Blackberry Messenger (BBM) Milik Indonesia Sepenuhnya, Blackberry Mitra dengan EMTEK?

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa BBM sudah 100 persen menjadi Indonesia, hal ini dibenarkan oleh Menkominfo Rudiantara. Namun bagaimana detailnya?

Kolom Gadget – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sempat mengatakan bahwa aplikasi BBM (Blackberry Messenger) sudah menjadi milik Indonesia sepenuhnya. Banyak orang tentu bertanya-tanya apakah benar demikian? Karena selama ini pemilik aplikasi BBM adalah Blackberry, perusahaan asal Kanada.

Menanggapi pertanyaan ini, Menkominfo Rudiantara menjelaskan bahwa memang benar aplikasi BBM sudah menjadi dan milik Indonesia secara de facto, dan ia sudah mengetahui hal itu sejak dua bulan lalu. Namun detailnya, Rudiantara menyarankan agar menanyakan hal itu langsung kepada Blackberry. Rudiantara juga tidak menjelaskan bagaimana strukturnya BBM menjadi milik Indonesia, karena itu masalah bisnis.

“Kalau berbicara de facto di lapangan, semua (urusan terkait BBM) menjadi milik dan dikontrol perusahaan Indonesia,” kata Rudiantara di Gedung DPR, Jakarta pada Rabu (28/9/2016) seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Sementara saat dimintai keterangan, Blackberry sama sekali enggan memberikan keterangan apapun. Presiden Director PT Blackberry Indonesia, Kusuma Lienandjaja mengatakan kepada wartawan untuk melihatnya di press release. “Saya belum bisa beri komentar. Silakan lihat di press release Blackberry saja,” katanya seperti dilansir dari Viva News. Hasil serupa didapat saat wartawan mencoba menggali informasi dari Tiphone.

Perjanjian kedua perusahaan antara Blackberry dengan PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek Group) sendiri kabarnya bentuknya adalah perjanjian lisensi software dan hak kekayaan intelektual BBM. Presiden Jokowi berencana menjadikan BBM sebagai platform asli Indonesia dan membuatnya menjadi platform e-commerce Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *