Begini Model Kerjasama Blackberry dan Perusahaan Indonesia

Blackberry tidak lagi membuat ponsel. Namun ponsel Blackberry masih akan tetap ada, dengan bekerjasama dengan perusahaan lokal. Bagaimana model bisnisnya?

Kolom Gadget – Blackberry sudah memutuskan tidak lagi akan membuat ponsel. Meski begitu, perusahaan ini meyakinkan bahwa ponsel bermerek Blackberry masih akan tersedia di masa depan. Hanya saja, bukan dibuat oleh Blackberry, melainkan pihak ketiga. Blackberry saat ini hanya akan fokus mengembangkan perangkat lunak Androd.

Sekarang, Blackberry hanya akan memberikan lisensi handset, software dan layanan Blackberry saja kepada perusahaan lain, yang salah satunya adalah PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk, untuk memproduksi ponsel bermerek Blackberry. Perusahaan lain inilah yang nantinya akan mendesain, memproduksi, mendistribusikan dan mempromosikan perangkat Blackberry. Sedangkan Blackberry tidak lagi ikut campur dalam hal tersebut.

Untuk Blackberry sendiri, perannya ada pada perangkat lunaknya. Blackberry akan fokus mengembangkan perangkat lunak seperti keamanan dari smartphone yang dibuat oleh perusahaan lain seperti BB Merah Putih. Seperti aplikasi keamanan DTEK, yang nantinya akan di instal di smartphone bermerek Blackberry tersebut.

Di Indonesia, Blackberry memberikan lisensinya kepada PT Tiphone Mobile Indonesia. Perusahaan inilah yang nantinya akan memproduksi smartphone Blackberry dan akan dipasarkan di Indonesia di pabriknya yang ada di Cikarang, Jawa Barat. Kedua perusahaan, yaitu Tiphone dan Blackberry membentuk perusahaan joint venture dengan nama BB Merah Putih.

Strtategi bisnis seperti ini, memiliki beberapa keuntungan. Pertama, Blackberry tidak perlu pusing memikirkan bisnis handset dan fokus ke bisnis software. Selain itu, Blackberry jadi bisa memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel bermerek Blackberry yang dijual di Indonesia. Sementara Blackberry masih akan tetap mendapat keuntungan dari memberi lisensi kepada perusahaan lain.

Masih belum diketahui apakah Blackberry hanya akan bermitra dengan Tiphone untuk pasar Indonesia saja. Atau mungkin Blackberry juga akan bermitra dengan perusahaan lain di negara lain. Juga tidak diketahui apakah ponsel yang diproduksi Tiphone hanya akan memenuhi permintaan dalam negeri saja, atau juga di ekspor ke luar negeri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *