Samsung Galaxy S8 dengan Exynos 8895 Andalkan GPU ARM Mali-G71

Samsung Galaxy S8 selain memiliki clock speed 3.0GHz juga menggunakan GPU Mali-G71 dari ARM yang lebih cepat darii Mali-T880MP12.

Kolom Gadget – Exynos 8895 akan menjadi pemacu kinerja Samsung Galaxy S8 mendatang, menurut laporan terbaru yang ktia dengar seminggu yang lalu. Hari ini, informasi baru terkait sang flagship yang akan datang kembali tersibak.

Disebut-sebut kalau Samsung akan membenamkan GPU Mali-G71 ke dalam chipset Exynos 8895 yang akan digunakan di Samsung Galaxy S8. GPU tersebut merupakan buatan ARM dan menggunakan arsitektur Bifrost.

Bagi anda yang asing dengan istilah tersebut, pada dasarnya arsitektur ini digunakan untuk GPU yang akan digunakan di perangkat-perangkat high-end dengan resolusi 4K, dan menawarkan pengalaman virtual reality (VR). Itu artinya, Samsung Galaxy S8 akan dibekali layar beresolusi tinggi, yakni Ultra HD.

GPU Mali-G71 sendiri sepertinya 1,8 kali lebih cepat dari T880MP12 yang digunakan di flagship Samsung tahun ini. Bahkan GPU ini diklaim mampu mengalahkan Snapdragon 830, chipset andalan Qualcomm yang akan datang. Mali-G71 juga kompatibel dengan API Vulkan, OpenGL ES 3.2, GPU Compute, dan Android Renderscript. Berjalan di 850MHz dan menyediakan  27.2Gpix/s.

Exynos 8890 sendiri mampu ‘berlari’ hingga 3.0GHz. Chipset ini akan diproduksi oleh Samsung menggunakan arsitektur 10nm.

Samsung bukanlah perusahaan pertama yang menerapkan layar dengan resolusi setinggi ini di smartphone mereka. Sony sudah lebih dulu memperkenalkan Xperia Z5 Premium September tahun lalu yang menawarkan layar 4K, meskipun kurang maksimal karena resolusi 4K hanya akan aktif jika pengguna sedang menggunakan konten 4K, seperti menonton film atau video beresolusi 4K misalnya. Sedangkan untuk penggunaan normal, resolusi layar yang digunakan secara otomatis beralih ke 1080p. Alasannya, agar lebih menghemat baterai.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *