[Review] Cara Burning Video ke DVD Menggunakan Leawo Blu-ray Creator

Disini akan dijelaskan bagaimana cara burning video ke DVD menggunakan software Leawo Blu-ray Creator, salah satu software burning video ke DVD terbaik yang banyak direkomendasikan.

Kolom Gadget – Burning DVD, aktivitas yang satu ini memang cukup sering dilakukan bagi sebagian orang. Ada banyak alasannya, mulai dari untuk berjualan video menggunakan DVD, sampai menjual perangkat lunak. Apakah anda sering melakukan hal seperti ini? Untuk saya, lebih sering membeli DVD dari pada burning DVD.

Nah, saya tiap tiga bulan sekali memang selalu menggunakan jasa download secara online, yang ukurannya bisa 100GB. Dari pada saya beli hardisk, saya lebih memilih meminta penyedia jasa download untuk memburning saja ke DVD dan mengirimkan DVD itu ke alamat saya. Bagi anda yang memang sering melakukan aktivitas ini, yaitu burning file ke DVD, maka ada satu software yang saya rekomendasikan untuk digunakan.

Software tersebut adalah Blu-ray Creator racikan Leawo. Blu-ray Creator adalah perangkat lunak (software) komputer yang bisa digunakan di komputer Windows maupun Mac.  Ada banyak fungsi Blu-ray Creator, mulai dari burning video ke DVD, ISO atau Blu-ray, membuat slideshow foto dan mem-burning ke DVD, mengkonversi video 2D ke 3D, dan banyak lagi. Namun fitur utama software ini adalah burning video ke DVD.

Dengan bantuan software ini, anda bisa burning video ke DVD lebih mudah. Bukan hanya itu, anda juga bisa edit atau kustomisasi tampilan yang akan muncul di DVD Player atau pemutar media lainnya sebelum video ini diputar. Bahkan kita juga bisa menyunting atau mengedit video sebelum di burning ke DVD.

Oh ya, sekedar catatan, Leawo Blu-ray Creator memang nama software ini. Namun anehnya setelah terinstal namanya berubah menjadi Leawo Prof. Media. Pokoknya, fungsi software ini sama saja sih.

Nah, software ini memiliki banyak fungsi. Bukan hanya untuk burning video ke DVD, tetapi ada banyak fitur yang bisa anda gunakan.Beberapa fitur utama Leawo Blu-ray Creator adalah:

  • Blu-ray Ripper, yang memungkinkan anda mengkonversi video yang ingin anda burning ke Blu-ray. Selain itu, kita juga bisa memilih dub atau audio dan subtitle sebelum mengkonversinya.
  • Blu-ray Copy, yang memungkinkan kita menyalin Blu-ray.
  • Blu-ray Creator, yang memungkinkan kita mem-burning video Blu-ray ke disc atau pemutar media agar bisa diputar di Blu-ray Media Player atau pemudar Blu-ray Player lainnya.
  • DVD Copy, memungkinkan kita menyalin DVD
  • DVD Creator, memungkinkan kita mem-burning DVD ke disc untuk diputar di DVD Player atau perangkat DVD lainnya.
  • Video Converter, untuk mengkonversi video yang ingin kita burning.
  • Video Downloader, bahkan fitur pengunduh video pun ada di software ini.

[Review] Cara Burning Video ke DVD Menggunakan Leawo Blu-ray Creator

Untuk video downloader, ini sangat berguna jika kita ingin mengunduh file video di internet untuk kita burning ke DVD atau Blu-ray. Untuk situs seperti Youtube misalnya, yang tidak menyediakan link atau tombol download, maka kita bisa gunakan software ini untuk mengunduh atau mendownload video tersebut.review-cara-burning-video-ke-dvd-menggunakan-leawo-blu-ray-creator-3

Ada lagi fitur tambahan lainnya, fitur-fitur yang bisa dibilang adalah fitur bonus untuk anda. Fitur tambahan itu adalah:

  • Video editor untuk menyunting video
  • Pemutar video, lengkap dengan subtitle
  • Mencantumkan watermark atau tanda air, cocok untuk mempromosikan usaha atau merek kita.
  • Pemotong durasi video, termasuk pemotong video itu sendiri (crop).
  • Menyunting efek, yang memungkinkan kita menyesuaikan kecerahan, saturasi, kontras, volume dan zoom.
  • Konversi dari video 2D ke 3D. Ya, cocok buat anda yang memiliki kacamata 3D, kini video 2D pun bisa anda ubah menjadi video 3D. Dengan begini menonton film menjadi lebih seru.

Sebenarnya masih ada banyak fitur lainnya, namun disini saya akan coba jelaskan salah satu fiturnya saja, yaitu Burning DVD. Karena kalau di ulas semua bisa satu bab penuh.

Nah, Untuk melakukannya, pertama buka software Leawo Blu-ray Creator atau Prof. Media. Akan muncul gambar seperti dibawah ini.

[Review] Cara Burning Video ke DVD Menggunakan Leawo Blu-ray Creator

Tekan tab “Burn”, atau tekan Blu-ray Creator/DVD Creator (tergantung anda ingin burning DVD atau Blu-ray), lalu klik tombol “Add Video”. Disini anda bisa menambahkan video, atau bisa langsung menambahkan folder untuk mem-burning seluruh video yang ada di satu folder. Atau anda bisa juga burning file ISO. Dalam hal ini saya akan burning file video.

tes-3

Setelah video yang ingin di burning ke DVD dipilih, pilih jenis disc output yang anda ingin burning. Pilih juga kualitas output DVD anda (kalau saya pilih fit to disc agar tidak berpengaruh pada kualitas video), termasuk pilih aspek rasio.

tes-1

Nah, disini serunya software ini. Sebelum di burning, kita bisa edit video tersebut, cukup sorot video dan klik ikon pensil. Kita bisa pilih kapan video akan mulai diputar, kapan akan berhenti. Kita juga bisa menambahkan watermark, memotong video, dan banyak lagi, seperti sudah dijelaskan diatas (fitur bonus). Edit video sesuai keperluan anda. Jika sudah selesai, klik OK. Hebatnya lagi, kita bisa edit (konversi) video yang tadinya 2D menjadi 3D.

Sebelum di burning, kita juga bisa tambahkan template untuk membuat video kita menjadi lebih menarik saat akan diputar di DVD Player. Template ini juga bisa kita oprek lagi, kita pindahkan tata letaknya termasuk menambahkan menu. Jika anda rasa semua editan sudah sesuai dengan selera anda, maka anda tinggal klik tombol “Burn”. Tunggu hingga proses burning selesai.

review-cara-burning-video-ke-dvd-menggunakan-leawo-blu-ray-creator-13Blu-ray Creator sendiri sebenarnya merupakan software berbayar. Harganya US$39,95. Namun tersedia juga versi trial jika anda ingin mencobanya. Hanya saja, fitur utama membutuhkan lisensi, atau anda harus membeli versi penuhnya. Jadi jika anda memang benar-benar ingin menggunakan fitur-fitur utama di software ini, ya anda harus membelinya. Itulah mudahnya cara burning video ke DVD menggunakan software premium Leawo Blu-ray Creator.

Informasi lengkap cara menggunakan software ini bisa anda buka cara burning video ke DVD. Atau anda bisa beli software ini langsung di website resminya: Blu-ray/DVD Creator.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *