Pakai GMNT, Google Translate Makin Akurat

Google baru saja mengumumkan bahwa mereka telah membuat mesin baru untuk Google Translate agar bisa menerjemahkan lebih sempurna.

Kolom Gadget – Google baru saja memperkenalkan teknologi terjemahan barunya yang mampu menerjemahkan bahasa lebih akurat. Disebut Google Neural Machine Translation (GMNT), mesin ini akan menggantikan mesin sebelumnya Phrase-Based Machine Translation (PBMT) yang selama ini digunakan untuk menjerjemahkan bahasa di Google Translate.

Mesin yang lama, yaitu PBMT, sebenarnya sudah cukup cerdas karena bisa mempelajari hal tertentu dari dokumen-dokumen yang diterjemahkan oleh pengguna. Dari sana mesin ini belajar bagaimana menyusun kata dalam berbagai bahasa. Hanya saja, mesin ini masih jauh dari sempurna dengan hasil terjemahan yang masih buruk dan berantakan karena masih mengikuti resep yang sudah ada.

Berbeda dengan mesin baru, yaitu GMNT, mesin ini bisa menyusun kata dengan caranya sendiri tanpa harus terpaku pada resep. Mesin ini sendiri sudah mulai diterapkan, khususnya untuk menerjemahkan bahasa China-Inggris.

Dalam pengujiannya, Google mengambil artikel dari Wikipedia dan menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Spanyol, danPerancis. Lalu diterjemahkan lagi dengan cara yang sebaliknya. Hasilnya setelah diperiksa oleh orang yang fasih berbicara dalam bahasa tersebut, mesin baru ini dari skala 0-6 memperoleh nilai 5,43. Selisihnya hanya sedikit jika dibandingkan dengan nilai terjemahan manusia yang skornya 5,55.

Selain lebih akurat, hasil terjemahan Google Translate juga lebih cepat dibandingkan dengan mesin sebelumnya. Kita berharap mesin baru ini juga segera diterapkan untuk menjerjemahkan bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *