Bye-bye Cyanogen, Ambisi Bunuh Android Kini Tinggal Angan-angan

Ambisi Cyanogen Inc ingin membunuh dan menggantikan Android hanya tinggal angan-angan, setelah perusahaan ini mengumumkan menghentikan pengembangan Cyanogen.

Kolom Gadget – Kabar menyedihkan datang dari Cyanogen Inc, terutama buat anda yang memang jadi pengguna ROM kustom ini. Cyanogen telah mengumumkan bahwa pada 31 Desember ini, Cyanogen akan menghentikan layananmnya. Seluruh pengembangan telah dihentikan, termasuk nightly build yang merupakan ROM yang masih dalam tahap pengembangan.

“Sebagai bagian dari konsolidasi yang sedang berlangsung dari Cyanogen, semua layanan dan Cyanogen nightly build akan dihentikan paling lambat 12/31/16.” tulis Cyanogen di blog resminya pada Sabtu (23/12/2016).

Sebenarnya, apa alasan Cyanogen Inc menghentikan proyek yang telah mereka jalankan bertahun-tahun? Ada beberapa alasan yang diduga menjadi pemicu. Pertama, Kirk McMaster yang menjadi CEO Cyanogen Inc telah meninggalkan kursi kepemimpinan Cyanogen. Sementara itu, CEO baru yang tengah merancang sistem operasi modular pun menjadi alasan lain kenapa Cyanogen Inc menghentikan layanan. Bahkan menurut laporan, Cyanogen Inc telah menghentikan beberapa karyawan mereka.

Kabar baiknya, kalian para penggemar tetap bisa menggunakan ROM CyanogenMod yang ada selama ini. Kode sumber akan tetap tersedia bagi anda yang ingin mengembangkan sendiri CyanogenMod. Hanya saja, beberapa fitur mungkin akan dimatikan. “Proyek open source dan kode sumber akan tetap tersedia bagi siapa saja yang ingin membangun CyanogenMod pribadi.” tambah Cyanogen.

Dengan berhentinya pengembangan Cyanogen, akankah ambisi Cyanogen Inc untuk membunuh sistem operasi Android tetap berlanjut? Atau hanya tinggal angan-angan? Semoga Cyanogen Inc. hanya mengganti amunisi dari CyanogenOS atau CyanogenMod menjadi OS modular yang baru tersebut.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *