Lahirnya Google Pixel 3 Jadi Awal Kematian Chromebook?

Google kabarnya sedang mempersiapkan perangkat laptop baru disebut Pixel 3 yang akan menggantikan Chromebook, perangkat PC bersistem operasi Chrome OS yang kurang laris di pasaran.

Kolom Gadget – Google, tak perlu disangkal menjadi penguasa di industri ponsel dengan sistem operasi Androidnya, berdiri diatas Windows Phone dan Windows 10 mobile milik Microsoft. Banyak ponsel di dunia ini menggunakan sistem operasi mereka. Sebaliknya, hal yang sama tidak berlaku di industri PC, Proyek Chromebook gagal bersaing dengan Windows 10 yang berdiri diatas Google.

Google belum menyerah, perusahaan teknologi ini akan kembali menghadirkan perangkat baru yang secara internal diberi kode “Bison”. Perangkat ini mungkin saja laptop atau perangkat konvertibel 2-in-1 yang akan dirilis pada kuartal ketiga 2017. Namun kelahiran perangkat baru ini bisa jadi akan menggantikan Chromebook.

Google tentu sadar, konsumen tidak akan bisa di tipu dengan hanya mengganti nama. Google harus melakukan perubahan dari segi internal perangkat ini. Untuk itulah Google mengembangkan Andromeda, sistem operasi baru Google yang dibuat dengan menggabungkan sistem operasi Android dan Chrome OS.

Dikatakan bahwa Andromeda akan menawarkan sesuatu yang jauh lebih besar dan lebih tinggi. Apalagi dengan jumlah aplikasi Android yang bejubel di Google Play Store, tentu Google menaruh harapan agar bisa sukses, atau setidaknya sejajar dengan Windows.

Pixel 3 sendiri kabarnya akan memiliki layar 12,3 inci, keyboard backlit, trackpad kaca dengan haptic feedback dan deteksi kekuatan, baterai yang tahan 10 jam dan semua itu dikemas dalam bodi setebal 10mm. Untuk prosesornya Pixel 3 mengandalkan prosesor Intel Core m3 atau Core i5, atau malah terdiri dari dua varian dengan prosesor yang berbeda.

Spesifikasi lainnya antara lain memori RAM 8GB atau 16GB, dan memori internal 32GB hingga 128GB. Fitur lain termasuk port USB Type-C, pemindai sidik jari, jack audio 3.5mm, speaker stereo, setup empat mikrofon dan stylus Wacom yang dijual terpisah. Semua itu bisa dimiliki dengan membeli Pixel 3 yang konon kabarnya akan dijual dengan harga $799.

Spesifikasi diatas masih berupa bocoran, sehingga tidak bisa dikonfirmasi begitu saja kebenarannya. Kalaupun benar, mungkin akan ada perubahan di sana-sini mengingat perangkat ini baru akan diluncurkan kuartal  ketiga 2017. Namun kita mungkin akan mendapatkan informasi rincinya pada acara Google 4 Oktober mendatang.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *