Backup iOS 10 dengan iTunes Tidak Lebih Aman dari iOS 9

Apple tampaknya justru memperlemah keamanan backup iOS dengan iTunes di iOS 10. Bahkan lebih lemah dari iOS 9.

Kolom Gadget – Fitur backup memungkinkan pengguna mengembalikan data-data yang mereka miliki kembali ke ponsel seperti sedia kala. Di iOS, pengguna bisa melakukan backup dengan menggunakan iTunes. Namun Apple sebagai penyedia layanan harus memperhatikan keamanan layanannya agar hacker tidak masuk secara ilegal dan mengakses juga mencuri data backup yang dibuat penggunanya.

Jika data backup anda tidak terdapat informasi berharga tidak masalah. Namun jika data backup berisi foto pribadi dan informasi login di situs-situs tertentu (Facebook, Twitter, PayPal, internet banking dan sebagainya), ini bisa menjadi bencana besar bagi anda.

Namun sayangnya, keamanan backup di iOS 10 menggunakan iTunes tampaknya tidak lebih baik dari keamanan di iOS 9. Menurut laporan dari peneliti keamanan God Praksis AS, Elcomsoft dan Per Thorsheim seperti dilansir dari PhoneArena, Apple hanya menerapkan sistem verifikasi password untuk menjaga data backup iOS 10 penggunanya.

Pengaman menggunakan password lebih rentan, karena penjahat cyber 2.500 kali lebih cepat untuk masuk ke dalam sistem. Parahnya, Apple sepertinya juga menghilangkan beberapa sistem pemeriksaan keamanan yang awalnya ada di iOS 9, namun saat ini justru tidak ditemukan di iOS 10. Tidak diketahui apakah ini sengaja atau keteledoran Apple.

Peneliti juga menemukan bahwa dengan keamanan iTunes di iOS 10 seperti yang sekarang ini, Hacker bisa menembus password pengguna bahkan tanpa menggunakan tool khusus sekalipun. Itu karena Apple telah menurunkan alghoritma dari SHA1 ke SHA25, memungkinkan brute force (serangan brutal terhadap sistem komputer) yang memungkinkan penjahat cyber mencari tau password backup hanya menggunakan komputer desktop biasa.

Satu hal yang tampaknya membuat pengguna lega adalah bahwa dengan segala kerentanan ini, hacker masih perlu mendapatkan akses langsung ke ponsel korbannya. Dengan kata lain, untuk menembus keamanan backup anda, hacker masih  harus memegang ponsel anda. Jika tidak, hal ini mustahil dilakukan. Jadi sebaiknya jaga iPhone anda agar tidak digunakan oleh orang lain.

 

One Response
  1. Dedi Hartadi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *