Google Home Bakal Jadi Pesaing Amazon Echo

Google Siapkan perangkat speaker berfitur AI Google Assistant, Google Home yang akan bersaing dengan Amazon Echo.

Kolom Gadget – Google Assistant adalah fitur yang hebat, sebuah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang diciptakan oleh Google untuk membantu pekerjaan manusia. Fitur ini dihadirkan di banyak perangkat, termasuk Android. Namun harus diakui tidak banyak digunakan oleh banyak pengguna. Alasannya, tidak banyak orang yang mau terlihat bodoh berbicara dengan ponselnya sendiri di depan umum.

Namun nasib berbeda diterima Amazon. Menghadirkan Amazon Echo, ini adalah perangkat yang juga mengandalkan kecerdasan buatan. Perangkat AI ini bisa berinteraksi dengan suara, seperti asisten, seperti pelayan. Ya, sama seperti anda berinteraksi dengan Google Assistant. Perangkat ini memiliki kemampuan memutar audiobook, streaming podcast, memberitahu perkiraan cuaca, lalu lintas, dan informasi lainnya secara real-time. Perangkat ini juga bisa mengontrol segala perangkat elektronik di rumah.

Dengan fungsi dan kerja yang sama seperti Google Assistant, kenapa nasib keduanya berbeda? Alasannya, karena Google menghadirkan fitur ini di perangkat yang salah. Tidak seperti Google Assistant yang hadir di perangkat Android, dimana penggunanya masih malu-malu berbicara dengan ponselnya di depan publik, Amazon Echo dibuat dengan tujuan ditempatkan di rumah. Dengan begitu kita tidak perlu malu-malu berbicara sendiri seperti orang gila, karena kita melakukannya di rumah kita. Tak pelak membuat Amazon Echo sukses besar.

Google menyadari hal ini, dan mencoba mengambil pendekatan yang berbeda, yang sama dengan yang dilakukan Amazon. Google mencoba menghadirkan Google Home, sebuah perangkat dengan fungsi yang kurang lebih sama seperti Amazon Echo namun dengan harga yang lebih murah yaitu $129 (sekitar Rp 1,6 juta), dan akan diluncurkan pada 4 Oktober. Apakah perangkat ini bisa bersaing dengan Amazon Echo? Itu cerita lain, dan hanya waktu yang bisa menjawabnya.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *