Ini Alasan Blackberry Passport Versi Android Tak Kunjung Rilis

Blackberry sudah punya rencana merilis Passport bersistem operasi Android. Namun rencana itu kandas karena Google batal membuat Google Play Store dengan rasio yang sesuai dengan layar Passport.

Kolom Gadget – Blackberry Passport, ponsel bersistem operasi Blackberry OS terakhir dari Blackberry. Ponsel ini mengusung desain yang unik, saya pribadi jatuh cinta dengan ponsel ini. Namun sayang, ponsel ini tidak menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Bukan tidak punya rencana menghadirkan versi Android, rumor tentang Blackberry Passport versi Android sudah sering kita dengar. Bahkan videonya juga sempat muncul beberapa waktu lalu. Namun pada akhirnya harapan menggunakan Passport ala Android kandas di tengah jalan. Apa sebabnya?

Menurut rumor, Blackberry sendiri sebenarnya sudah punya rencana menghadirkan versi Android dari Blackberry Passport. Namun menurut informasi yang dilansir dari MobileSyrup, ada alasan mengapa Blackberry urung niat membuat ponsel Passport ber-OS Android. Malahan, penyebab dari batalnya rencana tersebut justru karena desain Blackberry Passport itu sendiri.

Seperti yang mungkin anda ketahui, bahwa layar Blackberry Passport rasionya 1:1. Sedangkan Android, dalam dokumen Sertifikasi Kompatibilitas Android, perangkat yang ingin menggunakan sistem operasi Android harus menggunakan layar dengan aspek rasio 4:3 atau 16:9.

Google sendiri awalnya bersedia membuat pengecualian untuk Blackberry, dan bekerjasama dengan perusahaan asal Kanada tersebut untuk membuat aplikasi Android kompatibel dengan layar 1:1. Sayangnya, belakangan Google menyadari bahwa usaha dan waktu yang diperlukan untuk men-tweak Google Play hanya untuk satu perangkat itu tidak sebanding. Itulah sebabnya proyek ini dibatalkan.

Namun itu hanya salah satu faktor penyebab utama, MobileSyrup menuliskan ada faktor lain yang menyebabkan proyek ini dibatalkan.

Dengan batalnya proyek Blackberry Passport versi Android, harapan bisa memiliki ponsel unik ini pun pupus. Saya hanya bisa berharap agar BB Merah Putih agar mau mempertimbangkan mengembangkan dan menghadirkan Blackberry Passport versi Android.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *