Samsung Z2 Pakai Tizen OS, Apa Sih Tizen?

Jika anda penasaran dengan sistem operasi Tizen OS, ini adalah sistem operasi Samsung yang dibuat untuk kemandirian Samsung selain mengandalkan sistem operasi Android.

Kolom Gadget – Anda tentu merasa asing dengan Samsung Z2, terutama untuk Tizen OS yang digunakan sebagai sistem operasinya. Tidak heran, selama ini banyak orang taunya hanya Android. Ponsel Samsung disebut Android, smartphone besutan Oppo pun termasuk ponsel Android. Jadi untuk Tizen, apa sebenarnya OS Tizen itu?

Tizen OS adalah sistem operasi berbasis Linux dan C Library GNU yang dibesut oleh Samsung dan diwujudkan dengan bekerjasama bersama perusahaan lain yaitu Intel dan Linux Foundation. Perusahaan ini juga didukung perusahaan lainnya dalam Tizen Association beranggota KT, Fujitsu, NTT DoCoMo, Orange Telecom, Huawei, SK Telecom, NEC, dan LG U+. Meskipun, kabarnya empat anggota menarik diri dari aliansi ini dan tersisa Intel, Samsung, SK Telecom dan LG U+ saja.

Dibuatnya sistem operasi Tizen tak lain merupakan wujud ambisi Samsung untuk menggantikan sistem operasi Android yang saat ini berkuasa dan banyak digunakan oleh berbagai vendor ponsel di dunia, termasuk Samsung sendiri. Dikembangkannya Tizen merupakan upaya Samsung untuk kemandirian yang sedang digiatkannya.

Tizen OS bukan hanya digunakan di perangkat smartphone saja, tetapi juga perangkat elektronik lainnya seperti televisi pintar (Smart TV), PC, kamera pintar, wearable, Blu-ray polayer, printer dan smart home device (kulkas pintar, pencahayaan, mesin cuci, dll). Namun sejauh ini Tizen baru digunakan di televisi pintar, kamera (NX300M), tablet, smartwatch dan smartphone.

Jika anda pernah mendengar Samsung Gear S3 di Indonesia, perangkat smartwatch atau jam tangan pintar yang saat ini dijual oleh Samsung di berbagai negara termasuk Indonesia, smartwatch ini juga menggunakan sistem Tizen OS. Gear S3 adalah perangkat smartwatch yang bisa dibilang populer di dunia, bersaing dengan watchOS milik Apple dan Android Wear.

Ekosistem Tizen OS saat ini ada di beberapa negara seperti India, Nepal dan Afrika Selatan. Sedangkan Indonesia, Samsung akan mulai menghadirkan ekosistem Tizen dengan meluncurkan Samsung Z2 ini.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *