Sailfish OS Jadi Sistem Operasi Mobile Resmi Pemerintah Rusia

Sailfish OS kini menjadi sistem operasi resmi pemerintah Rusia untuk digunakan di perangkat mobile pemerintahan Rusia.

Kolom Gadget – Sailfish OS, sistem operasi yang dikembangkan oleh mantan karyawan Nokia, yang membentuk perusahaan bernama Jolla. Sailfish OS sudah dikembangkan sejak lama, namun memang masih belum mampu berkembang menjadi sistem operasi yang besar seperti Android dan iOS.

Kabar baiknya untuk platform ini, pemerintah Rusia baru saja menetapkan Sailfish OS sebagai sistem operasi resmi di pemerintahan. Jadi tiap lembaga pemerintahan harus menggunakan smartphone bersistem operasi Sailfish OS.

Pengumuman ini disampaikan oleh Jolla hari ini Rabu (30/11/2016). Menurut Jolla, proses sertifikasi Sailfish OS sebagai sistem operasi resmi pemerintah Rusia sudah berjalan selama hampir satu setengah tahun hingga akhirnya diselesaikan.

Sailfish OS bukan satu-satunya perangkat lunak yang mendapatkan sertifikasi domestik pemerintah Rusia. Sebelum ini, yaitu pada Februari 2016, Rusia juga menjadikan Linux sebagai sistem operasi PC nasional di Rusia. Namun untuk perangkat lunak mobile, Sailfish OS adalah satu-satunya sistem operasi yang sudah disertifikasi.

Rusia memang sedang berusaha untuk mengurangi ketergantungannya terhadap produk-produk buatan barat. Android dan iOS saat ini adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan barat, atau tepatnya Amerika Serikat yang memang jadi ‘musuh bebuyutan’ Rusia. Bahkan Rusia berkomitmen untuk menurunkan jumlah adopsi perangkat lunak asing di negaranya dari 95% menjadi 50% di tahun 2025.

Meski begitu, menurut co-founder dan ketua Jolla, Antti Saarnio menjelaskan bahwa Sailfish OS yang dibuat untuk Rusia adalah platform kustom yang dibuat khusus sesuai dengan kebutuhan pemerintah Rusia sendiri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *