah hard reset, soft reset, dan factory reset. Sebenarnya apa perbedaannya? Dalam perangkat elektronik, soft reset dan factory reset memiliki makna yang sama. Sedangkan hard reset memiliki arti yang berbeda lagi.

Jadi jelasnya, dalam perangkat elektronik seperti smartphone dan tablet, reset terbagi menjadi dua yaitu hard reset dan soft reset (soft reset sering juga disebut factory reset).  Berikut perbedaannya:

Soft Reset

Soft reset atau factory reset adalah mengembalikan seluruh pengaturan perangkat yang sudah kamu atur selama ini kembali ke pengaturan pabrik/pengaturan stkamur ponsel kamu. Disini, pengaturan yang sudah kamu atur sebelumnya akan hilang, seperti profil, pengaturan nada dering, nada SMS, dan wallpaper. Akun Google kamu juga akan dihapus, termasuk aplikasi yang terinstal di memori internal.

Soft reset merupakan solusi yang banyak digunakan jika HP Samsung kamu mengalami masalah-masalah ringan seperti nada dering yang tidak berbunyi, SMS yang tidak terikirim, wallpaper yang tidak bisa diganti, 4G yang tidak bisa diaktifkan, atau data seluler/Wi-Fi yang tidak bisa diaktifkan.

Hard Reset

Hard reset adalah mengembalikan kondisi ponsel kembali seperti baru, termasuk mengembalikan seluruh pengaturan ke perangkat dan menghapus seluruh data & file yang disimpan di memori internal ponsel. Dengan kata lain, seluruh file, pesan, kontak, SMS, dan data lain yang kamu simpan di memori internal akan hilang/terhapus. Termasuk password yang sebelumnya sudah kamu atur.

Cara ini sering menjadi solusi yang sering digunakan jika perangkat kamu mengalami masalah yang lebih serius yang tidak bisa diatasi dengan Factory Reset, seperti bootloop atau ponsel tidak mau masuk ke UI atau sistem operasi, lupa kata sandi atau kinerja HP yang sangat lambat atau lemot.

 

Cara Reset HP Samsung Semua Tipe

Jadi, kembali ke topik kita sebelumnya, bagaimana cara mereset HP Samsung kita? Berikut caranya:

Cara Factory Reset HP Samsung

Untuk smartphone Samsung, opsi ini bisa kita temukan di Pengaturan. Masuk ke Pengaturan > Cadangkan dan Reset > Reset Data Pabrik > Reset Perangkat > Masukkan PIN > Lanjutkan. Setelah itu proses reset akan berjalan, dan mungkin ponsel Samsung kamu akan memulai ulang (restart).

 

Cara Hard Reset HP Samsung

Untuk hard reset caranya lebih ribet dari factory reset karena kamu harus masuk ke Recovery Mode. Berikut cara hard reset HP Samsung:

  1. Matikan HP Samsung kamu
  2. Dalam kondisi ponsel yang mati, tekan dan tahan beberapa detik tombol Volume Up + Home + Daya/Power secara bersamaan (ingat, secara bersamaan, bukan berurutan).Note: Perlu dicatat, tombol kombinasi ini bisa berbeda-beda antara satu tipe HP Samsung dan tipe lainnya. Jika ketiga tombol diatas tidak membawa kamu masuk ke menu Recovery Mode, atau ponsel Samsung kamu tidak memilii tombol home, silahkan beri komentar dibawah untuk menanyakan tombol recovery mode HP Samsung kamu.
  3. Layar ponsel kamu akan menyala dan menampilkan tulisan/logo merek dan tipe HP Samsung kamu. Namun berbeda dengan seperti yang biasa kamu lihat saat menyalakan ponsel, kali ini mungkin kamu akan melihat tulisan “recovery booting” di bagian atas layar. Tunggu saja beberapa detik sampai muncul tulisan “Android system recovery” biasanya tulisannya berwarna merah). Berarti, kamu sudah masuk ke Recovery Mode HP Samsung-mu
  4. Nah, jika sudah masuk recovery mode, kamu akan melihat beberapa menu di layar ponselmu. Untuk menavigasi atau menggeser/memindahkan sorotannya ke atas dan ke bawah, tekan tombol “volume up atau down”. Sementara untuk memilih (Enter), tekan tombol Power/daya.
  5. Jadi, masuk/pilih Wipe data/factory reset. Pilih Yes – delete all user data. Cara ini akan mem-factory reset HP Samsung-mu. Tunggu beberapa saat sampai proses Factory Reset selesai.
  6. Selanjutnya untuk menyelesaikan langkah, kembalilah ke menu awal. Lalu pilih Wipe cache partition. Ini akan menghapus cache ponselmu. Apa itu cache? Lihat penjelasannya disini.
  7. Sekarang, proses hard reset telah selesai. Kamu bisa reboot/restart ponsel Samsung-mu dengan memilih reboot system now. Ponselmu akan menyala ulang seperti biasa.

Dengan cara ini seharusnya kamu sudah selesai mereset ponselmu. Begitula cara mereset HP Samsung kamu.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *