Ponsel Pixel & Pixel XL “by Google” Dirilis, Ini Spesifikasinya

Google baru saja merilis dua ponsel barunya. Bukan Nexus, kedua ponsel tersebut adalah Pixel dan Pixel XL. Apa saja spesifikasinya?

Kolom Gadget – Sayonara, ucapkan kata tersebut kepada Nexus dan sampaikan selamat datang untuk Pixel. Nexus adalah merek ponsel yang selama ini digunakan Google untuk menamai ponsel-ponsel mereka yang dibuat oleh produsen ponsel lain. Nexus, merupakan proyek baru Google dalam membuat ponselnya sendiri.

Google telah resmi mengumumkan kematian merek “Nexus” untuk ponsel mereka. Perusahaan ini pun mengubah nama ponselnya dengan “Pixel”, bukan Nexus lagi. Bertajuk “Made by Google”, dua ponsel baru dengan mereka ini pun diluncurkan hari ini, yaitu Pixel dan Pixel XL.

Perbedaan diantara keduanya, masing-masing ponsel Pixel milik Google dibekali layar 5 inci beresolusi 1080p untuk Pixel (441ppi), dan 5,5 inci beresolusi 1440p untuk Pixel XL (534ppi), yang keduanya sama-sama berjenis AMOLED. Perbedaan lain diantara keduanya adalah kapasitas baterai dimana Pixel 2.770mAh, sedangkan Pixel XL 3.450mAh.

Spesifikasi lainnya bisa dibillang sangat mirip antara keduanya, yang sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 821 dan sistem operasi Android 7.1 Nougat. Ponsel ini juga menawarkan RAM LPDDR4 4GB dan memori penyimpanan 32GB atau 128GB. Ada juga pemindai sidik jari dan 12,3MP kamera utama serta 8MP kamera depan. Spesifikasi lainnya antara lain port USB Type-C, Bluetooth 4.2 dan port audio 3.5mm.

Spesifikasi diatas terlihat biasa saja. Memang spektakuler, namun sudah biasa ada di ponsel flagship sama seperti ponsel flagship lainnya, bahkan lebih. Seperti Samsung Galaxy Note 7 misalnya. Namun apa yang membuat Pixel dan Pixel XL terasa spesial adalah beberapa fitur unggulan yang ada didalamnya, yang tak dimiliki oleh ponsel Android lainnya.

Sebut saja kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) milik Google, Google Assistant. Sebuah fitur yang baru ada di ponsel Pixel milik Google. Cukup tekan dan tahan tombol home, atau memanggil dengan menggunakan kata kunci yang sudah di setel sebelumnya, maka Google Assistant pun bakal nongol.

Selain itu ditawarkan pula kamera. Google mengklaim kamera yang ditawarkan Pixel dan Pixel XL berada diatas rata-rata. Google sesumbar bahwa kamera Pixel dan Pixel XL memiliki skor kamera terbaik saat ini. Pernyataan ini didasarkan pada skor DxOMark yang perolehan skornya mencapai 89. Ini lebih baik dari iPhone 7 yang mencetak skor 866.

Ada yang kurang rasanya jika kamera sudah mantap namun tidak disertai dengan penyimpanan awan. Untuk itulah Google menghadirkan cloud storage di Google Foto secara gratis, bahkan pengguna bisa mengunggah foto dengan resolusi penuh. Keunggulan lainnya, Pixel dan Pixel XL ada di konektivitas dan komunikasi, dan yang terakhir dukungan DayDream VR.

Pixel dan Pixel XL mendapatkan dukungan update perangkat lunak langsung dari Google sama seperti Nexus sebelumnya, sehingga pembaruannya sangat cepat. Namun kali ini, Google akan memberikan dukungan layanan 24 jam penuh kepada pelanggan.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *