Ladislao José Biro, Sang Penemu Bolpoin Modern Dikenang Google Lewat Doodle

Siapa Penemu bolpoin pertama kali? Siapa pula penyempurna bolpoin sehingga menjadi bolpoin modern seperti sekarang ini?

Kolom Gadget – Di era digital ini kita lebih banyak mengandalkan komputer, ponsel, tablet, dan perangkat elektronik modern lainnya untuk mencatat hal-hal yang memang harus kita tulis. Namun tidak perlu di pungkiri juga, sejauh ini tidak ada yang mampu menggantikan kenyamanan menulis di atas kertas menggunakan pulpen atau bolpoin.

Ada banyak perangkat-perangkat canggih di luar sana yang memiliki pena digital, seperti Samsung Galaxy Note 7 dengan stylus S Pen, dan produk-produk Wacom, namun untuk menulis lebih cepat pilihan kita jatuh pada pulpen atau pena. Kita menggunakan pulpen setiap hari, namun tahukah anda siapa pencipta pulpen pertama kali? Siapa pula yang menyempurnakannya sehingga menjadi pulpen modern seperti sekarang ini? Tahukah anda bahwa Penemu pulpen pertama berulang tahun hari ini?

Sejarah Alat Tulis Bolpoin

Pertama kali diciptakan, bolpoin dipatenkan oleh penemu Amerika Serikat bernama John J. Loud. Pena temuannya bekerja dengan menggunakan bola yang bisa berputar. Berkat bola ini pula lah kita bisa menulis di permukaan yang kasar. Cara kerjanya, saat bola berputar maka bola ini akan mengambil tinta yang tersimpan di dalam tabung pena, dan bola yang basah oleh tinta menggoreskan tulisan di permukaan kertas.

Namun kekurangannya, pena dengan bola bergulir ini sangat mudah bocor dan mudah pula tersumbat. Tak heran, karena teknologi pada masa itu belum secanggih saat ini, belum sampai Ladislao José Biro menyempurnakannya.

Ladislao José Biro Lahirkan Bolpoin Modern

Ladislao José Biro adalah sosok yang yang menyempurnakan bolpoin. Lahir 29 September 1899, pria ini sebenarnya adalah seorang reporter yang selalu dekat dengan pena dan kertas. Namun dengan bolpoin yang tak sempurna kala itu, alat tulis ini sering bocor dan tintanya meluber kemana-mana, mengganggu kerjanya sebagai penulis berita.

Ia yang merasa tidak nyaman dengan bolpoin saat itu mendapatkan ide saat dirinya melihat bagaimana koran di cetak menggunakan tinta yang cepat kering. Dengan ide tersebut, dibantu saudaranya György Biro yang seorang ahli kimia, ia kemudian menyempurnakan bolpoin klasik saat itu, dan membuat bolpoin jenis baru.

Bolpoin modern yang mereka buat saat itu sebenarnya sangat mirip dengan pena yang sebelumnya dipatenkan oleh John J. Loud. Masih menggunakan bola yang ditempatkan pada antarmuka yang memungkinkan bola berputar. Antarmuka ini akan menjadi ujung tabung reservoir tinta, dan tinta pun menghasilkan cetakan atau tulisan di atas  kertas melalui bola yang bergulir tersebut. Cara kerjanya mirip seperti bagaimana koran di cetak kala itu. Hasilnya, bolpoin jadi lebih nyaman digunakan.

Prototipe pertama bolpoin ini dipamerkan oleh Ladislao José Biro di Budapest International Fair pada tahun 1931, namun baru di patenkan pada tahun 1938. Di beberapa negara, bolpoin disebut sebagai Biro, mungkin untuk menghargai penemunya itu. Google pun hari ini memberikan penghargaan atas temuannya dengan memajang gambar doodle bolpoin di halaman mukanya.

Ladislao José Biro lahir pada 29 September 1899, dan tutup usia pada 24 November 1985. Hari ini, tepat 117 tahun pencipta bolpoin pertama itu lahir ke dunia. Untuk mengenang beliau, Google dengan Doodle-nya mencoba mengingatkan kembali bahwa tepat  hari ini, 117 tahun yang lalu, pencipta bolpoin modern telah lahir ke dunia.

ladislao-jose-biro-sang-penemu-bolpoin-modern-dikenang-google-melalui-doodle

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *