Ngikut Xiaomi Mi 5s, iPhone 8 Juga Tanamkan Fingerprint di Layar?

iPhone 8 mendatang kabarnya juga akan menanamkan sensor pemindai sidik jari dibalik layar, sama seperti Xiaomi Mi 5s.

Kolom Gadget – Xiaomi baru saja merilis ponsel barunya, Mi 5s. Salah satu daya tarik ponsel ini adalah pemindai sidik jari (fingerprint) yang tidak berada di belakang ponsel, tidak pula di tombol home, melainkan di balik layar. Dengan kata lain, anda bisa membuka ponsel dengan memindai sidik jari pada permukaan layar, karena Xiaomi Mi 5s mengadopsi teknologi pemindai sidik jari ultrasonik milik Qualcomm.

Apple sepertinya tertarik menerapkan teknologi serupa. Perusahaan asal Cupertino, California ini juga sedang mengembangkan teknologi yang sama, yang memungkinkan pengguna pengguna nantinya bisa memindai sidik jari mereka pada permukaan layar iPhone. Informasi ini datang dari sebuah paten Apple yang baru saja ditemukan, seperti dilansir dari Apple Insider.

Paten ini menjelaskan bahwa Apple berencana membuat sensor sidik jari yang bisa bekerja bahkan jika sensor ini ditempatkan di bawah layar ponsel. Namun tidak seperti Qualcomm, Apple sama sekali tidak menggunakan teknologi ultrasonik disini. Apple hanya menggunakan lensa elektrostatik untuk membaca sidik jari pengguna.

Pertanyaannya, apakah sensor sidik jari baru Apple akan diterapkan di iPhone 8? Mungkin saja. Apple akhir-akhir ini sering dikabarkan akan membuat iPhone 8 mendatang menggunakan kaca sepenuhnya (kecuali bingkai yang menggunakan stainless steel), dengan layar yang memenuhi sisi depan ponsel ini. Apple juga akan mengganti tombol “home” bulat yang selama ini menjadi ciri khas iPhone dengan tombol virtual. Jadi bukan tidak mungkin teknologi ini akan diterapkan di iPhone 8 mendatang.

Namun satu hal, jangan terlalu berharap karena teknologi ini baru di atas kertas, kita tidak tau apakah Apple sudah menyelesaikan teknologi ini atau belum untuk digunakan di iPhone 8, atau malah baru akan digunakan di iPhone 9.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *