Bagaimana sih Cara Menggunakan Google Allo?

Apakah anda bingung bagaimana cara menggunakan Google Allo? Sebenarnya sangat mudah, jika anda biasa menggunakan WhatsApp.

Kolom Gadget – Google baru saja merilis aplikasi barunya. Disebut Google Allo, ini adalah aplikasi perpesanan instan sama seperti WhatsApp, BBM dkk. Satu kelebihan aplikasi ini yang tak dimiliki oleh aplikasi lain adalah adanya Google Assistant, kecerdasan buatan milik Google yang bisa anda ajak bercakap-cakap seperti anda bercakap dengan orang lain.

Fitur Google Assistant juga bisa menjawab pertanyaan anda seperti saat anda membutuhkan informasi mengenai alamat, atau restoran dan hotel terdekat, maka anda bisa chatting dengan Google Assistant dan bertanya kepadanya.

Buat anda yang masih belum mengerti cara menggunakan Google Assistant, berikut ini adalah cara menggunakannya. Satu hal, aplikasi ini secara default hanya bekerja di smartphone saja, jadi tidak bisa bekerja di tablet atau PC.

Instal Aplikasi

Rasanya anda tak perlu diberi tahu bagaimana cara menginstal Google Allo ke smartphone anda. Untuk melakukannya, buka Google Play Store atau App Store, tergantung perangkat anda apakah ponsel Android atau iOS.

Cari aplikasi Allo dengan mengetikkan “Allo” di pencarian. Maka akan muncul aplikasi tersebut. Buka download aplikasi tersebut yang tersedia secara gratis, dan instal seperti biasa ke smartphone anda. Saat proses instalasi aplikasi ini akan meminta perizinan yang akan meminta untuk mengirim pesan SMS, mengakses kontak, dan menggunakan file media.

Verifikasi Nomor Ponsel

Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut dan anda akan diminta untuk memverifikasi nomor ponsel  anda dengan memasukkan kode. Kode ini akan dikirimkan ke nomor ponsel anda melalui SMS. Setelah SMS dari Google anda terima, maka masukkan kode tersebut ke aplikasi ini (biasanya kode akan otomatis masuk sendiri ke Allo begitu SMS anda terima), lal. Setelah itu anda bisa mengatur foto profil anda dengan mengambil gambar selfie atau memilih gambar yang sudah ada di perangkat anda, lalu ketik juga nama anda.

Tambahan, saat pertama kali memulai aplikasi ini anda akan diberikan tiga pilihan yaitu: Kirim pesan, mulai chat grup, dan bertemu dengan Google Assistant. Terserah pilih yang mana, begitu anda memilih biasanya tampilan akan hilang. Namun masih bisa diakses kembali dengan menekan tombol chat biru pada layar.

Pilihan Berkirim Pesan

bagaimana-sih-cara-menggunakan-google-allo-9Untuk mengirimkan pesan kepada orang lain, anda bisa mengetuk ikon berkirim pesan berwarna biru pada layar ponsel anda. Percakapan antara dua orang bisa dilakukan dengan langsung memilih kontak yang ada di bawahnya. Daftar kontak anda yang sudah menginstal aplikasi Allo biasanya akan ada di urutan teratas daftar kontak Allo.

Anda juga bisa Mulai obrolan grup (sayangnya, Google kurang sempurna menerjemahkannya dengan tertulis “mulai grup ngobrol”), itu artinya anda bisa mengobrol dengan lebih dari satu orang atau  berkelompok bersama teman anda. Ini mirip seperti fitur yang ada di WhatsApp.

Ada pula “Mulai chat penyamaran” yang memungkinkan chatting dengan orang lain tanpa khawatir percakapan anda disadap orang lain. Dengan mengobrol di fitur penyamaran ini, percakapan akan di enkripsi.

Sama seperti WhatsApp, di percakapan akan ada tanda bahwa pesan sedang dikirim ke teman anda, berupa tanda centang. Jika sudah di terima, biasanya akan berubah menjadi warna hijau. Sedangkan jika sudah dibaca akan berubah tandanya menjadi dua.

Untuk mengirimkan gambar, file, media, lokasi dan stiker, anda bisa ketuk ikon +. Saat pertama terbuka biasanya akan muncul jendela bidik kamera. Dibawahnya ada deretan ikon berwarna hijau. Ketuk ikon-ikon tersebut untuk beralih ingin mengirim apa. Untuk mengirim gambar, sebelum dikirimkan anda juga bisa mengedit foto tersebut dengan coretan-coretan yang anda suka.

Ikon emoticon di sebelah form teks menyajikan berbagai emoji yang bisa anda kirimkan selama percakapan.

Memulai Obrolan Grup

Obrolan grup memungkinkan anda chatting dengan lebih dari satu orang, atau berkelompok dengan teman-teman anda. Untuk melakukannya, ketuk tombol kirim pesan berwarna biru pada antarmuka utama aplikasi Allo. Setelah itu pilih “Mulai Grup Obrolan”, anda akan diminta memilih teman-teman yang akan anda ajak mengobrol. Ketuk teman anda, lalu ketuk “Berikutnya”. Setelah itu anda bisa memberi nama grup anda sendiri, dan memberi avatar. Jika sudah, ketuk “Selesai.”

Sekarang, anda bisa berbicara dengan lebih dari satu orang dalam obrolan grup anda.

Mengobrol dengan Google Assistant.

Untuk mengobrol dengan Google Assistant sebenarnya caranya hampir sama dengan mengobrol dengan orang lain. Ketuk tombol kirim pesan berwarna biru pada antarmuka utama aplikasi Allo. Lalu ketuk “Google Assistant”. Atau anda juga bisa mengetuk “Google Assistant” pada antarmuka utama aplikasi Allo.

Anda bisa bertanya kepada Google Assistant menggunakan bahasa Indonesia, namun asisten virtual ini hanya bisa menjawabnya dalam bahasa Inggris. Sehingga sedikit sulit digunakan jika anda tidak mengerti bahasa Inggris. Namun pertanyaan yang anda lontarkan kepada Google Assistant menggunakan Bahasa Indonesia bisa dijawab dengan tepat oleh Google Assistant.

Saat Kolom Gadget bertanya “siapa Cut Nyak Dhien”, ia memberikan link menuju laman Wikipedia. Saat di tanya lokasi menara Eiffel, Google Assistant memberikan alamat yang tepat dimana Menara Eiffel. Begitu pula saat ditanya “siapa nama presiden Indonesia?”, aplikasi ini menjawab Joko Widodo, termasuk pertanyaan “siapa perdana Menteri Jepang”, Google Assistant menjawabnya dengan Shinjo Abe. Semua pertanyaan dijawab dengan tepat, meski menggunakan bahasa Inggris.

Pengalaman menarik saat Kolom Gadget bertanya tentang cuaca kepada Google Assistant “apakah besok akan hujan” Google mengatakan “maaf, saya masih belajar bahasa Indonesia bla… bla…” sambil memberikan link menuju BMKG. Sementara saat ditanya “apakah besok akan cerah?” Google Assistant malah memberikan gambar-gambar matahari.

Itulah cara menggunakan Google Allo yang sebenarnya sangat mudah. Jika anda biasa menggunakan WhatsApp, maka anda tentu bisa menggunakan Google Allo, karena kedua aplikasi ini sebenarnya sangat mirip.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *