Samsung Galaxy S8 Hadir dalam Dua Varian, Gantikan S Voice dengan AI Viv

Samsung Galaxy S8 mendatang kabarnya akan tersedia dalam dua varian dengan layar 5,1 inci dan 5,5 inci. Asisten virtual S Voice juga akan diganti dengan asisten AI bernama Viv.

Kolom Gagdet – Samsung Galaxy S8, ponsel ini seharusnya bakal membawa spesifikasi yang menggiurkan, yang bisa memuaskan rasa dahaga penggemar. Pasalnya, Galaxy Note 7 yang diharapkan bakal bisa dibeli pada akhir tahun justru mengalami masalah yang membuat ponsel ini harus diskontinu dini. Prediksi pun mencuat, bahwa Samsung akan mengerahkan apa yang mereka punya pada flagship selanjutnya, Galaxy S8.

Ponsel ini disebut-sebut membawa perubahan hardware yang besar. Bahkan rumor baru yang bersumber dari China mengatakan kalau Samsung Galaxy S8 bakal hadir dalam dua varian berlayar Super AMOLED 5,1 inci yang beresolusi 2K, dan satu varian lainnya berlayar Super AMOLED 5,5 inci dengan resolusi 4K, seperti dilansir dari SamMobile. Namun khusus untuk varian 5,5 inci dari ponsel ini, dibekali dengan setup dual-kamera seperti yang dilakukan Apple terhadap iPhone 7 Plus miliknya.

Sumber juga mengatakan, ponsel ini akan dibekali chipset high-end terbaru dari Samsung, Exynos 8895, selain juga menawarkan chipset Snapdragon 830 milik Qualcomm di beberapa pasar seperti Amerika Serikat. Kedua chipset itu diproduksi menggunakan proses 10nm oleh Samsung.

Samsung Gantikan S Voice dengan AI Viv

Selain dari segi spesifikasi, Samsung juga membawa Inovasi dari segi software. Menurut sumber, S Voice yang sudah ada di beberapa generasi ponsel Samsung akan digantikan dengan asisten virtual yang baru. Asisten virtual ini diberi nama Viv dan merupakan kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence (AI) baru yang disebutkan benar-benar berbeda dari kecerdasan buatan lainnya.

Dihadirkannya asisten Viv sendiri merupakan kelanjutan dari diakuisisinya Viv Labs, perusahaan yang sebelumnya mengembangkan asisten virtual ini. Viv Labs adalah perusahaan yang didirikan oleh orang-orang yang sebelumnya mengembangkan Siri, asisten virtual milik Apple. Dengan kata lain pengembang Viv Assistant adalah orang yang sama dengan yang mengembangkan Siri.

Jika tidak ada perubahan rencana pada peluncurannya, Samsung Galaxy S8 seharusnya akan diluncurkan pada Februari 2017, saat Mobile World Congress (MWC 2017) digelar.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *