Apple Investigasi iPhone 6s Plus yang Meledak

Apple melakukan penyelidikan terkait dua kasus iPhone 6s yang meledak atau terbakar baru-baru ini, untuk melihat dan menemukan penyebabnya.

Kolom Gadget – Bukan hanya Samsung saja yang harus menghadapi laporan negatif Galaxy Note 7 meledak, Apple pun begitu pula yang harus menerima dua laporan iPhone 6s Plus buatannya meledak. Sejauh ini sudah ada dua laporan ponsel iPhone 6s Plus, dan itu belum termasuk iPhone 6 yang juga dilaporkan mengalami hal serupa.

Laporan pertama datang dari seorang pelajar bernama Darin Hlavaty yang harus mengalami kenangan pahit ponsel miliknya terbakar di saku celananya saat ia sedang mengikuti pelajaran di kelas. Sementara laporan kedua terjadi kurang dari seminggu yang lalu, iPhone 6s Plus milik Yvette Estrada meledak membakar barang-barang miliknya yang ada di lemari.

Apple memang mengganti unit iPhone yang terbakar atau meledak itu dengan yang baru, namun tetap saja investigasi harus dilakukan karena kejadian serupa bisa dialami orang lain di luar sana. Kita tidak tau kapan dan dimana kasus seperti ini akan terjadi lagi. Jika tidak ingin nama Apple tercoreng, maka perusahaan harus mengerahkan segalanya untuk menginvestigasi ini, agar pelanggan setia Apple merasa aman dengan produk mereka.

Bicara soal ponsel meledak, setiap ponsel bisa saja terbakar atau meledak terutama jika ponsel itu menggunakan baterai lithium-ion. Baterai jenis ini memang memiliki kelebihan, diantaranya adalah lebih tahan lama namun dengan ukuran yang mini. Baterai ini juga bisa di charger berkali-kali, artinya kita bisa menggunakannya berulang-ulang hingga ratusan kali. Namun dengan segala kelebihannya, ada satu resiko dari baterai jenis Lithium-ion (Li-ion) yaitu resiko terbakar atau meledak lebih tinggi dari baterai jenis lain. Karena baterai jenis ini sensitif terhadap suhu tinggi. Kemungkinan baterai cacat produksi juga lebih besar, seperti yang terjadi di Samsung Galax Note 7 yang sel baterainya mengalami masalah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *