Cara Main COC (Clash of Clans) di PC & Laptop Menggunakan BlueStacks

Dengan BlueStacks, begini cara bermain COC (Clash of Clans) di PC dan laptop menggunakan  Bluestacks. Caranya sangat mudah.

Kolom Gadget – COC (Clash of Clans) adalah salah satu game populer yang sampai saat ini pun banyak pengguna memainkannya. Baik yang muda maupun yang tua, yang menggunakan perangkat Android maupun iOS, banyak orang menyukai game COC. Apakah anda termasuk salah satunya?

Sayangnya, harus diakui bahwa bermain game di smartphone itu tidak senyaman bermain game di PC atau konsol. Jadi tetap saja ada gamer yang lebih suka bermain game di PC atau konsol mereka. Sayangnya, game COC tidak dirancang untuk dimainkan di konsol, sehingga gamer yang menggunakan PS4 atau Xbox One tidak bisa memainkan game ini.

Berbeda nasib dengan gamer PC. Perangkat komputer baik itu PC desktop, laptop maupun netbook bisa dibilang lebih fleksibel, karena bisa memainkan game PS4 maupun game smartphone. Satu-satunya batasan yang dimiliki perangkat PC hanyalah hardware atau komponen didalamnya. Jika sudah tidak memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan, atau spek-nya sudah ketinggalan zaman, maka platform ini tidak lagi bisa memainkan permainan yang specifications requirements-nya tinggi. Namun bagi gamer yang menggunakan PC desktop, spek komputer mereka bisa di upgrade. Hal yang tidak bisa dilakukan laptop maupun netbook. Kalaupun bisa terbatas pada RAM dan hardisk saja.

Jadi dengan kata lain, anda pengguna PC baik laptop maupun desktop juga bisa memainkan game COC di komputer anda. Hanya saja, memang dibutuhkan program, software atau perangkat lunak khusus agar game ini bisa berjalan di komputer.

Pertama, anda harus menggunakan sistem operasi Windows, baik itu Windows 7, 8 atau 10. Untuk OS X atau MacOS mungkin juga bisa memainkannya menggunakan program perangkat lunak lain, namun saya tidak memiliki perangkat komputer buatan Apple, jadi saya tidak begitu tau. Saya adalah pengguna komputer bersistem operasi Windows 10.

Selain Windows 10, anda juga  harus memiliki emulator. Karena dengan emulator inilah nantinya segala aplikasi Android bisa dijalankan, termasuk game COC itu sendiri. Dalam hal ini, saya menggunakan emulator BlueStacks. Silahkan unduh di situs resmi Bluestacks disini: http://www.bluestacks.com. Bluestacks sejauh ini tidak tersedia untuk perangkat komputer buatan Apple, itulah sebabnya saya menyarankan anda menggunakan sistem operasi Windows buatan Microsoft.

Namun perlu dicatat, tidak semua perangkat komputer bisa menginstal BlueStacks. Program perangkat lunak ini membutuhkan spesifikasi PC yang cukup untuk bisa menjalankannya, atau yang disebut dengan “spesifikasi minimum” atau “minimum specification requirements”. Jadi, sebelum menginstalnya, pastikan PC atau laptop anda memiliki:

  • RAM 2GB (direkomendasikan 4GB). RAM 2GB sebenarnya bisa, namun menurut laporan beberapa pengguna BlueStacks mengalami banyak masalah dengan RAM 2GB. Jadi direkomendasikan RAM 4GB
  • Kartu grafis (GPU) dengan memori 1GB
  • HDD kosong minimal 4GB untuk instalasi BlueStacks
  • PC anda harus sudah menginstal Direct X, .NET Framework dan driver kartu grafis update terbaru.

Setelah anda mengunduh BlueStacks, langsung instal program tersebut ke PC anda, lalu jalankan. Pertama, anda harus menghubungkan akun Google perangkat Android anda yang juga terhubung ke game COC anda. Caranya, Sign-in dengan mengetikkan kredensial atau akun Google anda yang terkoneksi (ada di) perangkat Android anda, dan terkoneksi dengan game COC, lalu tekan Sign in.

cara-main-coc-clash-of-clans-di-pc-laptop-menggunakan-bluestacks-2

Jika proses koneksi sukses, anda akan melihat homepage atau beranda atau dasbor BlueStacks. Pada fitur pencarian (ikon “Search”) langsung cari game COC dengan mengetikkan “Clash of Clans” pada emulator tersebut. Akan muncul ikon “Clash of Clans. Jika tidak terlihat logo atau ikonnya, klik “Search Play for Clash Of Clans”. Maka anda akan diarahkan ke Google Play Store.

cara-main-coc-clash-of-clans-di-pc-laptop-menggunakan-bluestacks-3

cara-main-coc-clash-of-clans-di-pc-laptop-menggunakan-bluestacks-4

Setelah laman game Clash of Clans terbuka di Google Play Store, klik “Install”, caranya sama seperti anda menginstal aplikasi atau game Android dari Google Play Store yang ada di ponsel anda. Jika sudah, klik tombol “Open”. Untuk sinkronisasi desa atau village, anda hanya tinggal sign-in dengan akun COC yang anda mainkan selama ini di ponsel anda.

cara-main-coc-clash-of-clans-di-pc-laptop-menggunakan-bluestacks-5

Selesai, sekarang anda bisa bermain COC di komputer anda. Tiap kali ingin bermain COC di PC atau laptop, anda hanya tinggal buka BlueStacks. Lihat ikon Clash of Clans dari dasbor atau homepage BlueStacks dan klik untuk membuka game Clash of Clans.

cara-main-coc-clash-of-clans-di-pc-laptop-menggunakan-bluestacks-6

Bagaimana, mudah bukan? Itulah cara main COC di PC dan laptop menggunakan Bluestacks.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *