4 Cara Mendapatkan Gems COC Gratis di Clash of Clans

Berikut ini akan dibahas empat cara mendapatkan Gems COC gratis di Clash of Clans secara legal, sehingga anda tidak perlu takut di banned.

Kolom Gadget – Clash of Clans, siapa sih yang tak kenal dengan permainan yang satu ini? Salah satu permainan yang masih populer sampai sekarang meski sudah bertahun-tahun dirilis. Game yang juga lebih sering disebut dengan COC agar lebih singkat ini diracik oleh pengembang Supercell, developer ternama yang sudah menelurkan banyak game-game populer lainnya termasuk Clash Royale.

COC sendiri adalah permainan strategi yang didalamnya menawarkan pembelian dalam aplikasi (in-app purchase). Dengan kata lain, kita mengeluarkan uang asli untuk membeli konten yang ada di dalamnya, yang sifatnya tidak nyata. Dengan cara inilah Supercell meraup keuntungan dari permainan buatannya, meskipun game itu sendiri tersedia gratis untuk di download dan dimainkan.

Nah, salah satu konten penting yang dijual dalam permainan ini adalah Gems. Gems ini banyak sekali manfaatnya. Hanya dengan menggunakan Gems, kita bisa melakukan banyak hal lebih cepat dan lebih mudah. Meskipun, untuk bisa memperoleh banyak Gems dalam waktu singkat kita harus merogoh banyak uang pula dari dompet kita. Cara termurahnya adalah dengan mengumpulkan Gems dari permainan itu sendiri, yang tentu memakan waktu dan butuh kesabaran.

Jadi, kamu tipe gamer yang bagaimana? Apakah tipe gamer yang rela mengeluarkan uang untuk lebih cepat menyelesaikan permainan? Atau tipe gamer yang relah bersusah-susah tanpa harus mengeluarkan uang? Atau malah tipe gamer yang ingin bersenang-senang tanpa harus mengeluarkan uang (cheater)?

Jika anda termasuk golongan orang-orang yang kedua, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengumpulkan Gems dalam permainan COC.

1. Menyelesaikan Achievement

achievement-coc

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengumpulkan Gems adalah dengan menyelesaikan tiap Achievement. Achievement bisa dibilang adalah sebuah prestasi atas tantangan atau misi yang sudah kalian selesaikan. Tantangan atau misi biasanya diberikan kepada tiap pemain COC untuk menyelesaikan misi khusus. Misalnya, mencuri sumber daya (resource) dari desa lain, atau mendapatkan trophy sebanyak-banyaknya. Jadi, ada berbagai Achievement yang bisa anda lakukan, dan bisa menghasilkan Gems untuk anda.

2. Hancurkan Obstacles

Obstacles-coc

Jadi, apa itu Obstacles? Obstacles ini bisa dibilang adalah objek yang muncul secara tiba-tiba dan secara acak. Jadi kita tidak tau dimana Obstacles ini akan muncul. Jenis objek Obstacles ini pun bermacam-macam, bisa muncul dalam wujud pohon, kayu, atau pun batu.

Jika selama permainan kita melihat ada Obstacles yang muncul, jangan diabaikan. Karena dengan menghancurkannya kita bisa mendapatkan Gems untuk mendukung permainan kita nantinya. Saat terlihat Obstacles, dekati dan hancurkan objek yang muncul itu, lalu kumpulkan Gems-nya.

3. Panen Gem Box

4-cara-mendapatkan-gems-coc-gratis-di-clash-of-clans-2

Gem Box ini masih satu ‘spesies’ dengan Obstacles, hanya saja sangat langka. Kemunculannya tidak sesering Obstacles, jadi jarang-jarang kita bisa menemukan Gem Box selama permainan. Meski begitu, sekali anda menemukan Gem Box muncul disekitar anda, segeralah dekati objek ini karena didalamnya terkandung banyak Gems. Lebih banyak dari Gems yang akan kamu dapatkan saat kamu ‘memanen’ Obstacles.

4. Cara Alternatif: Whaff

gem-box-coc

Rupanya, ada cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk mengumpulkan Gems sebanyak-banyaknya. Cara ini tidak termasuk dalam permainan Clash of Clans itu sendiri, jadi bisa dibilang bukan fitur asli dari COC. Cara mendapatkannya pun sedikit merepotkan, memakan banyak waktu, dan memakan kuota internet pula. Ya, Whaff adalah sebuah aplikasi rewards yang memungkinkan kita bisa membeli Gems untuk COC. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan Gems untuk game Clash of Clans, tetapi juga untuk sepupu game ini, Clash Royale.

Pada dasarnya, cara memperoleh Gems dari Whaff adalah dengan menginstal aplikasi ini di perangkat Android anda, mendaftar, lalu mengerjakan suatu tugas dalam aplikasi itu, dan menghasilkan uang (rewards) dari tugas yang diberikan aplikasi itu.

Tugas ini terbagi atas dua, yaitu menginstal aplikasi-aplikasi yang ada di Whaff, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang anda instal tadi. Dengan menginstal dan menjalankan aplikasi yang ada di Whaff, maka kamu akan mendapatkan dollar alias uang. Buka aplikasi, dan gunakan beberapa menit tiap hari untuk memperoleh uang dari Whaff.

Uang yang kamu hasilkan dari aplikasi Whaff ini jika sudah $10 bisa di cairkan ke Google Wallet (pembayaran resmi layanan Google, termasuk Google Play Store) kamu. Jika saldo sudah masuk ke Google Wallet, maka saldo ini bisa kamu gunakan untuk membeli Gems di COC.

Cara ini bisa dibilang menipu, bisa juga tidak. Tergantung koneksi internet kamu, jika menggunakan Wi-Fi gratis, maka ini bisa menjadi alternatif. Namun jika menggunakan kuota data dari operator seluler, ini malah bisa bikin dompet jebol. Karena tiap kamu menginstal aplikasi akan memakan kuota internet. Tiap kamu membuka aplikasi juga akan memakan data (jika aplikasinya berbasis online). Sementara saldo yang akan bertambah di akun kamu hanya $0,20-$0,50 tiap membuka aplikasi. Tidak sebanding atau sama dengan jumlah uang yang kamu keluarkan untuk membeli kuota internet, bukan? Jadi, kenapa tidak langsung membeli Gems saja?

Jadi, itulah cara mendapatkan gems COC Gratis di Clash of Clans yang memang tidak instan jadi anda harus bersabar dalam melakukannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *