Samsung Galaxy S8 Buang Tombol Home & Pasang Dual Kamera!

Samsung ingin membuang tombol home dan menempatkan dual-kamera di Galaxy S8, apakah berlomba inovasi atau mencontek inovasi?

Kolom Gadget – iPhone 7, meski kabarnya tidak membawa banyak perubahan, namun ponsel ini tetap membawa beberapa inovasi baru. Selain penggunaan port petir, ada dual kamera. Fitur ini memang bukan inovasi Apple pertama, namun port petir merupakan yang pertama diterapkan pada ponsel. Hal baru lainnya yang dibawa iPhone 7 adalah tombol home sensitif tekanan (pressure sensitive) yang bergetar saat ditekan.

Sekarang, Samsung Galaxy S8. Ponsel ini jika tidak ada halangan seharusnya akan diluncurkan pada semester pertama tahun depan, seperti flagship Samsung Galaxy S-Series diluncurkan selama ini. Kabar terbaru yang saya dengar, ponsel ini bakal membuang tombol home di bawah layar. Apakah mungkin Samsung akan menggunakan tombol sensitif seperti Apple? Atau malah menggunakan tombol kapasitif?

Entahlah. Namun jika benar menggunakan tombol sensitif tekanan, itu bisa menimbulkan kesan bahwa Samsung meniru atau mengikuti iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Berbeda cerita jika Samsung menggunakan tombol kapasitif. Namun perlu dicatat tombol kapasitif bisa jadi suatu kemunduran untuk sebuah flagship.

Jika ingin inovatif, Samsung seharusnya menghilangkan tombol home di depan dengan upaya membuat bagian depan ponsel ini di isi seluruhnya dengan layar, seperti yang baru saja dilaporkan oleh media Korea ETNews. Ya, ini sama seperti rumor yang kita terima tentang iPhone 8, yang konon katanya bakal menggunakan layar full-face. Jika begini, kesannya Samsung ingin beradu inovasi dengan Apple.

Lalu bagaimana dengan nasib pemindai sidik jari yang selama ini Samsung membenamkannya di tombol home pada beberapa ponsel mereka? Untuk hal ini, jika Samsung benar-benar menghilangkan tombol home, maka bisa jadi Samsung akan benar-benar beralih sepenuhnya ke pemindai iris sebagai fitur keamanannya. Meski cukup kecil kemungkinannya karena sistem pembayaran mobile Samsung Pay sejauh ini baru mendukung pemindai sidik jari, dan belum iris mata. Samsung mungkin juga akan menempatkan sensor fingerprint ultrasonik milik Qualcomm, atau menggunakan teknologi lain milik sendiri dengan cara kerja yang sama. Ini memungkinkan layar Samsung berfungsi ganda selain sebagai layar juga sebagai pemindai sidik jari.

Fitur lain yang akan dibawa oleh Samsung Galaxy S8 adalah dual-kamera. Tampaknya, fitur dual-kamera semakin populer saja, karena ada banyak ponsel flagship sekarang ini yang membawa kemampuan ini sejak LG menggunakannya di LG V10. Bahkan iPhone, yang biasanya tidak suka meniru ‘gaya’ vendor lain juga ikut menancapkan dual-kamera di iPhone 7 Plus miliknya.

Pertanyaannya apakah Samsung akan menempatkan all-in-one dual-kamera dengan dua lensa dan modul, atau kamera ganda yang terpisah dengan masing-masing sensor dengan resolusi yang berbeda? Untuk hal ini kita nantikan rumor selanjutnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *