Windows Phone Mulai Terabaikan

Satu demi satu developer aplikasi mulai meninggalkan platform Microsoft, Windows Phone. Platform ini kini sedang berada di ujung tanduk.

Kolom Gadget – Pangsa pasar Windows Phone terus tergerus. Platform milik Microsoft ini sedari awal memang tidak pernah besar, dan dengan keputusan untuk berhenti memproduksi ponsel Lumia, jumlah penggunanya tentu kian menurun. Dengan sedikitnya jumlah pengguna, tak heran jika developer aplikasi mulai meninggalkan platform ini.

Hal ini terjadi sekarang, terutama eBay yang telah mengumumkan bahwa mereka telah menyerah dengan pasar Windows Phone. Bukan, bukan karena jumlah pengguna aplikasi ini yang sedikit, tetapi karena jumlah pengguna Windows Phone yang ‘menipis’.

Setelah eBay, developer aplikasi besar yang ikut meninggalkan Windows Phone adalah GOQii. Aplikasi tracker kebugaran asal India ini telah mengumumkan bahwa mereka juga akan meninggalkan Windows Phone. Alasannya jelas, seperti pernyataan mereka di akun Twitter-nya yang cukup pedas:

“Mungkin Anda harus menulis (surat/email) kepada Microsoft untuk meningkatkan pangsa mereka yang akan mendorong lebih banyak (developer) untuk mendukung platform mereka. Kami tidak salah di sini.”

Pangsa pasar Windows Phone memang kian menurun, bahkan meski perusahaan perangkat lunak ini merilis Windows 10 Mobile. Nyatanya, ponsel mereka Lumia 950 dan Lumia 950 XL tidak terlalu dilirik pengguna. Microsoft pun akhirnya mengumumkan akan berhenti membuat ponsel Lumia.

Sempat dikabarkan bahwa Microsoft akan meluncurkan ponsel Surface untuk kalangan bisnis, namun sampai detik ini tidak ada kabar lanjutan dari rumor itu.

windows-phone-mulai-terabaikan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *