Sensor Fingerprint yang Tidak Bekerja di Sony Xperia XZ & Xperia X Compact Bisa Diaktifkan Kembali

Mengganti ROM US dengan ROM UK bisa mengaktifkan kembali pemindai sidik jari yang hilang di Sony Xperia XZ dan X Compact.

Kolom Gadget – Sempat diwartakan sebelumnya bahwa di Amerika Serikat, Sony memasarkan dua ponsel terbarunya, Sony Xperia XZ dan X Compact dengan kondisi pemindai sidik jari alias fingerprint yang tidak aktif. Terkait hal ini, tampaknya konsumen disana tidak perlu merasa terlalu kecewa.

Menurut informasi yang dilansir dari Xperia Blog, tidak hadirnya pemindai sidik jari di dua ponsel ini ternyata hanya keterbatasan perangkat lunak saja. Komponen sensor sidik jari masih ada dalam ponsel, hanya saja dari segi perangkat lunak tidak di dukung. Dengan kata lain, Sony mengkustom kembali perangkat lunaknya agar sensor fingerprint di Xperia XZ dan X Compact tidak aktif.

Ini sama seperti ponsel Xiaomi Redmi Note 3 Prime di Indonesia. Ponsel ini sebenarnya mendukung 4G LTE, hanya saja dinonaktifkan oleh Xiaomi melalui perangkat lunaknya.

Menurut Xperia Blog yang mendapatkan informasi ini dari forum XDA Developers, untuk mengaktifkan kembali fitur pemindai sidik jari, pengguna hanya perlu mem-flash ulang kedua ponsel tersebut menggunakan ROM Sony Xperai XZ dan Xperia X Compact dari negara lain, seperti ROM Inggris misalnya.

Di Indonesia sendiri baik Sony Xperia XZ maupun Xperia X Compact belum diluncurkan saat ini. Jika mungkin kedepannya Sony meluncurkan kedua ponsel tanpa sensor fingerprint, atau mungkin anda membeli ponsel ini dari negara lain, atau malah membeli ponsel ini secara ilegal (blackmarket) dengan sumber ponsel dari Amerika Serikat, maka anda bisa mengganti ROM-nya menggunakan ROM UK.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *