Andromeda, Hasil Kawin Silang Android dan Chrome OS

Google kabarnya akan merilis OS Andromeda, sistem operasi gabungan antara Android dan Chrome OS. Pixel 3 akan menjadi perangkat pertama yang menggunakannya.

Kolom Gadget – Pada 4 Oktober nanti Google memiliki event atau acara untuk memperkenalkan produk mereka. Tentu saja, seperti yang mungkin anda duga, pada kesempatan itu Google akan meluncurkan ponsel Pixel mereka, yaitu Google Pixel dan Pixel XL.

Pixel XL dan Pixel XL akan menjalankan Android 7.1 Nougat, iterasi terbaru sistem operasi Android. Namun bukan hanya itu, pada kesempatan tersebut Google kabarnya akan mengungkap proyek yang sedang mereka kerjakan yang disebut dengan “Project Fusion”.

Project Fusion

Project Fusion ini nantinya akan menghasilkan produk “Andromeda”, yang pada dasarnya merupakan sistem operasi terbaru Google yang menggabungkan sistem operasi mobile Android dan PC Chrome OS. Gabungan Android dan Chrome OS itu akan melahirkan sistem operasi hybrid yang disebut Andromeda. Hybrid maksudnya disini adalah bisa digunakan di perangkat mobile (smartphone & tablet) dan juga PC.

Google memang sudah sejak lama berencana menggabungkan sistem operasi ini. Langkah yang bisa mendongkrak pasar PC (Chromebook ) mereka. Pasalnya, tidak seperti Android yang berhasil berada di atas Windows  untuk pasar sistem operasi mobile, sistem operasi PC kedudukannya justru terbalik. Sistem operasi PC Windows saat ini berada diatas, sedangkan Chrome OS milik Google berada dibawah. Selain itu, gabungan sistem operasi Android dengan Chrome juga bisa meningkatkan kinerja perangkat.

Nexus 9 atau Pixel 3?

Sistem operasi Andromeda sendiri kabarnya sedang di uji coba oleh Google di Nexus 9. Kita tidak tau apakah tablet Nexus 9 akan diluncurkan ke pasar. Namun terasa skeptis mengingat pasar tablet yang memang semakin turun popularitasnya. Bahkan laporan terbaru menegaskan bahwa Google sama sekali tidak akan menjadikan Nexus 9 sebagai perangkat bersistem operasi Andromeda.

Jika ingin sukses, akan lebih masuk akal jika Google meluncurkan Andromeda di perangkat yang sedang populer, seperti perangkat hybrid atau perangkat 2-in-1 (laptop tablet). Laporan terbaru pun mengatakan jika perangkat pertama yang akan menggunakan sistem operasi Andromeda adalah Pixel 3, perangkat hybrid selanjutnya dari Google.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *